Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar: Jejak Cahaya dari Perspektif Baru

Jejak cahaya kendaraan adalah cara yang sangat bagus untuk menyemarakkan foto malam yang Anda bidik, tetapi, karena ini adalah teknik yang begitu populer, hal ini bisa menantang untuk menciptakan gambar yang sangat menonjol dan unik. Berikut ini ada satu cara yang bisa Anda lakukan dengan sejumlah sudut dan perspektif lensa sudut ultra lebar yang menghasilkan bidikan jejak cahaya yang lebih berdampak. Cobalah sendiri! (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara, Digital Camera Magazine)

EOS 5D Mark IV/ EF16-35mm f/2.8L II USM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/11, 15 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

 

Pembingkaian khususnya penting pada fotografi malam

Pada malam hari, dasar pemandangan adalah suasana yang gelap, sehingga mudah sekali menghasilkan bidikan yang terlihat datar dan tidak berdampak, tergantung pada cara Anda membingkainya. Namun, tanpa dinyana, hal ini juga mudah untuk menghasilkan bidikan yang berdampak, khususnya dengan lensa sudut ultra lebar.

Apabila memotret jalanan dan jejak cahaya dengan lensa sudut lebar, kebanyakan orang cenderung memfokuskannya untuk menyatukan lampu jalan, cahaya neon, dan sumber cahaya lainnya ke dalam bingkai untuk menonjolkan bidikan. Tetapi, jika Anda juga memanfaatkan efek perspektif yang berlebihan dari lensa, bidikan Anda bahkan bisa lebih dahsyat.


Lebih lanjut mengenai bidikan

- Kecepatan rana: 15 detik untuk menangkap jejak cahaya dari beberapa kendaraan
- Aperture: f/11 untuk mengubah lampu jalanan menjadi starbursts (semburat cahaya).
- Menangkap cahaya lampu bus dan truk selain cahaya mobil biasa, akan menciptakan jejak cahaya dengan ketinggian yang berbeda-beda.

 

Bagaimana cara mendapatkan efek perspektif yang terbaik?

Jawabannya: Membidik dari sudut super rendah

Efek perspektif berlebihan sudut lebar pada latar depan yang berada tepat di depan Anda, kemudian merentang hingga ke belakang pemandangan. Satu cara paling efektif yang bisa dimanfaatkan adalah membidik dari sudut rendah, mulai dengan subjek yang dekat ke Anda dan merentang hingga ke jarak yang jauh.

Baca juga: Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 2: Teknik Komposisi untuk Lensa Sudut Lebar


Posisi saya saat membidik

Saya menemukan tempat di jalan setapak yang berjarak sedekat mungkin ke mobil, dan mencari posisi di mana jejak cahaya akan tampak menyatu secara intens ke arah belakang. Hal-hal yang detail seperti ini, menonjolkan kesan kecepatan dalam bidikan.

Memang agak sulit menggunakan tripod mini dalam situasi seperti ini, jadi saya membentangkan sehelai kain di tanah, di bawah lensa untuk melindunginya, kemudian menaruh kamera di dasar jeruji pagar, tepat di atas tanah, memiringkannya ke atas untuk bidikan sudut rendah.

 

Apa yang terjadi apabila Anda membidik pada level mata?

Jejak cahaya terlihat jauh lebih lemah pada bidikan yang selevel dengan garis mata. Cahaya lampu belakang kendaraan terjadi di bawah level mata, jadi, kalau posisi kamera terlalu tinggi, tidak saja membuat jalan menjadi latar belakang dan sebagian jejak cahaya akan terhalang kendaraan lainnya sehingga pemisahan cahaya dan dampak pada gambar akan berkurang.


Lensa sudut ultra lebar untuk dicoba

- EF16-35mm f/2.8L III USM atau EF16-35mm f/4L IS USM (untuk kamera DSLR)
- RF15-35mm f/2.8L IS USM (untuk sistem EOS R)
- EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM (untuk kamera EOS seri M)

 

Pelajari teknik lain untuk membuat jejak cahaya yang berbeda dalam artikel:
Teknik Lampu Kilat Built-in #5: Jejak Cahaya Cepat dan Menggebu dengan Sinkronisasi Tirai Kedua

Teknik dan fungsi kamera untuk fotografi malam hari pada perkotaan yang lebih berguna, bacalah:
Satu Lokasi, Dua Rupa: Nightscape Abstrak - Tenteram vs. Semarak
Fungsi Kamera yang Berguna untuk Menangkap Bentangan Malam yang Berbeda (untuk kamera yang lebih canggih):

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Kazuo Nakahara

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/