Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Ulasan EF85mm f/1.4L IS USM: Lensa Potret Wajah yang Istimewa untuk Pemotretan Genggam

Dirilis pada bulan Agustus 2017, EF85mm f/1.4L IS USM adalah pilihan yang ideal untuk fotografi potret wajah—kualitas gambarnya yang istimewa ditingkatkan oleh stabilisasi gambar yang terpasang untuk mencegah goyangan kamera. Lihat sendiri dalam ulasan ini dengan sejumlah gambar contoh. (Dilaporkan oleh HARUKI, Model: Airi Tanaka (Promosi Oscar)

Bagian atas lensa Potret

 

Fitur IS Built-in secara efektif mengoreksi goyangan kamera

Lensa telefoto sedang 85mm dari Canon, yang kompatibel dengan kamera full-frame dan ideal untuk fotografi potret wajah, selalu dicintai oleh para fotografer di seluruh dunia. Tambahan terbaru di himpunan EF85mm f/1.4L IS USM – lensa L dengan aperture maksimum f/1.4 dan mekanisme IS (Image Stabilizer) dalam lensa. Ini adalah lensa dudukan EF 85mm keempat dalam jajaran yang dirilis setelah EF85mm f/1.2L USM (sudah dihentikan), EF85mm f/1.8 USM dan EF85mm f/1.2L II USM.

IS built-in adalah salah satu fitur paling signifikan pada EF85mm f/1.4L IS USM, yang merupakan lensa prima 85mm pertama dari Canon yang dilengkapi fitur ini. Sistem IS memberikan efek koreksi yang setara dengan kira-kira empat stop kecepatan rana. Sistem ini, apabila dikombinasikan dengan aperture maksimum f/1.4, membuat lensa ini ideal untuk pemotretan dalam kondisi rendah cahaya. Pengguna tidak perlu meningkatkan kecepatan ISO untuk memastikan pencahayaan yang memadai, dan mereka bisa membidik pada kecepatan rana lambat dengan yakin bahwa goyangan kamera akan dikoreksi.

Bahkan, untuk kualitas gambar yang lebih halus, lensa menggunakan elemen lensa asferis. ASC (Air Sphere Coating) juga digunakan untuk meminimalisasi flare (efek seperti kabut atau asap) dan ghosting (semacam bentuk bayangan yang teramati secara jelas), memastikan bahwa lensa berperforma secara istimewa, bahkan di bawah kondisi cahaya latar.

 

Potret wajah cahaya latar

Potret wajah sering dibidik dalam kondisi cahaya latar. Di bawah kondisi semacam itu, para fotografer sering khawatir mengenai flaring, ghosting, blowout dan kehilangan detail yang berikutnya. Flaring dan ghosting diminimalisasi dan blowout dapat diabaikan dengan EF85mm f/1.4L IS USM, yang juga bisa dibilang sebagai salah satu lensa L paling istimewa dari segi resolusi nyata dan reproduksi detail.

 

Penggambaran secara detail dalam cahaya latar

EOS 5D Mark IV/ EF85mm f/1.4L IS USM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/750 det., EV+0,5)/ ISO 400/ WB: Auto

Difoto dalam cahaya lembut dengan fokus yang menimpa mata, dan orang yang melihatnya seakan ditarik ke dalam dunianya. Pemandangan seperti ini, di mana cahaya menimpa pada rambut sang model dan menyebabkan sorotan cahaya terang, sangat rentan terhadap blowout (ledakan cahaya). Tetapi di sini, setiap helai rambut digambarkan secara jelas, yang menunjukkan resolving power (daya pisah:resolusi) lensa.

 

Lensa ini bagus untuk pemotretan genggam pada waktu yang lama

Pilihan f/1.4 sebagai aperture maksimum untuk EF85mm f/1.4L IS USM mungkin bisa dibilang sebagai pelengkap kedua lensa 85mm, masing-masing untuk f/1.8 dan f/1.2. Melengkapi lensa dengan mekanisme IS, acap kali cenderung menambah berat dan ukuran pada bodi lensa, tetapi EF85mm f/1.4L IS USM beratnya kurang dari 1kg, kira-kira 950g. Desainnya mungkin akan menyenangkan para fotografer: Desain ini memiliki diameter eksternal yang relatif kecil, sehingga lebih mudah untuk memegangnya, membantu mengurangi kelelahan yang dirasakan setelah berjam-jam melakukan pemotretan genggam.

Ulasan foto ini mencermati bagaimana EF85mm f/1.4L IS USM berperforma dalam genre fotografi potret wajah. Namun demikian, lensa telefoto sedang, dibekali dengan fitur IS yang dahsyat, seperti yang ini, juga membantu memperlebar cakupan fotografi dalam genre lainnya, misalnya, fotografi jalanan dan lanskap. Para fotografer juga akan senang pada bokeh nan membuai, yang pasti memperkaya ekspresi fotografis.

Potret seluruh tubuh

EOS 5D Mark IV/ EF85mm f/1.4L IS USM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/350 det., EV+0,5)/ ISO 100/ WB: Auto

Cahaya digambarkan secara jelas dan indah dalam bidikan ini, seolah-olah udara jernih terperangkap dalam foto. Efek ini, disandingkan dengan bokeh latar belakang yang menawan, akan lebih menghaluskan transparansi nada kulit subjek.

 

Potret wajah closeup

EOS 5D Mark IV/ EF85mm f/1.4L IS USM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/60 det., EV+0,5)/ ISO 100/ WB: Auto

Ditangkap pada jarak pemfokusan terdekat, 85cm, lensa ini juga bagus untuk bidikan closeup subjek potret wajah. Yang khususnya perlu dicatat yaitu, bokeh nan membuai di latar belakang, yang menciptakan keseimbangan yang tenteram pada sang model.

 

Potret wajah di malam hari dengan bokeh di latar belakang

EOS 5D Mark IV/ EF85mm f/1.4L IS USM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/10 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto

Dibidik di jalan pada malam hari, lensa ini menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam koreksi aberasi dengan keburaman warna yang dapat diabaikan. Area dalam fokus pada aperture maksimum juga dituntaskan secara tajam, sementara bokeh yang menawan diciptakan di area yang tidak berada dalam fokus.

*Model purwarupa digunakan untuk ulasan foto, yang mungkin berbeda pada penampilan dan kualitas gambar dari produk yang sesungguhnya.

 

Untuk informasi selengkapnya mengenai pembuatan lensa ini, bacalah wawancara kami dengan para pengembangnya:
EF85mm f/1.4L IS USM: Wawancara dengan Pengembang (1)
EF85mm f/1.4L IS USM: Wawancara dengan Pengembang (2)

Untuk saran lainnya mengenai fotografi potret wajah, bacalah artikel berikut ini:
Bagaimana Menangkap Potret Wajah Dengan Bokeh Latar Belakang Dalam Kondisi Cahaya Latar?
Langkah demi Langkah: Menangkap Potret Dramatis Menggunakan Cahaya Latar dari Cahaya Latar Jendela
Fotografi Potret Wajah: 3 Pengaturan Aperture yang Menjadi Favorit Para Fotografer Profesional
4 Langkah untuk Menangkap Potret Wajah Berpenampilan Lembut dan Membuai

 

SPESIFIKASI

Konstruksi lensa: 14 lensa dalam 10 grup
Jumlah aperture blade: 9 (aperture lingkaran)
Jarak pemfokusan terdekat: 0,85m
Pembesaran maks.: kira-kira 0,12x
Diameter filter: φ77mm
Ukuran: kira-kira φ88,6mm×105,4mm
Bobot: kira-kira 950g

 

Diagram konstruksi lensa

Konstruksi lensa

A: Elemen lensa asferis

 

Lens Hood ET-83E

Lens hood (Tudung lensa): ET-83E (dilengkapi dengan lensa)

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Haruki

Haruki

Lahir pada tahun 1959 di Hiroshima, Haruki adalah seorang fotografer dan visual director. Ia lulus dari Faculty of Fine Arts, Kyushu Sangyo University, dan aktivitas utamanya berkaitan dengan karya potret untuk media, termasuk iklan, majalah dan musik.