Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Kesan Lensa: RF28-70mm f/2L USM mengabadikan Lanskap Alam

Dengan aperture konstan f/2, RF28-70mm f/2L USM merupakan seluruh aperture stop yang lebih cepat dari aperture f/2.8 pada sebagian besar lensa zoom standar premium, memungkinkan cahaya dua kali lipat lebih banyak untuk memasuki kamera. Konstruksi optik yang sangat bagus, terdiri atas sejumlah elemen lensa khusus, juga menjanjikan kualitas optik yang istimewa. Toshiki Nakanishi mengemukakan, mengapa ia berpendapat bahwa lensa ini wajib dimiliki para fotografer alam. (Dilaporkan oleh: Toshiki Nakanishi, Digital Camera Magazine)

 

Konstruksi lensa sangat bagus, yang menciptakan bokeh indah pada f/2

RF28-70mm f/2L adalah lensa yang dibuat secara kokoh dan tangguh. Beratnya kira-kira 1.430g, karena dua alasan utama: Diameter lensa yang lebih besar, memungkinkan cahaya yang diperlukan untuk aperture konstan f/2, dan konstruksi lensa internal, yang memerlukan sejumlah elemen lensa yang lebih besar untuk menyesuaikan diameter lensa dan juga menyatukan sejumlah lensa khusus.

Juga patut disampaikan: Lensa dilengkapi mekanisme yang menyerap guncangan dari dampak yang berasal dari depan lensa.

Ketajaman dan detail, bahkan pada f/2

Dalam fotografi lanskap, kami biasanya melakukan stop down aperture untuk memastikan bahwa detail pemandangan alam ditangkap tanpa kelembutan. Namun demikian, RF28-70mm f/2L USM mewujudkan ketajaman dan kontras tinggi, bahkan pada aperture maksimum: Tekstur pepohonan dan dedaunan dihasilkan dalam detail yang halus, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini. Saya merasa tersemangati untuk lebih sering menggunakan aperture maksimum, dan dengan begitu, pasti akan memperluas kisaran kemungkinan untuk berkreativitas. 

Konfigurasi lensa internal: Didesain untuk kualitas gambar prima

Lensa menyatukan:
- Empat elemen lensa asferis (Versi Inggris) untuk mengoreksi aberasi sferis, distorsi dan astigmatisme;
- Tiga elemen lensa UD (Versi Inggris) untuk mengurangi aberasi kromatik longitudinal (aksial) serta lateral (transversal); dan
- Dua jenis pelapisan berbeda (Air Sphere Coating (Versi Inggris) dan Subwavelength Structure Coating (Versi Inggris)) untuk mengurangi lebih lanjut flare dan ghosting pada cahaya latar.

Semua ini pasti berkontribusi pada kualitas gambar yang istimewa, seperti yang bisa Anda lihat dari contoh di bawah ini. Peningkatan untuk memperbaiki performa dalam cahaya latar, khususnya, membuat lensa ini wajib dimiliki oleh para fotografer lanskap.

 

Gambar contoh

Dibidik pada 29mm

Dedaunan hijau dalam cahaya latar

EOS R/ RF28-70mm f/2L USM/ FL: 29mm/ Aperture-priority AE (f/11, 0,4 det., EV+2,0)/ ISO 200/ WB: Daylight

Gambar dituntaskan dengan sangat baik hingga ke bagian pinggir. Transisi tonal mulus dan bertahap di area yang terang, dan Anda dapat menggunakannya untuk membuat warnanya tampak melebur ke putih.


Dibidik pada 34mm

Padang gandum kuning cerah

EOS R/ RF28-70mm f/2L USM/ FL: 34mm/ Aperture-priority AE (f/16, 1/8 det., EV-0,7)/ ISO 200/ WB: Cloudy

Dengan mengadopsi desain yang tidak kenal kompromi, dan teknologi coating termutakhir, lensa ini mampu menangkap subjek dalam kontras tinggi, tanpa menghiraukan arah cahaya. Dalam foto ini, setiap bulir gandum direproduksi secara jelas.


Dibidik pada 50mm

Padang gandum di malam hari

EOS R/ RF28-70mm f/2L USM/ FL: 50mm/ Flexible-priority AE (f/2, 1/6.400 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Daylight

RF28-70mm f/2L USM tidak saja tajam, tetapi juga unggul dalam reproduksi warna. Seperti ditunjukkan oleh gambar ini, lensa ini mampu menghasilkan nada warna yang kaya dan pekat secara mengesankan apabila Anda menggunakannya untuk menangkap lanskap dengan kontras gelap-terang yang kuat.


Dibidik pada 52mm

Padang rumput dalam cahaya redup

EOS R/ RF28-70mm f/2L USM/ FL: 52mm/ Flexible-priority AE (f/2, 1/500 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Daylight

Aperture maksimum f/2 menunjukkan kekuatannya dalam pemandangan dengan penerangan redup seperti pada foto yang satu ini, di mana suasananya digambarkan secara jelas, seakan-akan udara dingin di sekitar telah terperangkap dalam gambar.


Dibidik pada 70mm

Close-up dedaunan dalam gelap

EOS R/ RF28-70mm f/2L USM/ FL: 70mm/ Flexible-priority AE (f/11, 1/10 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Daylight

Garis yang direproduksi sangat halus dan ketajaman gambar menyerupai ketajaman yang dihasilkan oleh lensa prima. Lensa ini menyampaikan suasana ketegangan bumi dengan begitu baik sehingga seseorang dapat seakan-akan merasakan aroma dedaunan yang sudah layu dari foto.

 

Saran penggunaan: Manfaatkan semaksimal dan sebaik f/2 pada panjang fokus yang berbeda-beda

RF28-70mm f/2 USM seakan memiliki beberapa lensa prima f/2 dalam satu bodi kamera. Hal ini tidak hanya memberikan mobilitas yang lebih baik, tetapi juga kenyamanan dan kemudahan komposisi: Anda tidak perlu harus menukar-nukar lensa, karena Anda memiliki seluruh kisaran panjang fokus yang dapat Anda manfaatkan apabila membingkai bidikan Anda, dan f/2 tersedia sepanjang pemotretan. Hal terakhir berkenaan dengan keindahan lensa ini, dan secara pasti menguntungkan serangkaian ekspresi kreatif.

Gambar di bawah menunjukkan, bagaimana Anda dapat menggunakan f/2 pada panjang fokus yang berbeda-beda untuk memenuhi berbagai tujuan pemotretan.

Pada 28mm: Tambahkan kedalaman ke gambar Anda dengan bokeh

Pepohonan bersalju

Saya mendekatkan serpihan salju perak pada pepohonan dengan panjang fokus yang ditetapkan ke ujung sudut lebar 28mm. Dengan menggunakan aperture maksimum dan pengaturan fokus di belakang pemandangan, hal ini menciptakan kedalaman dalam gambar.


Pada 35mm: Dapatkan kecepatan rana pesat

Suasana biru dengan kereta api

Bidikan nuansa biru setelah matahari tenggelam. Berkat aperture f/2, saya mampu membidik pada 1/800 detik, bahkan pada ISO 1600.


Pada 50mm: Menciptakan efek bokeh latar depan yang mereproduksi apa yang dilihat oleh mata Anda

Jalur melintasi pepohonan

Dengan menggunakan f/2 pada panjang fokus sekitar 50mm, Anda dapat menciptakan efek bokeh latar depan, menghasilkan bidikan yang secara dekat mereplikasi apa yang dilihat secara kasat mata. Hal ini berguna untuk mengambil bidikan cepat, bukan hanya lanskap alam, tetapi juga potret wajah dan pemandangan jalan.


Pada 70mm: Menuntun perhatian ke dimensi benda

Close-up tumbuhan pada f/2

Ujung telefoto memberikan efek close-up yang memang bagus untuk bidikan ini. Anda dapat meningkatkan pengalaman fotografi dengan memanfaatkan bokeh latar depan dan latar belakang untuk menghasilkan gambar dengan dampak yang lebih kuat.

 

EOS R dengan RF28-70mm f/2L USM yang terpasang

EOS R + RF28-70mm f/2L USM

 

Lens Hood EW-103

Lens Hood EW-103

 

Spesifikasi

Diagram konstruksi lensa RF28-70mm f/2L USM

A: Elemen lensa asferis
B: Elemen lensa UD

Konstruksi lensa: 19 elemen dalam 13 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,39m
Pembesaran maksimum: 0,18x
Jumlah bilah aperture: 9 (mode lingkaran)
Diameter filter: 95mm
Ukuran: φ103,8 x 139,8mm
Berat: kira-kira 1.430g

 

Lihat karya fotografer lainnya yang menggunakan lensa ini pada:
EOS R: Menangkap Momen yang Memikat dalam Fotografi Berkuda
3 Saran agar Kisah Pernikahan Anda Lebih Agung (dengan Bantuan EOS R)
Roberto Valenzuela: Apa yang Wajib Dimiliki untuk menjadi Pendongeng Ulung Pernikahan

Cari tahu selengkapnya mengenai lensa RF di sini:
Perluas Kemungkinan Fotografi Anda dengan Lensa RF Baru
6 Fitur Signifikan Lensa RF
Lensa RF: Yang Mana Yang Sesuai Dengan Saya?

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Toshiki Nakanishi

Toshiki Nakanishi

Lahir pada tahun 1971 di Osaka. Setelah mempelajari fotografi secara otodidak, Nakanishi memindahkan basis kegiatan fotografinya ke kota Biei yang terletak di Kamikawa-gun, Hokkaido. Selain menangkap lanskap yang fokus pada cahaya, ia juga menghasilkan berbagai karya yang menonjolkan keindahan kiasan alam. Ia juga adalah Pimpinan PHOTO OFFICE atelier nipek.

http://www.nipek.net/