Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> Lessons

Dalam Fokus: Dasar-Dasar Lensa

Untuk mengambil foto yang lebih baik, perdalam pengetahuan Anda mengenai berbagai lensa, cara kerjanya, dan apa yang bisa dilakukannya. Bacalah sejumlah artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang lensa yang berbeda-beda dan karakteristiknya, serta tentang teknik terkait lensa utama dan konsep seperti bokeh, deep focusing, serta perspektif. 

  • Memahami Lensa Kamera DSLR Anda

    Temukan apa fungsi masing-masing bagian dari kotak lensa DSLR untuk membantu Anda memaksimalkan fungsi dari setiap fitur.

  • Serba-serbi Lensa

    Jenis lensa yang Anda pilih untuk digunakan, bisa membuat perbedaan besar pada bidikan Anda. Ini adalah yang primer pada jenis utama lensa yang tersedia dan efek yang dimilikinya.

  • Dasar-Dasar Lensa #1: Lensa Zoom

    Dengan lensa zoom, Anda dapat menggunakan panjang fokus yang beragam luas tanpa harus mengganti lensa, sehingga membuatnya sangat fungsional. Mari kita cermati lebih dekat pada jenis lensa zoom dan fitur khususnya. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #2: Lensa Prima

    Lensa prima, yang kerap juga dikenal sebagai lensa panjang fokus tetap, sangat bagus untuk menciptakan bokeh serta mengambil gambar, dan goyangan kamera pun minimal. Mari kita jelajahi berbagai fitur unik dari lensa kategori ini, dan mencermati, bagaimana aperture maksimum yang begitu besar, bisa memberikan manfaat untuk gambar kita. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #3: Menciptakan Bokeh

    Bokeh, yang mengacu ke kualitas estetika keburaman pada sejumlah bagian gambar yang didefokus, adalah suatu teknik ekspresi yang unik dalam fotografi. Teknik ini bisa memberikan kedalaman suatu gambar, dan merupakan cara yang penting untuk menarik perhatian ke subjek fokus. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 4 faktor penting dalam bokeh, dan mencari tahu, cara mengontrol efek bokeh yang diciptakan sehingga tampak seperti yang dimaksudkan. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #4: Deep Focus

    Deep focus, di mana semua elemen dalam gambar berada dalam fokus, adalah suatu teknik yang kerap digunakan dalam fotografi lanskap dan fotografi jalanan. Di sini, kita akan mempelajari mengenai 4 faktor yang memengaruhi deep focus (fokus dalam). Bagaimana kalau mencobanya dalam bidikan foto Anda yang berikutnya? (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #5: Perspektif

    Perspektif adalah suatu fenomena yang membuat benda di sekitar terlihat lebih besar, dan benda di kejauhan terlihat lebih kecil. Ini adalah salah satu konsep yang bersifat sentral bagi fotografi, dan dengan menguasai serta melebihkannya lebih jauh, bisa memberikan dampak yang lebih hebat pada foto Anda. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan tiga elemen yang memengaruhi perspektif. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #6: Lensa Sudut Lebar

    Lensa sudut lebar bisa menangkap cakupan lebar pemandangan yang mencengangkan, serta menciptakan gambar dengan efek perspektif yang kuat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai karakteristik lensa sudut lebar dan memungut sebagian teknik untuk menguasai penggunaannya. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #7: Lensa Zoom Standar & Superzoom

    Dengan keserbagunaan dan kisaran fokus, lensa zoom standar dan superzoom adalah lensa yang sangat populer, khususnya bagi para pemula. Mari kita ketahui lebih lanjut mengenai berbagai fitur khususnya. (Dilaporkan oleh: Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #8: Lensa Telefoto

    Dengan menggunakan lensa telefoto, Anda dapat mengisi bingkai dengan subjek dan menciptakan buram latar belakang yang membuai, dengan sedikit distorsi. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lensa tersebut. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)

  • Dasar-Dasar Lensa #9: Lensa Aperture Besar

    Dengan f-number kecil, lensa aperture besar tidak hanya menghasilkan efek buram latar belakang nan membuai, tetapi juga memiliki keunggulan lainnya. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut. (Dilaporkan oleh Tomoko Suzuki)