Close
Produk >> All Products

Red-Line Speedlite EL-1 Baru Canon: Kontrol Lebih Baik, Ekspresi Lebih Nyata

Pada tanggal 14 Oktober 2020, Canon mengumumkan lampu kilat andalan barunya, Speedlite EL-1. Model red line (seri-L) pertama dalam sejarah lampu kilat Canon, Speedlite baru ini mengadopsi tabung xenon baru dan merombak sirkuit lampu kilat, menghasilkan kontrol yang lebih baik pada output lampu kilat. Lampu kilat ini mendukung kamera mirrorless EOS dan DSLR.

 

Membentuk cahaya, mengukir imajinasi

Potret malam nan dramatis-

EOS R5/ RF85mm f/1.2L IS USM/ FL: 85mm/ Manual Exposure (f/1.2, 1/200 det.)/ ISO 250/ WB: 3300K/ Speedlite EL-1

Kamera digital telah mengalami kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir. Dengan performa kecepatan ISO tinggi yang semakin baik, kini lebih mudah untuk membidik dalam kondisi cahaya redup. Sekarang, lampu kilat eksternal perlu melakukan lebih dari sekadar mempercerah gambar. Lebih daripada sekadar sumber cahaya, lampu kilat ini sekarang menjadi pembentuk cahaya—peralatan penting yang membantu para fotografer mewujudkan bayangan kreatif mereka.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Lampu Kilat Eksternal?

Speedlite EL-1 baru Canon menghadirkan pembentukan cahaya oleh Speedlite ke tingkat yang sama sekali baru. Lampu kilat seri-L pertama Canon yang layak membanggakan performa puncaknya, dan kualitas yang ideal bagi para fotografer profesional. Dengan kemampuan micro flash, waktu daur ulang kecepatan tinggi dan sejumlah fitur lain yang dimilikinya, menawarkan kontrol lebih baik serta berbagai kemungkinan penerangan yang lebih banyak, lampu kilat ini merupakan perlengkapan termutakhir yang wajib dimiliki oleh semua fotografer yang ingin menguasai bayangan dan cahaya dengan ketepatan yang lebih baik.


Mari kita cermati lebih dekat, apa yang baru pada perangkat ini.

1. Menangkap nuansa: Micro flash hingga 1/8192
2. Daur ulang lampu kilat kecepatan tinggi
3. 160 kedipan beruntun atau lebih pada output penuh
4. Satu baterai lithium, menghasilkan bidikan tiga kali lipat lebih banyak
5. Fitur lainnya

 

1. Menangkap nuansa: Micro flash hingga 1/8192

Dalam hal ini, kemampuan yang Anda miliki, sangat penting

Kamera baru, seperti DSLR andalan EOS-1D X Mark III dan kamera mirrorless EOS R6, memiliki kecepatan native ISO hingga 102.400. Apabila kecepatan ISO setinggi itu, dan bergantung pada pemandangannya, output lampu kilat biasa menghasilkan cahaya yang terlalu intens. Kemampuan micro flash atau lampu kilat mikro Speedlite EL-1, memungkinkan pencahayaan yang lebih lembut sehingga suasana pemandangan lebih mendekati yang Anda bayangkan.

output lampu kilat Speedlite EL-1 dan Speedlite 600EX II-RT

Rentang dinamis 14 stop

Speedlite EL-1 menggabungkan tabung xenon ke dalam struktur baru yang memungkinkan penembakan lampu kilat yang stabil bahkan dengan output lampu kilat rendah. Peningkatan pada sirkuit penembakan serta ketepatan detektor output lampu kilat dan pengukur lampu kilat memungkinkan untuk mencapai lampu kilat mikro 1/8192.

Setiap kali Anda membelah separuh output lampu kilat, Anda mendapatkan 1 lagi f-stop rentang dinamis Dengan kata lain, dari output penuh hingga daya 1/8192, Speedlite EL-1 menawarkan hingga 14 f-stop rentang dinamis.

Saran: Perlu lebih banyak output lampu kilat? Speedlite EL-1 bisa menangani hingga 15 unit receiver melalui transmisi nirkabel. Kemampuan menembakkan hingga 16 kilatan lampu sekaligus.

 

Kontrol kreatif pada penerangan potret wajah

Mari kita ambil skenario bidikan potret wajah di jalan pada malam hari. Jika Anda hanya sekadar ingin menangkap suasana lokasi seperti apa adanya, tingkatkan saja kecepatan ISO. Tetapi, bagaimana kalau Anda ingin membuat subjek terlihat sedikit lebih terang, atau memperhalus nada warna kulitnya?

Potret wajah di luar ruangan dalam suasana penerangan sekitar.

Dalam kondisi ini, ISO 6400 memungkinkan Anda menangkap suasana pemandangan sebagaimana adanya. Tetapi, potret wajah subjek terlihat agak gelap, ya?

potret wajah di luar ruangan dengan output lampu kilat 1/128

Cahaya dari lampu kilat eksternal tidak akan menjangkau bangunan di latar belakang. Yang biasa dilakukan adalah menetapkan kecepatan ISO tinggi untuk menerangi latar belakang dan fill flash untuk subjek. Namun demikian, output lampu kilat 1/128 terlalu intens di sini, sehingga merusak suasananya.


Potret wajah di luar ruangan dengan output lampu kilat 1/8192

Semua gambar: EOS R5/ RF24-70mm f/2.8L IS USM/ FL: 70mm/ Manual exposure/ ISO 6400/ WB: 4200K

Dengan kemampuan kilatan mikro Speedlite EL-1, Anda bisa mengatur output lampu kilat serendah 1/8192, yang menerangi wajah subjek yang dipotret, cukup untuk menghaluskan nada warna kulitnya. Output lampu kilat begitu rendah sehingga tidak akan memengaruhi keseimbangan dalam pengaturan bidikan Anda, dan memastikan hasil yang natural, sesuai dengan gambaran suasana aslinya. Anda dapat menggunakannya juga untuk potret wajah di siang hari!

 

Pertahankan detail dalam fotografi makro Anda

Sampai sekarang, Speedlite konvensional tidak sesuai untuk fotografi makro: kilatannya akan terlalu kuat, mengingat jarak flash head dari subjek. Kilatan mikro 1/8192 pada Speedlite EL-1 mengatasi masalah tersebut, dan memastikan bahwa cahaya yang ditembakkan cukup terang untuk mereproduksi detail dan warna bunga, serangga, dan subjek makro lainnya, meskipun Anda membidiknya secara close-up.

1/8192 micro flash ON

Tanpa lampu kilat

EOS R5/ EF100mm f/2.8L Macro IS USM/ FL: 100mm/ Manual Exposure (f/3.2, 1/125 det.)/ ISO 200/ WB: Daylight

 

2. Daur ulang lampu kilat kecepatan tinggi

Selalu cepat tanggap untuk mengabadikan momen yang menentukan

 

Perbandingan waktu daur ulang lampu kilat dengan Speedlite 600EX II-RT

Sebelum lampu kilat ditembakkan, energi diambil dari baterai dan disimpan dalam kapasitor. "Waktu daur ulang flash" (atau "waktu isi ulang") mengacu pada waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang energi sebelum ada cukup daya untuk menembakkan lampu kilat.

Speedlite EL-1 dilengkapi sumber daya baterai lithium-ion dan desain sirkuit pengisian daya baru, mencapai waktu pengisian daya yang lebih cepat, dan efisiensi baterai yang lebih baik. Hanya perlu waktu 0,9 detik untuk mengisi ulang output daya hingga penuh (1/1) dan 0,1 detik untuk mengisi ulang output daya 1/8192.

Tahukah, apa yang lebih baik dari ini? Level baterai rendah tidak memengaruhi waktu daur ulang*. Dengan begitu, Anda akan selalu siaga dan siap mengabadikan momen tertentu dengan penerangan yang baik.

*Bergantung pada kondisi pengukuran Canon.

Peristiwa khusus, seperti acara pernikahan, penuh dengan momen menentukan yang tidak ingin Anda lewatkan—hanya karena lampu kilat kehabisan baterai dan tidak mengisi ulang tepat waktu. Dengan waktu daur ulang berkecepatan tinggi pada Speedlite EL-1, Anda nyaris tidak akan melewatkan momen tertentu untuk diabadikan.

 

3. 160 kedipan beruntun atau lebih pada output penuh

Secara jitu menangkap momen menentukan dengan cahaya yang sempurna

 

Perbandingan jumlah kilatan beruntun dengan Speedlite 600EX II-RT

Tabung xenon baru, yang diterapkan pada Speedlite EL-1, terbuat dari bahan kaca yang sangat kokoh, memberikan daya tahan yang lebih baik terhadap panas tinggi akibat penembakan lampu kilat. Ini didukung oleh sistem pendinginan aktif yang menggunakan kipas built-in untuk mengalirkan udara dingin di dalam flash head.  Sistem dan kipas ini menghilangkan batas pada sejumlah kilatan beruntun yang disebabkan oleh panas berlebih, menghasilkan sekitar 160 kilatan beruntun berdaya penuh atau lebih — lebih dari 2,5 kali lipat jumlah yang dimungkinkan pada Speedlite 600EX II-RT.

Ini bukan sekadar mengenai spray and pray (mengatur kamera melakukan pemotretan beruntun, kemudian menahan tombol rana, berharap dapat mengabadikan gambar yang sempurna): bergantung pada keadaannya, pemotretan burst dapat membantu Anda mengabadikan momen yang menentukan dengan lebih mudah. Jumlah kilatan beruntun yang lebih tinggi, meningkatkan peluang Anda untuk menghasilkan bidikan sempurna dengan penerangan yang baik.

Klik di sini untuk belajar menghasilkan karya kreatif dengan penembakan lampu kilat beruntun

 

4. Satu baterai lithium ion, menghasilkan bidikan tiga kali lipat lebih banyak

Tahan melakukan pemotretan yang lebih lama, sehingga Anda bisa selalu siap

Speedlite EL-1 hanya menggunakan satu baterai lithium ion kapasitas besar— LP-EL (1920mAh, 7.2 volt), mampu menembakkan sekitar 335 kilatan pada daya penuh, lebih dari tiga kali lipat daripada yang bisa dilakukan pada Speedlite 600EX II-RT dengan menggunakan empat baterai AA.

Meskipun tampaknya baterai LP-E6 digunakan dalam sekian banyak kamera EOS canggih, namun tidak dapat digunakan pada sejumlah kamera. Akan tetapi, baterai ini bisa diisi daya dengan menggunakan charger yang sama seperti yang digunakan untuk kamera.

 

Perbandingan masa pakai baterai

 

Melewatkan momen tertentu ketika akan memasang empat baterai pada arah yang benar? Itu dulu. Sekarang dengan Speedlite EL-1, hanya perlu satu paket baterai.

Panel tampilan Speedlite EL-1

Menggunakan baterai lithium ion, dapat menunjukkan level baterai di panel tampilan belakang Speedlite. Dengan begitu, Anda selalu mengetahui terlebih dulu, kapan waktunya untuk mengganti baterai Anda.

 

5. Fitur lainnya

E-TTL Taste baru dan fungsi memori FE

Pada E-TTL (Evaluative Through-The-Lens) metering, kamera mengukur cahaya sekitar dan menetapkan output lampu kilat yang sesuai untuk pemandangan tersebut. Dengan fungsi E-TTL Taste baru, penggunanya dapat melakukan penyesuaian lebih jauh, sehingga dapat menentukan keseimbangan yang dikehendakinya (Ambience-priority/Standard/Strong) menurut kecerahan cahaya yang tersedia (Dark/Middle/Light). Fungsi memori FE mengingat output lampu kilat yang Anda gunakan dalam E-TTL dan Anda dapat melanjutkan penggunaannya serta membuat penyesuaian setelah beralih ke mode manual.

Lampu modeling Twin LED

Selain modeling flash yang juga terdapat pada model Speedlite lainnya, Speedlite EL-1 diperlengkapi dengan dua lampu modeling LED berwarna (jingga dan putih), yang bisa memancarkan cahaya untuk jangka waktu yang lama. Kecerahan dan suhu warna cahaya dari lampu-lampu ini, dapat disesuaikan tersendiri hingga lima level.

 

Adaptor pantulan dan filter warna

Speedlite EL-1 dilengkapi dengan:
- Bounce adapter (adaptor pantulan), yang mengurangi bayangan yang disebabkan oleh kilatan pantulan, untuk menciptakan penampilan yang lebih wajar, serta
- Dua colour filters (filter warna) yang memungkinkan Anda meratakan suhu warna cahaya apabila melakukan pemotretan di bawah kondisi penerangan yang hangat.

Sudut pantulan ke atas lebih besar

Flash head Speedlite EL-1 bisa dirotasi 120° ke atas, 7° ke bawah, dan 180° ke kiri dan ke kanan. Dengan demikian, cakupan bounce angle (sudut pantulan) ke atas lebih besar daripada cakupan pada Speedlite 600EX II-RT, yang dapat berotasi 90° ke atas.

 

Pengoperasian intuitif dengan joystick

Joystick yang diposisikan tepat di bagian tengah dial, memberikan cara yang intuitif untuk memilih dan mengubah pengaturan. Gerakkan saja untuk memindahkan kursor pada panel tampilan LCD reflektif memory-in-pixel.

Ini dibuat untuk menahan kondisi yang sulit

Penyekatan cuaca pada Speedlite EL-1

Speedlite EL-1 memiliki level ketahanan yang tinggi terhadap debu dan tetesan air, sebanding dengan EOS-1D X series dengan Speedlite 600EX II-RT. Anda bisa memastikan tanggapan cepat, bahkan dalam suasana hujan, dalam pemandangan atau situasi apa pun.

 

Transmisi nirkabel radio:

Fotografi multi-flash nirkabel dapat dilakukan hingga dengan 15 unit lampu kilat. Jika unit pengirim dan penerima, semuanya adalah Speedlite EL-1, Anda bahkan dapat mengontrol secara nirkabel untuk menembakkan lampu kilat mikro hingga 1/8192. Juga mendukung transmisi nirkabel optik.

Mendukung sinkronisasi tirai kedua sewaktu penembakan nirkabel

Anda dapat menggunakan second curtain sync (sinkronisasi tirai kedua), bahkan ketika menembakkan Speedlite EL-1 dari kamera melalui transmisi nirkabel*. Hal ini pun dapat dilakukan apabila Speedlite EL-1 berfungsi sebagai pengirim dan Speedlite 600EX II-RT/600EX-RT/ 430EX III-RT berfungsi sebagai penerima.

*Kamera memerlukan update firmware untuk Speedlite EL-1

 

Untuk saran dan teknik lainnya mengenai fotografi lampu kilat, bacalah:
Dalam Fokus: Dasar-dasar Fotografi Flash Eksternal

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!