LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Warna Lanskap: Saat Rona Merah Jambu Senja Berbaur dengan Birunya Malam

Menjelang matahari terbenam, saat rona merah jambu dari sinar larut senja berbaur dengan sinar biru yang hadir menjelang malam. Bagaimana Anda dapat menangkap pemandangan semacam itu? Seperti yang diperlihatkan oleh fotografer lanskap, Noriko Kita kepada kita, ada cara lain untuk menangkap suasana langit dan bumi selain teknik komposisi split atau aturan segitiga. (Dilaporkan oleh: Noriko Kita, Digital Camera Magazine)

Ini adalah bagian dari rangkaian artikel di mana fotografer lanskap berbagi tentang cara mereka mendekati suatu pemandangan dan menyusun, memotret, serta melakukan pasca-proses gambar mereka untuk menonjolkan keindahan warna pemandangan.

EOS 5DS R/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 400mm/ Manual exposure (f/16, 2 det.)/ ISO 200/ WB: Daylight (M4)
Perlengkapan lainnya: PL Filter
Lokasi: Watarase Yusuichi Retarding Basin (Versi Inggris), Prefektur Tochigi, Jepang

 

Kisah di balik pemandangan

Lahan basah tempat saya memotret gambar ini dipenuhi dengan pepohonan kering yang masih berdiri di dalam lumpur. Saat itu hari berawan, dan saya tidak yakin apakah akan ada saat ketika awan akan menguak sedikit, cukup untuk ditembus oleh berkas sinar matahari. Syukurlah, awan pun menguak, pas 20 menit sebelum matahari terbenam, dan sinar matahari mengubah semua awan menjadi merah jambu.

Langit senja berwarna merah jambu ini terpantul di permukaan air, dan saya ingin memamerkannya dengan menggunakan pepohonan kering sebagai daya tarik visual.

 

Cara mendapatkan warna biru: Bidik saat matahari berada di bawah cakrawala

Bagian tanah yang lebih kering tampak biru karena berada di tempat teduh. Perbedaan suhu warna antara bayangan yang lebih sejuk dan sorotan cahaya yang lebih hangat, menghasilkan area yang teduh menjadi biru.

Waktu pemotretan sangat penting untuk ini. Saya membidik setelah matahari terbenam di bawah cakrawala sehingga tidak ada sinar matahari yang langsung menyinari tanah. Jangan menunggu terlalu lama—Anda juga ingin menyaksikan pergolakan terakhir matahari terbenam, saat langit berubah menjadi merah jambu!


Apa yang terjadi saat matahari berada di atas cakrawala

Saat sinar senja menyinari bumi, lumpur tampak berwarna kuning keemasan.

 

Komposisi: Komposisi kurva-S untuk memastikan keseimbangan warna terbaik

Untuk mencapai keseimbangan antara rona merah jambu dan biru, saya memanfaatkan bagian rawa di mana air dan sinar senja terpantul di dalamnya, membentuk bentuk huruf 'S' merah jambu. Komposisi kurva-S juga menambahkan kedalaman ke gambar.

Kurva 'S' yang terciptakan oleh air, secara indah menautkan separuh bagian bawah gambar, yang memiliki lebih banyak air (warna merah jambu), dengan bagian atas gambar, yang memiliki lebih banyak daratan (warna biru).


Kemungkinan lain: Aksen merah jambu

Juga dimungkinkan untuk menggunakan warna merah jambu (pink) sebagai aksen pada tanah warna biru, seperti yang saya lakukan pada gambar di bawah ini:

Dalam hal ini, komposisinya terdiri atas warna biru yang lebih banyak.


Saran: Waspadai gangguan latar depan

Tempat pemotretan ini biasanya sulit dimasuki karena dipenuhi alang-alang. Alang-alang ini dibakar setiap tahun di bulan Maret untuk mengosongkan lahan, dan gambar di atas diambil saat saya berkunjung lagi, tak lama setelah itu. Namun demikian, alang-alang yang terbakar masih terlihat, dan dapat menjadi pengalih perhatian:

Alang-alang yang terbakar di latar depan berpotensi mengganggu.


Saran: Panjang fokus yang panjang, juga membantu

Menggunakan panjang fokus super telephoto memungkinkan saya untuk mendekati bagian yang paling berdampak pada pemandangan, memastikan keseimbangan terbaik antara biru dan merah jambu yang dramatis dan siluet pohon kering.

 

Cari tahu bagaimana fotografer lain memanfaatkan langit merah jambu yang lebih penuh dalam artikel:
Warna Lanskap: Menyusun Bentangan Laut Pink & Purple (Merah Muda & Ungu) nan Romantis

Pelajari beberapa cara kreatif untuk menggabungkan warna merah jambu (atau warna lain!) ke dalam bidikan Anda dalam artikel:
Seni Rana Lambat: 2 Gagasan untuk Membuat Bidikan Panning Menjadi Lebih Menarik
Cara Menciptakan Potret Wajah Berwarna-warninan Membuai

Teknik fotografi lanskap unik lainnya dalam artikel:
Fotografi Lanskap Minimalis dengan Bentangan Langit
Metode Matrix: Cara yang Sistematis untuk Menambahkan Variasi ke Bidikan Anda
3 Siasat Situasional oleh Fotografer Sigap-Tanggap
2 Kiat Fotografi Lanskap yang Langsung Mengubah Penampilan Gambar di Tempat Pemotretan

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation