Produk

Segalanya Tentang EOS 80D (1) - 45 Titik AF tipe Semua Silang

Salah satu karakteristik mengenai sistem AF EOS 80D adalah, bahwa semua titik AF memanfaatkan sensor tipe silang. Meskipun jumlah total 45 titik AF, juga merupakan kualitas penting, Anda dapat memanfaatkan penggunaan kamera yang lebih canggih dengan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai karakteristik dan properti sensor AF. Mari kita mulai dengan mempelajari, bagaimana sensor AF berfungsi. (Foto dan naskah oleh: Ryosuke Takahashi)

 

Bagaimana 45 titik AF tipe silang sensitif f/5.6 berkontribusi ke presisi AF?

Karena terdapat 45 titik AF pada EOS 80D, area yang tersedia untuk pendeteksian AF selama pemotretan viewfinder menjadi lebih lebar pada keempat arah dibandingkan model lain yang ada saat ini. Hal ini memberi Anda peluang yang lebih baik untuk menangkap subjek seperti yang dimaksudkan.

Terlebih lagi, 45 titik AF ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan semuanya berkontribusi ke performa AF EOS 80D. Dengan memiliki pemahaman yang baik mengenai titik AF ini, akan membantu Anda menggunakan kamera secara lebih efektif. 

 

Sensor tipe semua silang: Membentuk penginderaan "web" yang mendeteksi variasi subjek yang lebih luas.

45 titik AF ini, semuanya terdiri atas sensor tipe silang. Sensor tipe silang terdiri atas sensor garis vertikal dan sensor garis horizontal bersilangan di bagian tengah, membentuk penginderaan "web" yang mendeteksi subjek dengan akurasi yang lebih baik daripada sensor garis tunggal.  

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai perbedaan antara sensor garis dan sensor tipe silang, bacalah artikel berikut ini:
Kamera FAQ #12: Apakah Perbedaan Antara Sensor Garis dan Sensor Tipe Silang?

 

Titik AF sensitif f/5.6 + titik AF tengah sensitif f/2.8: Bekerja sama untuk presisi yang lebih sempurna

Sensor AF sensitif f/2.8 menggunakan dua titik cahaya dekat diameter aperture f/2.8. Kedua titik ini secara relatif saling terpisah jauh dibandingkan sensor sensitif f/5.6, dan menghasilkan akurasi pemfokusan yang lebih baik. Namun demikian, seandainya subjek terlalu didefokus, tetap akan sulit untuk melaksanakan pendeteksian. Hal ini menyebabkan pendeteksian menjadi lebih lambat. Selain itu, karena ambang batas cahaya adalah f/2.8, aperture maksimum lensa harus pada posisi f/2.8 atau lebih cerah agar sensor dapat bekerja.

Sementara itu, sensor AF sensitif f/5.6 memiliki akurasi pemfokusan yang relatif lebih lemah, karena kedua titik cahaya yang digunakan untuk pendeteksian berada saling berdekatan. Namun demikian, ini juga berarti bahwa sensor dapat melakukan pendeteksian tanpa dibatasi oleh aperture maksimum lensa. Sensor AF sensitif f/5.6 juga unggul dalam mendeteksi subjek yang didefokus secara lebih signifikan. Kombinasi sensor dengan sensitivitas yang berbeda pada EOS 80D meningkatkan kemampuan pendeteksian AF.

Terlebih lagi, seperti ditunjukkan dalam diagram di bawah, titik AF tengah pada EOS 80D adalah tipe silang ganda. Untuk titik AF tipe silang ganda, keempat garis dari dua tipe sensor AF saling bersilangan, oleh karenanya memungkinkan pemfokusan dengan presisi yang lebih besar dan pada kecepatan yang lebih pesat. 

 

Tata letak 45 titik AF

 

Memilih titik AF yang berbeda

1. Tekan tombol mode pemilihan area AF atau tombol pemilihan titik AF

Menekan tombol mode pemilihan area AF atau tombol pemilihan titik AF akan menampilkan titik AF yang dapat dipilih di dalam viewfinder. Dalam foto kanan di atas, titik AF tengah sudah dipilih.

 

2. Gunakan Main Dial, Quick Control Dial atau Multi-controller untuk menggerakkan titik AF

Setelah semua titik AF ditampilkan, Anda dapat memutar Main Dial (atau Quick Control Dial) untuk menggerakkan kursor ke atas, ke bawah, atau ke kiri atau ke kanan, memilih titik AF yang berbeda pada preferensi Anda.

 

Fitur 1: Titik AF tipe Semua silang membuat komposisi lebih serbaguna

Dengan sensor tipe silang yang digunakan pada semua 45 titik AF, Anda dapat menyusun bidikan secara bebas dan menikmati presisi AF yang lebih besar tanpa harus memperhatikan bentuk atau orientasi subjek. Karena area penginderaan AF lebih luas, kunci AF hampir tidak diperlukan: Anda dapat menentukan komposisi dan melakukan fokus otomatis sekaligus. Sebagai hasilnya, Anda bisa menyiapkan kamera lebih cepat, menetapkan fokus lebih cepat, dan memiliki peluang lebih tinggi untuk menangkap momen yang menentukan. Selain itu, ketidaksejajaran dalam autoexposure (AE) apabila AF dalam keadaan terkunci, kecil kemungkinannya untuk terjadi.

EOS 80D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 18mm/ Program AE (f/8, 1/250det, EV-0,3)/ ISO 100
Bahkan, apabila bentuk subjek mendekati garis lurus yang halus, salah satu dari sensor tipe silang akan menanggapinya untuk menyesuaikan fokus sebagaimana mestinya.

 

EOS 80D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 18mm/ Aperture-Priority AE (f/3.5, 1/250det, EV-0,3)/ ISO 100
Titik AF tipe semua silang akan praktis dalam pemandangan yang subjeknya diposisikan pada tepi gambar, misalnya seperti contoh di atas. Anda dapat menyusun bidikan yang berani dengan memanfaatkan cakupan viewfinder yang sebaik-baiknya, yaitu kira-kira 100%.

 

Fitur 2: Titik AF tengah bekerja amat sangat baik dalam pemandangan yang berpenerangan redup

Sensor AF titik AF tengah layak membanggakan performa rendah cahaya level tinggi dan dapat bekerja, bahkan pada batas rendah cahaya EV-3,0. Dengan mendapatkan pemahaman tentang atribut ini, Anda akan dapat memanfaatkan AF untuk pemfokusan, apabila cahaya di sekeliling redup atau mendekati kecerahan sinar purnama, misalnya sewaktu menangkap lanskap pada malam hari atau hewan malam.
Akan ada lebih banyak cahaya yang mencapai sensor AF apabila f-number lensa lebih cerah (lebih rendah), sehingga membuatnya lebih sesuai untuk pemotretan dalam kondisi rendah cahaya.

EOS 80D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm/ Aperture-Priority AE (f/1.8, 1/40det, EV-0,3)/ ISO 8000
Bahkan, apabila memotret subjek yang gelap di dalam ruangan yang berpenerangan redup, sensor AF dari titik AF tengah, yang mendukung batas rendah cahaya EV-3,0 akan berhasil mendeteksi fokus.

 

Fitur 3: Hingga 27 titik AF yang dapat digunakan apabila extender dipasang

Jumlah titik AF dan tipe sensor AF yang digunakan oleh sistem AF EOS 80D bervariasi dengan kecerahan lensa yang dipasang. Apabila extender dipasang ke kamera, sensor AF sensitif f/8 akan aktif. Maksimal, 27 titik yang dapat digunakan untuk AF, sembilan di antaranya berada di zona tengah (bertanda merah), mendukung AF yang menggunakan sensor tipe silang. Area AF pada kedua sisi (bertanda biru) adalah sensor garis yang mendeteksi garis horizontal.

Jumlah maksimum sebanyak 27 titik AF tetap dapat digunakan, bahkan apabila f-number menjadi f/8 dengan pemasangan extender, dan ini membantu mempermudah pengalaman Anda pada pemotretan AF.

 

EOS 80D/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM + Extender EF 1.4xIII/ FL: 560mm/ Aperture-Priority AE (f/16, 1/2000det, EV-0.7)/ ISO 6400
Titik AF EOS 80D menangkap subjek dengan permukaan, dan tidak hanya dengan satu titik. Salah satu keuntungan utama yaitu, Anda bisa menyusun bidikan Anda lebih bebas—komposisi Anda tidak akan terlihat seperti komposisi tengah.

 

Saran 1: Gunakan Multi-controller untuk pemilihan titik AF yang lebih cepat

Alih-alih menggunakan tombol mode pemilihan area AF, Anda cukup mengoperasikan Multi-controller untuk mengubah pemilihan titik AF secara cepat. Dengan begitu, akan mengurangi satu langkah dibandingkan cara terdahulu, dan karenanya akan praktis apabila Anda kebetulan menemukan suatu pemandangan. Agar lebih nyaman lagi, Anda bisa menggabungkannya dengan pengaturan dalam pola pemilihan titik AF.

Untuk mengubah pengaturan, masuk ke [C.fn III: Operation/Others] – [Custom Controls].  

 

Saran 2: Gunakan “AF point selection movement – Continuous” untuk pemilihan titik AF yang lebih fleksibel

Memilih AF point selection movement to “Continuous” memungkinkan titik AF secara nyaman beredar ke sisi yang berlawanan apabila titik AF yang Anda pilih mencapai tepi luar gambar. Karena titik AF dapat digerakkan secara cepat ke arah kiri dan kanan (atau ke atas dan ke bawah), fitur ini tidak saja sesuai untuk aktivitas pemotretan dengan pergerakan yang lincah, misalnya olahraga, tetapi juga amat sangat praktis untuk memotret subjek yang tidak bisa diprediksi, seperti hewan piaraan.

Untuk mengaktifkan titik AF agar beredar ke sisi yang berlawanan, pilih [Continuous] ketika Anda berada dalam mode pemilihan area AF selain dari AF pemilihan otomatis 45-titik.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

EOS 80D Kit II (EF-S18-135 IS USM)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

 

Ryosuke Takahashi

 

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.