Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Aplikasi Penting untuk mengembangkan Fotografi Luar Ruangan ke Tahapan Berikutnya

Fotografer pemandangan dan alam sangat bergantung pada kondisi cuaca untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Pencahayaan, lokasi, waktu yang tepat dan cuaca yang bersahabat adalah sejumlah aspek penting dalam persiapan pemotretan foto-foto yang mengagumkan. Beragam teknologi baru memungkinkan Anda untuk mengunduh aplikasi di ponsel pintar Anda. Aplikasi-aplikasi ini sangatlah membantu mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi. Beberapa di antaranya bahkan juga gratis! Berdasarkan pengalaman saya, berikut sejumlah aplikasi penting untuk ponsel pintar berbasis Android dan iOS serta untuk komputer Anda.

landscape photography with Canon

EOS 6D; EF24-105mm f/4L IS USM; f/8; 1/125 sec; 60mm; ISO-200 (Labuan Bajo)
 

A. Perencanaan
· The Photographer’s Ephemeris
· Photopills
· Planit!
· Google Maps, Streetview dan Earth

B. Cuaca
· AccuWeather
· WeatherPro
· Tides Near Me

C. Langit Malam
· Stellarium

A. Perencanaan
Keberhasilan suatu pemotretan bergantung pada perencanaan yang baik. Setelah menentukan subjek Anda, pikirkan elemen-elemen pendukung untuk membantu mengatur komposisi foto Anda. Simak aplikasi perencanaan di bawah ini:

The Photographer’s Ephemeris
Aplikasi yang ideal untuk fotografi pemandangan ini melacak posisi matahari dan bulan, serta menentukan waktu terbenam/terbitnya matahari. Setelah lokasi pemotretan Anda dimasukkan, aplikasi ini akan menunjukkan arah matahari dan bulan. Informasi fase bulannya membantu menentukan waktu terbaik untuk mengambil foto malam. Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet, dan hal ini cukup penting mengingat sinyal seluler yang lemah di luar ruangan. Versi Android tidak sefungsional versi iOS yang mengusung Mode Malam untuk melihat posisi gugusan bima sakti dan konstelasi bintang. Aplikasi ini sangat cocok bagi para fotografer pemandangan, petualang dan fotografer luar ruangan/alam yang bergantung pada penentuan lokasi dan waktu yang tepat.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play dan iTunes App Store


PhotoPills
Ideal bagi para fotografer pemandangan yang mengejar hasil menakjubkan dari saat matahari terbenam hingga matahari terbit. Gunakan ponsel pintar Anda untuk menentukan waktu matahari terbit, dan manfaatkan fitur Augmented Reality pada aplikasi ini untuk menentukan komposisi terbaik yang dari bulan, matahari, dan Gugusan Bima Sakti. Aplikasi ini menentukan lokasi matahari, bulan dan Bima Sakti sambil menghitung pencahayaan panjang, jeda waktu, jejak bintang, hiperfokal dan kedalaman ruang tajam, untuk membantu Anda mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play dan iTunes App Store

Planit!
Mirip dengan Photopills, aplikasi ini membantu Anda dalam merencanakan pemotretan dengan baik sebelum tiba di lokasi. Dengan kemampuannya melacak lokasi berdasarkan koordinat GPS, ketinggian, jarak dan titik pandang lensa, Anda bisa memvisualisasikan secara kasar hasil foto Anda. Anda juga dapat mengarahkan ponsel pintar Anda untuk menunjukkan titik matahari terbit atau kapan bulan purnama muncul.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play dan iTunes App Store

Google Maps, Earth dan Streetview
Setelah lokasi pemotretan Anda diputuskan, Google Maps akan menampilkan koordinat persisnya untuk mempermudah navigasi antar lokasi sesuai kebutuhan Anda. Gambar-gambar 3D dari Google Earth memungkinkan Anda untuk memvisualisasi lokasi tersebut. Yang lebih bagus lagi, Google Street View dapat menampilkan pandangan panorama 360 derajat sehingga Anda dapat mengenali tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

B. Cuaca
Tak peduli seberapa detail perencanaan Anda, segalanya tetap bergantung pada cuaca —  terutama dalam fotografi pemandangan. Berikut ini sejumlah aplikasi yang menghadirkan prakiraan cuaca yang cukup dapat dipercaya.

AccuWeather
Dapatkan kondisi cuaca yang sedang berlangsung di lokasi Anda,  serta prakiraan ke depan mulai dari beberapa jam hingga dua minggu ke depan. Prakiraan ini tidak akurat 100% namun dapat membantu Anda menentukan waktu terbaik untuk mengunjungi suatu lokasi tanpa terganggu cuaca buruk.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play dan iTunes App Store

Tides Near Me

Jika lokasi Anda berada di pinggir laut, jangan habiskan waktu untuk menunggu kondisi pasang yang tepat. Persiapkan diri dengan informasi tinggi rendahnya pasang surut serta terbit dan terbenamnya matahari dan bulan.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play dan iTunes App Store

Dapatkan sejumlah kiat dan cara untuk memotret dan memastikan kamera Anda tetap aman dalam cuaca yang dingin.

C. Langit Malam
Jika Anda tertarik dengan pemandangan malam, menemukan lokasi dan cuaca yang tepat — dengan polusi cahaya yang lebih minim — sesungguhnya lebih mudah dari perkiraan Anda.

Stellarium
Jika Anda ingin memotret bintang, aplikasi berbasis komputer PC ini menyimpan 600 ribu katalog bintang, nebula, dan galaksi. Aplikasi ini menentukan waktu yang paling tepat untuk mengabadikan pusat Gugusan Bima Sakti beserta posisi muncul dan hilangnya. Versi bergerak dengan Akselerometer dapat menemukan Gugusan Bima Sakti, konstelasi bintang dan objek langit lainnya hanya dengan mengarahkan ponsel pintar Anda ke arahnya.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play dan iTunes App Store

Awali petualangan astrofotografi Anda lewat artikel di bawah ini:

Astrofotografi: Kiat & Trik Untuk Memulai
Pengenalan terhadap Astrofotografi - Panduan bagi Pemula
Bentangan Bintang yang Mencengangkan: Memotret Pemandangan Spektakuler Bunga Cherry yang Bermekaran dan Bimasakti di Malam Hari

Pengalaman Saya

Sebelum memulai pemotretan fotografi pemandangan, saya terlebih dahulu melakukan riset terhadap setiap lokasi tersebut. Termasuk mempelajari titik-titik yang menarik dan acara-acara spesial yang diadakan bertepatan dengan masa kunjungan saya. Dengan salah satu aplikasi di atas, saya mulai memasukkan data-data yang diperlukan. Sebagai contoh, untuk memotret matahari terbenam di Labuan Bajo, saya mengecek waktu dan lokasi matahari terbenam lewat aplikasi. Lalu saya arahkan ponsel pintar saya ke arah tersebut, menunggu waktu yang tepat dan menekan tombol rana kamera saat matahari berada dalam bingkai bidikan yang tepat.

Saya pernah mengunjungi Derawan untuk memotret bulan purnama. Dengan aplikasi yang tepat, saya bisa menemukan posisi dan waktu munculnya bulan secara tepat. Dengan kamera EOS 6D saya dan lensa EF70-200mm f/4L IS USM, saya berhasil mendapatkan foto sempurna!

 

landscape photography indonesia by canon

EOS 6D: EF24-105mm f/4L IS USM; f/11; 1/250 sec; 24mm; ISO-100 (Sembalun)

AccuWeather terbukti sangat membantu di Flores, ketika saya mengunjungi Wae Rebo, sebuah perkampungan UNESCO. Saat itu turun hujan setiap hari sebelum saya memulai perjalanan ke Wae Rebo. Setiap malam dan fajar saya mengecek prakiraan cuaca hingga aplikasi tersebut menunjukkan cuaca yang mulai terang. Langit biru yang cerah menyambut saya ketika saya akhirnya tiba di Wae Rebo, dan saya bahkan berhasil mengabadikan Gugusan Bima Sakti di sana.

wae rebo indonesia landscape photography with EOS
EOS 6D: EF16-35mm f/4L IS USM; f/4; 20 sec; 16mm; ISO-5000 (Wae Rebo)

 

Ikuti petualangan Wahyu Widhi di Flores: Kopi Bajawa Menemani Kami Berburu Astrofotografi

Untuk memotret Gugusan Bima Sakti, saya biasanya menggunakan Stellarium untuk menentukan komposisi Gugusan Bima Sakti dalam bingkai bidikan kamera. Saat berada di Merbabu, saya mendapati Gugusan Bima Sakti membentuk anak panah di atas Gunung Merapi. Saya harus mendapatkan gambar istimewa ini!

Dengan bantuan aplikasi, saya mendapatkan lokasi yang tepat untuk foto saya. Selama tiga hari dan dua malam, saya mendaki dan berkemah di area Gunung Merbabu. Dengan memanfaatkan waktu di malam hari, saya mempersiapkan dan menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan komposisi terbaik. Saya tetap terbangun hingga pagi hari untuk mendapatkan foto impian saya!

night photography by canon eos

EOS 6D: EF16-35mm f/4L IS USM; f/4; 20 sec; 16mm; ISO-6400 (Merbabu)

Lalu, apa langkah Anda selanjutnya? Kini, setelah Anda ketahui  seberapa pentingnya aplikasi-aplikasi ini dalam pengembangan fotografi Anda , mulailah dimanfaatkan! Teruslah mencoba dan tingkatkan kemampuan Anda dalam menghasilkan foto yang lebih baik lagi. Selamat memotret! Simak wawancara kami dengan Wahyu Widhi tentang Fotografi Petualangan!

Terapkan apa yang telah Anda baca hari ini dan rencanakan perjalanan fotografi Anda berikutnya ke salah satu dari 5 tempat di Asia yang harus dikunjungi oleh para fotografer perjalanan.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Wahyu Widhi

Wahyu Widhi

Fotogafer lanskap, sangat mencintai keindahan alam Indonesia. Senang untuk travel dan memotret keindahan alam.

www.landscapeindonesia.com