Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Penyesuaian Touch & Drag AF untuk Pemotretan EVF yang Lebih Baik

Touch AF melengkapi sistem Dual Pixel CMOS AF dengan membuat pengoperasian AF dalam pemotretan Live View dan EVF semakin intuitif. Di sini, kami akan memberi tahu bagaimana Anda dapat menyesuaikan pengaturan Touch & Drag AF Anda agar bekerja lebih baik lagi untuk gaya pemotretan Anda.

 

1) Mengubah metode posisi
      i) Apa yang dimaksudkan dengan metode “absolute”?
      ii) Apa yang dimaksudkan dengan metode “relative”?
2) Mengubah area sentuh aktif
3) Contoh penataan umum
4) Petunjuk konfigurasi langkah-demi-langkah

 

Pilih dan pindahkan titik AF dengan ujung jari Anda, bahkan sewaktu pemotretan EVF

Pentingnya fokus yang menentukan, tidak dapat cukup ditegaskan. Ini tidak hanya menentukan apa yang tampak secara tajam dan apa yang tidak, dan ini juga menuntun arah mata pemirsa ke subjek. Namun, ini adalah satu hal yang bisa sangat sulit untuk “diperbaiki nanti”. 

Apa pun pemotretan Anda, entah itu pemotretan dalam Face Detection + Tracking Priority AF atau mode AF area pemilihan manual, seperti 1-point AF atau Zone AF/Smooth Zone AF, akan ada situasi saat Anda ingin menyesuaikan posisi bingkai AF untuk fokus penentu yang lebih baik. Dengan Touch AF, Anda dapat melakukannya hanya dengan mengetuk atau menyeret jari Anda pada layar LCD belakang, bahkan sewaktu pemotretan EVF!

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu bagaimana Anda dapat lebih lanjut menyesuaikan Touch & Drag AF agar lebih mulus sewaktu melakukan pemotretan melalui EVF.

 

Bebek di air

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 164mm (setara 262mm)/ Shutter-priority AE (f/6.3, 1/1,250 det., EV +0,3)/ ISO 6400/ WB: Auto
Saya mengetuk titik yang saya inginkan untuk menetapkan fokus, dan fokus pun ditetapkan. Ini merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan, dapat secara intuitif melakukan bidikan pada itik yang sedang berenang.

 

Menyesuaikan metode posisi

Tersedia dua metode posisi: “Absolute”, bingkai AF berpindah ke posisi yang Anda sentuh, atau ke tempat yang Anda tentukan melalui seretan jari Anda pada layar, dan “Relative”, bingkai berpindah secara relatif ke arah dan jarak seretan jari Anda. Anda juga bisa membatasi area layar yang tersedia untuk pengoperasian sentuh dan seret, dengan 7 opsi area berbeda untuk dipilih.

Untuk Touch AF, tersedia 2 metode posisi, yaitu “Absolute” dan “Relative”.

 

Apa yang dimaksudkan dengan metode “Absolute”?

Dalam metode ini, cukup menyentuh tempat yang Anda inginkan untuk difokuskan oleh kamera. Bingkai AF akan pindah ke sana. Ini adalah pemotretan paling intuitif dalam Live View.

 

Apa yang dimaksudkan dengan metode “Relative”?

Dalam metode ini, apa pun yang Anda sentuh di layar, bingkai AF akan berpindah ke arah yang Anda seret, sesuai dengan jarak seretan Anda. Anda mungkin akan berpendapat bahwa ini lebih intuitif sewaktu pemotretan EVF.

 

Menyesuaikan area sentuh aktif

Kalau hidung Anda menyentuh layar ketika melihat melalui EVF, Anda dapat membatasi area layar yang tersedia untuk pengoperasian sentuh dan seret, sehingga “sentuhan hidung” Anda tidak akan mengubah posisi AF. 

Tangkapan layar menu pemilihan area Active touch (Sentuh aktif)

Ini menentukan area monitor LCD belakang yang akan digunakan untuk pengoperasian Sentuh dan Seret. Bidikan layar menunjukkan 6 opsi, tetapi terdapat 7 pilihan: “Whole panel” (Seluruh panel), “Right” (Kanan), “Left” (Kiri), “Top right” (Kanan Atas), “Btm. right” (Kanan bawah), “Top left” (Kiri atas) dan “Btm. left” (Kiri bawah).

 

Ilustrasi area AF touch (AF sentuh) yang memungkinkan.

Ada 7 opsi “Active touch area” (Area sentuh aktif):
1. Seluruh panel (garis luar merah)
2. Separuh kanan (biru)
3. Separuh kiri (merah muda)
4. Kuadran kanan atas
5. Kuadran kanan bawah
6. Kuadran kiri atas
7. Sudut kiri bawah

 

Kombinasi pengaturan “Position method” + “Active touch area” yang umum

 

1. Untuk menetapkan fokus pada subjek yang kecil: "Absolute"

Jika subjek tidak bergerak, menggunakan metode posisi “Absolute” akan lebih mudah dan memberi Anda kontrol intuitif yang lebih besar. Jika memotret pada orientasi lanskap (mendatar), gunakan area kanan atas atau area lain yang lebarnya lebih panjang daripada tingginya. Seandainya Anda memilih “Left” (Kiri) atau “Right” (Kanan), ketinggian area sentuh aktif akan lebih panjang daripada lebarnya, dan perbedaan pada gambar lanskap itu, dapat menyebabkan pengoperasian yang kurang intuitif.

Bunga yang menunjukkan bingkai AF di bagian tengah

EOS M5/ EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 150mm (setara 240mm)/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/250 det., EV +1,3)/ ISO 1250/ WB: Auto

 

Metode posisi: Absolute
Area sentuh aktif: Kanan atas

 

 

2. Apabila melacak subjek yang bergerak: "Relative" + "Right"

Dengan menetapkan metode posisi ke "Relative", Anda akan dapat memindahkan bingkai AF ke mana pun yang Anda inginkan, tanpa menghiraukan di mana Anda memulai gerakan tersebut. Bingkai AF akan berpindah ke jarak seretan Anda yang sama. Memindahkan subjek lebih mudah ditangani jika Anda menetapkan area sentuh aktif ke kanan, dan menyeret dengan jari tangan kanan Anda. Monitor belakang kiri tidak akan merespons dalam hal ini, jadi, Anda tidak perlu cemas kalau secara tidak disengaja mengubah posisi AF karena hidung Anda menyentuh layar saat Anda melihat melalui viewfinder.

Balita sedang merangkak, menunjukkan bingkai AF pada wajahnya

EOS M5/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 15mm (setara 24mm)/ Aperture-priority AE (f/3.5, 1/640 det., EV +0,3)/ ISO 100/ WB: Auto

 

Metode posisi: Relative
Area sentuh aktif: Kanan

 

 

3. Jika Anda kidal: "Absolute" + "Top left"

Anda akan dapat mengoperasikan Touch AF lebih mulus kalau memilih area sentuh aktif pada sisi yang sama seperti mata viewfinder Anda yang biasa. Jika Anda kidal dan mencoba mengoperasikan layar sentuh dengan tangan kanan sambil melihat melalui viewfinder, wajah dan jari Anda mungkin bisa menghalangi. Dalam hal ini, tetapkan area sentuh aktif ke "Top left" (Kiri atas), lalu seret dengan ibu jari tangan kiri Anda. Anda juga dianjurkan menggunakan metode posisi "Absolute".

Pahatan patung dengan bingkai AF

EOS M5/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 45mm (setara 72mm)/ Program AE (f/11, 1/160 det., EV ±0)/ ISO 100/ WB: Auto

 

Metode posisi: Absolute
Area sentuh aktif: Kiri atas

 

 

Mengonfigurasi pengaturan Touch & Drag AF (AF Sentuh & Seret)

*Prosedur aktual mungkin berbeda, tergantung pada model kamera. Kalau ragu, baca buku petunjuk pengguna.

 

1. Pada menu SHOOT, pilih “Touch & drag AF settings” untuk mengakses layar pengaturan.

Tangkapan layar menu SHOOT Canon

 

2. Pilih “Touch & drag AF”, lalu pilih “Enable”, kemudian tekan tombol Set.

Menu pengaturan Touch & drag AF

 

3. Dari menu “Pos’n method”, pilih salah satu, “Absolute” atau “Relative”, kemudian tekan tombol Set.

Menu pengaturan Touch & drag AF - Position method

 

4. Untuk menentukan area sentuh aktif, pilih “Active touch area” pada menu Touch & drag AF settings (Pengaturan AF sentuh & seret), lalu pilih area yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fungsi touch & drag, kemudian tekan tombol Set.

Menu Active touch area (area sentuh aktif) Canon

 

 
Pelajari mengenai berbagai fitur dan fungsi AF baru yang diperkenalkan pada sistem EOS R, seperti mode area AF baru dan Focus Guide (Panduan Fokus) dalam artikel:
Tidak Sabar Menunggu Untuk Mencoba 8 Fitur Pemfokusan EOS R

Untuk saran lainnya mengenai fokus, bacalah:
Semuanya pada Sepasang Mata: Cara Cepat untuk Menciptakan Potret Wajah nan Memukau
6 Fitur EOS R yang Berguna untuk Memotret Pegunungan dengan Awan

Tahukah Anda, bahwa Canon baru saja merilis dua kamera baru dengan sistem Dual Pixel CMOS AF II yang ditingkatkan, dan dilengkapi Animal Detection AF? Baca selengkapnya di sini:
EOS R5: 7 Fitur Fantastis yang Perlu Anda Ketahui
7 Fakta Penting mengenai EOS R6


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Kazuo Nakahara

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/