Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Mengapa EOS R5 menjadi Kamera Ideal Saya untuk Fotografi Lanskap

Fotografer lanskap alam, Toshiki Nakanishi sudah melakukan uji-coba EOS R5, dan inilah yang membuatnya terpikat oleh kamera tersebut. Beliau berbagi cerita tentang kamera yang meningkatkan karya fotografinya ke jenjang yang sama sekali baru. (Dilaporkan oleh: Toshiki Nakanishi, Digital Camera Magazine)

Bidang sudut rendah

EOS R5/ RF15-35mm f/2.8L IS USM/ FL: 15mm/ Flexible-priority AE (f/11, 1/160 det., EV ±0)/ ISO 400/ WB: Daylight

 

#1. Penyesuaian kejelasan untuk memanfaatkan sepenuhnya resolusi 45-megapiksel

Salah satu keuntungan terbesar sistem EOS adalah resolving power-nya (daya pisah:resolusi) yang unggul dari lensa RF. Lensa EOS R5 ini mampu menangkap detail yang halus melalui sensor gambar resolusi ultra-tinggi yang dimilikinya, sehingga Anda mendapatkan lanskap alam yang lebih tajam dengan definisi yang lebih baik dari sebelumnya.


Menyesuaikan kejelasan pada kamera, langsung di tempat

Sebagai fotografer lanskap, saya selalu mencari cara untuk menghasilkan resolusi yang tampak lebih baik. Jika Anda seperti saya, mungkin Anda akan sangat menyukai fitur penyesuaian Kejelasan, suatu tambahan baru di menu SHOOT EOS R5. Ini memungkinkan kontrol ketajaman garis dan detail halus yang lebih baik sekaligus mempertahankan detail tajam yang dihasilkan oleh lensa RF.

Kejelasan pada menu shoot EOS R5

Saya sering menyesuaikan Kejelasan (Clarity) dalam pasca-pemrosesan, dan sungguh menyenangkan dapat melakukan hal yang sama pada kamera saat saya membidik. Betapa bahagia dapat langsung menyelesaikan karya foto yang mendekati kesempurnaan di lokasi pemotretannya.


Efek kejelasan yang terus berubah

Mengubah tingkat efek Kejelasan, meskipun hanya 1 poin, bisa membuat perbedaan besar. Meningkatkannya terlalu banyak, bisa membuat gambar tampak berbutir-butir; menguranginya terlalu banyak, membuat bidikan terlihat lembut. Untuk gambar pada awal artikel ini, saya memilih “+2”. Pilih tingkat efek yang paling sesuai untuk pemandangannya.

 

Saran: Sesuaikan pengaturan Picture Style untuk membuat bidikan lebih mendekati penuntasannya yang sempurna

Saya ingin agar gambar yang saya hasilkan sesempurna mungkin saat saya masih berada di lokasi, dan menyesuaikan pengaturan Picture Style sungguh membantu dalam hal itu. Ini seiring dan sejalan dengan penyesuaian Kejelasan (Clarity)!

Penyesuaian Picture Style

Biasanya, saya menggunakan Picture Style (Standard), tetapi meningkatkan Contrast (Kontras) dan Saturation (Saturasi) sebesar +1, yang menghasilkan warna lebih pekat dan separasi yang lebih baik antara bagian terang dan gelap. Untuk pemandangan tertentu, saya juga meningkatkan Strength (Kekuatan) dan Fineness (Kehalusan) dari pengaturan Sharpness (Ketajaman) sebesar +1 untuk meningkatkan definisi.

Baca juga: Teknik Picture Style untuk Meningkatkan Fotografi Lanskap Anda

 

#2: Keleluasaan baru, sudut baru dengan In-Body IS dan monitor Vari-angle

Lanskap sudut rendah

EOS R5/ RF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 91mm/ Flexible-priority AE (f/4, 1/1.250 det., EV ±0)/ ISO 200/ WB: Daylight

In-Body Image Stabilizer (In-Body IS) telah membuat perubahan besar terhadap cara saya membidik. Dulu, saya biasanya lebih banyak membidik dengan menggunakan tripod - mungkin sekitar 80 persen, tetapi dengan EOS R5, saya sekarang - dengan persentase yang sama - membidik dengan menggunakan tangan. Sekarang, saya lebih leluasa untuk memanuver kamera, dibantu oleh monitor Vari-angle, dan saya merasa lebih terinspirasi untuk mengembara dan membidik lanskap dari sudut yang lebih baru dan berani.

 

Pemandangan yang sama, perspektif yang berbeda

Kalau dapat membidik dengan tangan, kita bisa lebih leluasa untuk bergerak ke mana pun dan mencoba berbagai sudut kamera yang berbeda, yang berujung pada penemuan yang mungkin tidak dapat dilakukan jika menggunakan tripod. Ini membuat fotografi semakin menarik.


Low position (Posisi rendah)

Contoh posisi rendah


Eye level (Level mata)

Contoh Eye-level (level mata)


Perlu bantuan untuk menemukan perspektif baru? Lihat:
Metode Matrix: Cara yang Sistematis untuk Menambahkan Variasi ke Bidikan Anda 

 

Powerful pairing: EOS R5 dengan RF28-70mm f/2L USM

Saya telah membeli RF28-70mm f/2L USM bersama dengan EOS R ketika pertama kali kamera ini dirilis, dan sejak itu telah menjadi salah satu lensa favorit saya. In-Body IS EOS R5 berarti bahwa stabilisasi gambar sekarang tersedia apabila menggunakan lensa, meningkatkan peluang untuk penggunaan di lapangan. Di atas itu semua, EOS R5 menjanjikan hasil terbaik dari segi ketajaman dan resolusi yang luar biasa dari lensa tersebut. Paduan keduanya sungguh merupakan pasangan yang tangguh.

 

#3: EVF—yang Anda bayangkan menjadi kenyataan

Bidikan pegunungan yang agak gelap dan tidak terlalu banyak kontras

EOS R5/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS USM/ FL: 220mm/ Flexible-priority AE (f/11, 1/160 det., EV ±0)/ ISO 200/ WB: Daylight

Electronic viewfinder (EVF) ultra high definition 5,76 juta titik meningkatkan penglihatan melalui jendela bidik ke level yang jauh lebih baik. Saya bisa melihat detail bayangan yang dulu tidak dimungkinkan, bahkan dalam pemandangan cahaya latar, yang tidak hanya membantu menyusun bidikan yang lebih baik, tetapi juga menginspirasi berbagai cara baru untuk membingkai gambar. 


Apakah tampak aneh kalau melihat melalui EVF? EVF pada EOS R5 mungkin membuat Anda berubah pikiran

Mereka yang berpendapat bahwa melihat melalui EVF sungguh canggung, mereka wajib mencoba melihatnya dengan menggunakan EVF pada EOS R5. Definisi ultra tinggi adalah keuntungan yang sungguh berharga selama pratinjau gambar. 

Semburat cahaya bintang (Starburst) menjelang malam

EOS R5/ RF15-35mm f/2.8L IS USM/ FL: 20mm/ Flexible-priority AE (f/16, 1/80 det., EV ±0)/ ISO 1000/ WB: Daylight

Pemandangan latar cahaya dengan sang surya dalam bingkai. Melihat melalui EVF begitu jelas, dan dengan bantuan pratinjau depth-of-field, Anda bahkan dapat menampilkan tayangan starburst sebelum melepaskan rana.


Akses mudah ke pratinjau depth-of-field

Tombol pratinjau depth-of-field pada EOS R5

Tidak memerlukan penetapan fungsi kustom: tombol ini, di bawah lensa pada sisi kanan adalah tombol pratinjau depth-of-field secara default, dan mudah diakses sewaktu pemotretan EVF.


Pratinjau starburst

Tekan tombol pratinjau depth-of-field untuk melihat rupa penampilan sunburst. Hal ini membantu Anda mengontrol gambar akhir dengan lebih baik.

 

Pahami hal ini: Fv mode lebih meleluasakan gerakan saat membidik lanskap

Flexible-priority AE mode (Fv mode) memang merupakan mode yang unik: Anda dapat menggunakannya seperti mode manual exposure (pencahayaan manual) pada sebagian pemandangan, dan pada sebagian lainnya, ini berfungsi seperti mode otomatis. Sebagian orang mungkin merasa terintimidasi karena fitur ini begitu unik, tetapi sekarang saya membidik seluruhnya dalam mode ini. Ini memudahkan saya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kontrol kamera pada pengaturan pencahayaan apa pun, dan melengkapi EVF secara sempurna.


Pemandangan 1: Kontrol kecerahan, seperti dalam Av mode

Hutan yang gelap


Pemandangan 2: Kontrol kecepatan rana, seperti dalam Tv mode

Air yang mengalir

Dapat mengontrol pengaturan pencahayaan apa pun secara cepat dan mudah, sekaligus membiarkan kamera menangani lainnya, telah meningkatkan jumlah bidikan saya yang berhasil.

 

Kesan secara keseluruhan: “Kamera mirrorless yang ideal bagi saya untuk fotografi lanskap”


Tata letak tombol yang sangat intuitif; mudah menemukan tombol dalam keadaan gelap

Kamera yang menggabungkan berbagai keunggulan kamera mirrorless dengan segala yang terbaik dari EOS seri 5D pada level yang sangat tinggi: itulah kesan saya terhadap EOS R5.

Hal pertama yang membuat saya terkesan adalah tata letak tombolnya. Begitu intuitif, saya merasa seakan-akan sudah lama menggunakan kamera ini. Tombol yang diinginkan, terletak di tempat paling strategis, namun dengan cara yang sederhana. Sebagian perubahan kecil telah dilakukan hingga rabaan pada bagian yang menonjol, yang membuatnya lebih mudah menemukan tombol dengan ujung jari Anda ketika memotret dalam gelap.


EVF yang membuat Anda lupa tentang OVF

Saya sudah menjelaskan keunggulan EVF EOS R5 pada poin #3. Dari segi kejelasan dan kemudahan penglihatan pemandangan yang bersangkutan, EVF pada EOS R5 sudah sangat canggih sehingga membuat Anda berpikir, apakah Anda masih memerlukan viewfinder optik. Menggunakannya, membuat saya sadar bahwa ada banyak hal di dunia ini yang tidak dapat dilihat tanpa EVF!


Resolusi ultra tinggi yang bisa Anda nikmati, bahkan ketika melakukan pemotretan genggam

Semua gambar mengungkapkan semua yang perlu saya utarakan mengenai ketajaman dan resolving power istimewa yang dimiliki kamera ini, dan yang membuatnya lebih spesial adalah mampu menghasilkan gambar yang bisa dinikmati meskipun diambil dengan pemotretan genggam. Kamera ini memiliki stabilisasi gambar yang setara kecepatan rana hingga 8 stop. Hal ini mengubah gaya pemotretan saya, dan saya merasa yakin untuk mengambil sebagian besar bidikan tanpa tripod. Menurut saya, hal ini dapat dilakukan karena sistem EOS R sudah begitu lengkap.


Kamera ini mengubah cara Anda membidik

EOS R5 sarat dengan semua fitur yang diimpikan oleh seorang fotografer, tetapi menurut saya, kita jangan hanya mengejar peningkatan dan kemajuan teknologi. Sebaiknya, kita harus melihat bagaimana setiap perangkat baru dapat menambah imajinasi ke karya kita. Dan dalam hal itu, EOS R5 bisa merebut hati Anda—persis seperti yang saya alami. Ini adalah kamera mirrorless yang ideal bagi saya untuk fotografi lanskap. Mungkin sudah waktunya untuk melengserkan kamera DSLR saya.

 

Pelajari selengkapnya mengenai EOS R5 di:
EOS R5: Memimpin di Dunia Videografi 

Untuk saran fotografi lanskap lainnya dari Toshiki Nakanishi, baca:
Fotografi Lanskap Minimalis dengan Bentangan Langit
Menangani Penerangan Alami: Lorong Cahaya Hutan di Musim Gugur

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Toshiki Nakanishi

Toshiki Nakanishi

Lahir pada tahun 1971 di Osaka. Setelah mempelajari fotografi secara otodidak, Nakanishi memindahkan basis kegiatan fotografinya ke kota Biei yang terletak di Kamikawa-gun, Hokkaido. Selain menangkap lanskap yang fokus pada cahaya, ia juga menghasilkan berbagai karya yang menonjolkan keindahan kiasan alam. Ia juga adalah Pimpinan PHOTO OFFICE atelier nipek.

http://www.nipek.net/