Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

3 Fitur Kamera untuk Menangani Detail Highlight dan Mid-tone

Mempertahankan dan memulihkan detail dari highlight bisa rumit. Saat Anda sudah berada di depan komputer untuk melakukan pasca-pemrosesan gambar, mungkin sudah terlambat untuk menyelamatkan highlight atau sorotan cahaya yang sudah hancur berantakan! Di sini, kami akan berbagi tentang dua fitur yang berguna, yang akan membantu melindungi detail highlight, serta satu fitur yang menyesuaikan mid-tone, yang, pada pemandangan tertentu, bisa membantu agar detail tampak menonjol. (Dilaporkan oleh: Takashi Karaki, Kazuo Nakahara, Digital Camera Magazine)

 

1. Highlight alert (Peringatan terang)

Temukan ini dalam: Menu PLAY

Electronic viewfinder (EVF) sangat berguna untuk membantu Anda mengukur pencahayaan, dan yang high-definition seperti yang terdapat pada kamera sistem EOS R yang lebih canggih, membekalkan tampilan pemandangan yang cerah dan jernih secara mengagumkan. Meskipun demikian, pada sebagian situasi, memang masih sulit untuk melihat perbedaan yang tidak kentara dalam nada warna dan menghindari blown highlights yang tidak perlu. Untuk membantu dalam hal ini, aktifkan Highlight Alert, yang juga dikenal dengan sebutan “blinkies” atau “zebras”.


Apabila Anda memutar kembali gambar, area mana pun yang mengalami blown highlight, akan berkedip hitam. Ini merupakan alat yang bagus untuk tetap diaktifkan, sehingga Anda bisa membuat penyesuaian yang diperlukan dan membidik kembali di tempatnya!

Pahami hal ini: Jika kamera Anda tidak dilengkapi dengan fungsi Highlight Alert, jangan kesal. Dalam mode playback, tekan tombol INFO untuk silih-berganti layar yang menampilkan histogram. Anda seyogianya dapat melihat highlight alert di sana, meskipun gambar yang ditampilkan akan lebih kecil!

 

2. Highlight tone priority (Prioritas warna terang)

Temukan ini dalam: Menu SHOOT

Fitur lain yang berguna untuk melindungi highlight Anda adalah ‘Highlight tone priority’, yang khususnya nyaman untuk pemandangan cahaya latar dan pemandangan lainnya yang sangat kontras. Apabila ditetapkan ke ‘Enable’ atau ‘Enhanced’, ini akan membatasi nada warna pada bagian yang terang (highlight), sehingga mengurangi kemungkinan terjadi ledakan cahaya.


Apabila menyangkut soal ledakan cahaya (blown highlight), lebih baik mencegah daripada memperbaikinya. ‘Highlight tone priority’ melindungi detail highlight dalam pemandangan yang sangat kontras seperti ini.

Pahami hal ini: Apabila ‘Highlight tone priority’ diaktifkan, kecepatan ISO minimum adalah 200 dan mungkin terdapat sedikit noise di area yang gelap. Tetapi, fitur ini tetap membantu—yang penting Anda menyadarinya saat Anda membidik.

Ketahui, bagaimana cara fotografer burung menggunakan Highlight Tone Priority untuk mempertahankan detail bulu burung, dalam artikel:
Burung Terbang: Pengaturan Kamera untuk Meningkatkan Bidikan Anda yang Berhasil

 

3. Clarity

Temukan ini dalam: Menu SHOOT

Anda mungkin sudah familier dengan Clarity adjustment slider (slider penyesuaian Kejernihan) dalam perangkat lunak pasca-pemrosesan. Fungsi ini membuat detail tampak lebih jernih dan tajam dengan meningkatkan kontras tepian, khususnya dalam mid-tone. Ini khususnya berguna untuk pemandangan seperti astrofotografi atau bentangan malam yang rinci (detailed nightscape).

Fungsi ini sekarang menjadi fitur dalam kamera pada kamera EOS yang lebih canggih, seperti EOS-1D X Mark III, EOS R5, dan EOS R6, memungkinkan Anda untuk melakukan pratinjau, membandingkan, dan menyesuaikan efek yang langsung dikerjakan di tempat tanpa harus mengimpor dulu file ke perangkat lunak penyuntingan gambar. Bahkan, mungkin Anda bisa menghasilkan gambar yang terlihat lebih mulus daripada yang dihasilkan oleh perangkat lunak Anda yang biasa!

Terdapat delapan pilihan tingkat efek. Dengan menggerakkan slider ke kiri, membuat gambar terlihat lebih lembut; menggerakkan slider ke kanan, membuat bagian tepi tampak lebih tegas dan jelas.


Efek slider Clarity

 

Clarity: -2

Clarity: 0

Clarity: +2

Pada pemandangan industri malam hari, dengan menetapkan Clarity ke +2, akan meningkatkan tekstur metalik, sedangkan kalau mengurangi tingkat efek, akan membuat teksturnya lebih halus.

Contoh lainnya dari efek penyesuaian Clarity dapat dibaca dalam artikel:
Mengapa EOS R5 menjadi Kamera Ideal Saya untuk Fotografi Lanskap


---

Kamera Anda adalah alat fotografi Anda, dan dengan mengetahui secara dekat tentang apa yang dapat dilakukannya, akan membuat Anda menjadi fotografer yang lebih efektif! Temukan fitur lainnya yang mungkin terlewatkan dalam artikel berikut ini:
7 Pengaturan Kamera yang Pasti Membuat Bidikan Lebih Mulus
5 Pengaturan Dasar EOS R5/ EOS R6 untuk Kustomisasi Dari Awal

Cara lainnya, asah pengetahuan dasar Anda. Baca:
Dalam Fokus: Dasar-Dasar Kamera

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Kazuo Nakahara

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

Takashi Karaki

Takashi Karaki

Setelah mengantongi sejumlah pengalaman sebagai instruktur olahraga yang kemudian diikuti 10 tahun pengalaman dalam bidang produksi serta penyuntingan majalah, Karaki pindah ke Yonago City di Prefektur Tottori, dan di sana dia menjadi terkenal karena karya pemotretan lanskap wilayah San' di Jepang. Hasil karyanya telah dipublikasikan di Amazing Village, suatu buklet tentang desa yang serba-indah di Jepang. Hasil karyanya diproduksi melalui CANON x — kolaborasi Discover Japan pada tahun 2017, dan karya bidikannya mengenai awan berarak di Akechi Pass di Prefektur Tottori merupakan salah satu di antara 12 foto yang dipilih oleh Japan National Tourism Organization (JNTO) untuk mewakili Jepang.

Instagram: @karakky0918