Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

EOS R5 vs EOS R6: 5 Perbedaan Penting yang Perlu Dicatat

Kamera sistem EOS R generasi kedua, EOS R5 dan EOS R6, berbagi banyak fitur yang sama-sama mencengangkan, seperti sistem Dual Pixel CMOS AF II yang lebih baik, yang menggunakan teknologi pembelajaran mendalam; pemotretan beruntun berkecepatan tinggi hingga 20 fps, dan hingga 8 shutter speed stops’ stabilisasi gambar in-body. Dengan begitu banyak kesamaannya, bagaimana Anda menentukan yang akan dibeli? Di sini, kita akan mencermati perbedaan utama yang mungkin berarti bagi Anda.

 

5 perbedaan penting

1. Resolusi gambar: 45MP vs 20.1MP
2. Video: 8K vs 4K
3. EVF
4. Dial dan kontrol
5. Ukuran dan berat

 

1. Resolusi gambar: 45MP versus 20.1MP

EOS R5 menggunakan sensor gambar 45-megapiksel yang baru dikembangkan. Sementara itu, EOS R6 dilengkapi dengan sensor gambar 20,1 megapiksel serupa dengan yang ditemukan pada kamera DSLR profesional unggulan Canon, EOS-1D X Mark III, yang dioptimalkan untuk sistem EOS R.

Kedua kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang tidak tercela, namun perbedaan yang sangat besar dalam jumlah megapikselnya, membuat suatu perbedaan ukuran krop yang bisa Anda lakukan sebelum kualitas gambar mulai menurun, dan sebesar apa yang bisa Anda cetak.

Perbedaan ukuran cetak


Perbedaan ukuran cetak

 

Pencetakan 300 dpi: Hingga A3 untuk EOS R6, hingga A2 untuk EOS R5

Pada 300 dpi, resolusi paling umum dalam pencetakan komersial, EOS R6 bisa mencetak gambar hingga 463mm × 308mm, lebih dari cukup untuk poster ukuran A3.

Sementara itu, EOS R5, dengan jumlah piksel dua kali lebih banyak, bisa mencetak gambar hingga 693mm × 462mm, cukup untuk cetakan foto ukuran A2. Anda juga bisa mengkrop gambar hingga 50% dan tetap memiliki resolusi yang cukup untuk cetakan ukuran A3.


EOS R5: Resolusi yang lebih besar, bahkan dalam 1.6x crop mode (mode krop 1,6x)

Mode krop 1,6x pada kedua kamera menggunakan bagian sensor gambar untuk mencapai jangkauan 1,6x lebih banyak pada lensa apa pun (setara dengan sudut pandang pada kamera APS-C). Perbedaan dalam megapiksel, juga memengaruhi ukuran file yang dibidik dalam mode ini. 
Pada EOS R6, semua file ini berukuran sekitar 7,7 megapiksel, yang cukup untuk pencetakan A4 dan publikasi online.
Pada EOS R5, semua file ini berukuran sekitar 17,3 megapiksel—masih cukup untuk pencetakan A3. 


Hal lainnya yang perlu dicatat:

DPRAW
EOS R5 mendukung perekaman Dual Pixel RAW, yang disertakan dengan berbagai fitur pemrosesan dalam kamera, seperti Portrait Relighting (Pencahayaan Ulang Potret) dan Background Clarity (Kejelasan Latar Belakang). Ini meluaskan berbagai kemungkinan yang bisa Anda lakukan dalam pasca-pemrosesan.

- Low light
EOS R6 memiliki kemampuan low light (rendah cahaya) yang sedikit lebih baik: Kemampuan ini bisa fokus hingga EV-6.5 (versus EV-6,0 pada EOS R5), dan kecepatan ISO native maksimum 102.400 (versus 51.200 pada EOS R5).

 

2. Video: 8K versus 4K

8K vs 4K video

Banyak fitur yang membuat EOS R5 dan EOS R6 merupakan kamera still yang begitu hebat, juga bermanfaat untuk video, seperti 8-stop In-Body Image Stabilizer dan sistem autofokus Dual Pixel CMOS AF II, yang mendukung seluruh resolusi dan laju bingkai pada kedua kamera. Di samping profil perekaman HDR profesional seperti Canon Log dan HDR PQ, yang memberikan lebih banyak keleluasaan dalam pasca-produksi, Kedua kamera juga memberikan berbagai fungsi ekstra yang praktis, seperti tampilan zebra, focus peaking, dan Panduan Fokus Manual.

Perbedaan utama antara kedua kamera ini adalah resolusi video maksimum yang dimilikinya.


EOS R5: Terdepan dengan 8K

EOS R5 adalah kamera dengan lensa tukar-pasang dengan kemampuan video 8K pertama di dunia (selain kamera cinema profesional) untuk mendukung perekaman 8K. Resolusi 8K membuka kancah realisme yang benar-benar baru dalam video, menawarkan detail dan dimensi sesuai aslinya dengan cara yang berbeda dari kontras film HDR yang sesungguhnya. Selain itu, resolusi ini pun menawarkan sejumlah keunggulan berikut dalam produksi:

- Lebih banyak opsi penyuntingan pasca-produksi (misalnya, krop untuk menghasilkan film 4K dengan efek sliding/parallax).
- Berkat perekaman RAW 8K 30p, Anda dapat mengekstraksi gambar diam (still image) RAW 35,4 megapiksel dari tiap bingkai, setara dengan pemotretan beruntun RAW pada 30 fps.
- Kemampuan untuk menghasilkan oversampled 4K (4K HQ), yang memberikan kualitas yang lebih tinggi daripada 4K konvensional.

Namun demikian, ingatlah, bahwa persyaratan perangkat keras untuk menyunting 8K, jauh lebih tinggi daripada 4K.


EOS R6: Cropless 4K 60p

Dengan menggunakan 94% dari lebar sensor gambar, EOS R6 membidik UHD 4K tanpa krop pada 60p/50p—kamera full-frame pertama di kelasnya yang mampu melakukan hal tersebut. Kamera ini juga mampu menghasilkan kualitas 4K rekaman yang lebih bagus melalui 5.1K oversampling.

Spesifikasi video

* IPB (dimampatkan)

Format perekaman internal berikut ini didukung pada keduanya:
- MP4 H.264/HEVC (YCbCr 4:2:0/ 8-bit/ BT.709)
- MP4 H.265/HEVC HDR PQ (YCbCr 4:2:2/ 10-bit/ BT.2020)
- MP4 H.265/HEVC Canon-Log (YCbCr 4:2:2/ 10-bit/ BT.709 atau BT.2020)
- hanya EOS R5: 8K DCI RAW (12-bit)


Pahami hal ini: Slot kartu ganda tidaklah sama!

EOS R5: Kartu CFexpress + kartu SD

Merekam film 8K akan menghasilkan banyak sekali data. Hal ini memerlukan kecepatan tulis cepat kartu CFexpress untuk mengimbangi (informasi kompatibilitas di sini (Versi Inggris)), jadi, siap-siap untuk berinvestasi. Slot kartu ganda EOS R5 menerima satu kartu Cfexpress (Tipe B) dan satu kartu SD.


EOS R6: Slot Ganda Kartu SD

Slot kartu ganda pada EOS R6, keduanya menerima kartu SD, sehingga Anda bisa terus menggunakan kartu yang Anda miliki saat ini.


Hal lainnya yang perlu dicatat:

- Mikrofon built-in
Meskipun EOS R5 dilengkapi mikrofon mono, namun, EOS R6 dilengkapi dengan mikrofon stereo. Hal ini karena EOS R5 diperkirakan akan digunakan dengan penataan yang lebih canggih, yang menyertakan mikrofon stereo eksternal. 

- Opsi perekaman 4K
EOS R5 dapat melakukan perekaman video 4K DCI dan 4K 120p (high frame rate).

 

3. EVF:  5,76 juta titik versus 3,69 juta titik

EOS R5 memiliki EVF OLED 5,76 juta titik dan refresh rate maksimum 120 fps, sehingga tayangan penampilannya sebanding dengan viewfinder optik. Sementara itu, EVF OLED 3,69 juta titik pada EOS R6, memiliki kejelasan yang sama seperti EOS R, tetapi refresh rate yang dimilikinya hingga 120 fps, dua kali lipat daripada EOS R.

Refresh rate yang lebih tinggi pada EOS R5 dan EOS R6 menjanjikan tampilan yang mulus tanpa hambatan, bahkan pada subjek yang bergerak sangat cepat.

 

4. Dial dan kontrol: Mode dial vs. mode tombol

Mode dial pada EOS R6, mode tombol pada EOS R5

Serupa dengan EOS R, EOS R5 memiliki mode tombol dan panel LCD atas. Panel LCD atas menampilkan mode pemotretan dan informasi pencahayaan serta praktis untuk mengecek apabila kamera didudukkan pada tripod. Dengan mengurangi jumlah dial, kamera ini lebih tahan terhadap debu dan tetesan air, konsep sama yang diterapkan pada EOS-1D X Mark III spesifikasi pro. 

Sementara itu, EOS R6 menggunakan mode dial tradisional, dan mungkin bagi sebagian penggunanya, hal ini lebih mudah digunakan untuk mengubah mode secara cepat.

Selain dari sejumlah perbedaan ini, pengguna kamera EOS tingkat menengah dan mahir saat ini, seyogianya sudah terbiasa dengan tombol, dial, dan tata letak menu kedua kamera. 

 

Hal lainnya yang perlu dicatat:

- Konektivitas nirkabel

EOS R5 dilengkapi dukungan built-in untuk jalur LAN nirkabel 5GHz dan 2,4GHz, dan menawarkan opsi jaringan serta konektivitas yang diperluas, termasuk kemampuan pemotretan nirkabel melalui Wireless File Transmitter WFT-R10 (dijual secara terpisah). Sementara itu, EOS R6 hanya mendukung jalur LAN nirkabel 2,4GHz, dan tidak kompatibel dengan WFT-R10.

- Battery Grip BG-R10 bisa digunakan pada kedua kamera

EOS R5 dan EOS R6 dengan Battery Grip BG-R10

Untuk membidik gambar vertikal secara lebih nyaman dan/atau menambah jumlah gambar yang bisa Anda ambil sebelum kehabisan baterai, gunakan Battery Grip BG-R10 (dijual secara terpisah) dengan salah satu model kamera.


Baca juga:
3 Add-On untuk Meningkatkan Daya EOS R5 dan EOS R6 Anda

 

5. Ukuran dan build (struktur): Campuran magnesium versus eksterior polikarbonat

Ukuran EOS R5 dan EOS R6 sangat mirip:
- EOS R5: sekitar 138,5 × 97,5 × 88,0mm (Lebar × Tinggi × Tebal)
- EOS R6: sekitar 138,4 × 97,5 × 88,4mm (Lebar × Tinggi × Tebal)

Namun demikian, pada sekitar 598g (hanya bodi), EOS R6 lebih ringan sekitar 52g daripada EOS R5 (sekitar 650g, hanya bodi), terutama karena bahan yang digunakan untuk membuat tiap bodi.

Perbedaan berat EOS R5 dan EOS R6

EOS R5 dan EOS R6, keduanya memiliki rancangan kedap debu dan tetesan air. Seperti dengan EOS R, pada kedua kamera, tirai rana bisa dikonfigurasi untuk menutup apabila lensa dilepas, sehingga melindungi sensor gambar dari debu.

EOS R5 memiliki bodi campuran magnesium yang sangat kokoh dan memiliki disipasi panas serta kualitas pelindung magnet yang sangat baik, membuatnya sangat andal bahkan untuk penggunaan profesional kaliber berat sekalipun. Ini setara dengan EOS seri 5D.

Sementara itu, build atau struktur EOS R6 serupa dengan EOS 6D Mark II dan EOS RP, dengan eksterior polikarbonat yang kuat dan ringan serta sasis campuran magnesium yang kokoh. Polikarbonat cukup lunak untuk memastikan, bahwa mekanisme internal ditopang bantalan untuk melindungi dari benturan seandainya kamera terjatuh. Seperti EOS R5, kamera ini memiliki soket tripod logam agar lebih stabil dan kuat.


Hal lainnya yang perlu dicatat: 

- Daya tahan rana
Masa pakai rana EOS R5 diperingkatkan hingga 500.000 siklus, dibandingkan dengan 300.000 siklus pada EOS R6. Ini mungkin penting jika Anda melakukan banyak pemotretan burst.

 

Rangkuman: Manakah yang dipilih?

Yang terutama, kedua kamera memiliki kemampuan pengambilan gambar inti yang sangat baik, termasuk:
- Pemotretan beruntun hingga 20 fps
- Sensor gambar DIGIC X baru
- Sistem Dual Pixel CMOS AF II yang sudah ditingkatkan
- Sistem pelacakan subjek EOS iTR AF X baru yang diambil dari teknologi pembelajaran mendalam; dan
- Stabilisasi gambar in-body hingga 8 stop.

Kedua kamera juga sarat dengan berbagai fitur video yang sesuai dengan alur kerja pasca-produksi profesional.

Keputusan terakhir akan bergantung pada preferensi, gaya pemotretan, dan anggaran Anda. Sementara EOS R5 menawarkan jumlah megapiksel yang lebih tinggi dan perekaman 8K di antara keunggulan lainnya, EOS R6 yang sedikit lebih terjangkau, memiliki kedahsyatannya sendiri, menawarkan performa DSLR unggulan profesional EOS-1D X Mark III dalam bodi mirrorless full-frame yang lebih mungil dan harganya lebih terjangkau.

Kamera mana pun yang akhirnya Anda pilih, pasti tidak akan mengecewakan.

 

Ketahui bagaimana EOS R5 mengubah cara bidik fotografer lanskap dalam artikel:
Mengapa EOS R5 menjadi Kamera Ideal Saya untuk Fotografi Lanskap


Tetap pantau https://snapshot.canon-asia.com untuk membaca ulasan dan saran lainnya mengenai EOS R5 dan EOS R6!

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!