Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Menciptakan Potret Wajah Berwarna-warninan Membuai

Menurut Anda, apakah warna potret perlu ditambah? Satu teknik umum yaitu menggunakan bebungaan dengan rona warna yang jelas untuk menciptakan bokeh latar belakang yang kuat. (Dilaporkan oleh: Yuriko Omura, model: Tomoka Kanazawa (Oscar Promotion))

Efek “filter merah Muda” dengan bunga serba merah jambu, berubah menjadi bokeh warna merah jambu nan membuai

EOS 6D Mark II/ EF85mm f/1.2L II USM/ Manual exposure (f/1.2, 1/1.250 det.)/ ISO 400/ WB: Cloudy

Warna merah jambu yang cantik pada potret wajah ini berasal dari crape myrtle blossoms (bunga sakura merah jambu) yang ada di lokasi pemotretan saya. Saya sangat menyukai warnanya sehingga memutuskan untuk menciptakan filter warna merah jambu dari bunga itu. Hasil akhir ternyata sang subjek terlihat seakan sedang berdiri di tengah gumpalan awan lembut warna merah jambu.

 

Apa yang digunakan: Lensa cepat; sebaiknya lensa prima telefoto sedang

Untuk menciptakan efek bokeh yang kuat pada bebungaan, gunakanlah fast lens (lensa cepat) yang mampu melakukan bukaan diafragma besar untuk depth-of-field yang dangkal. Lensa telefoto memang bagus, tetapi Anda tentu tidak ingin berdiri terlalu jauh dari sang model, jadi sebaiknya jangan gunakan lensa yang terlalu panjang. Lensa prima telefoto sedang, seperti lensa EF85mm Canon (diulas di sini dan di sini), adalah lensa yang ideal.

P.S: Jika Anda sedang menggunakan, atau bermaksud membeli EOS R /EOS RP, Canon bermaksud merilis dua lensa prima RF85mm pada paruh ke-2 tahun 2019.

 

1. Cek posisi bokeh pada gambar Live View

Fotografer mengecek gambar Live View

Untuk menciptakan buram yang signifikan pada bunga sakura, saya memajukan lensa begitu dekat sehingga hampir menyentuh bunganya. Saya menggunakan gambar Live View untuk mengecek posisi dan volume bokehnya.

 

Periksa dan hindari hal berikut ini: Bokeh latar depan yang diposisikan secara tidak bagus

Bidik dengan bokeh hanya di bagian pinggir

Ada sebagian bokeh di latar depan pinggir kanan dari bidikan gagal ini, tetapi subjek potret wajah terlalu tajam untuk menyampaikan kesan hening nan membuai. Selain itu, bokeh di latar depan tidak cukup dekat ke subjek, yang menghasilkan komposisi dengan keseimbangan yang buruk.

 

2. Pilih tempat dengan tumbuhan bunga yang sangat rimbun

Jarak pemotretan dari subjek

Saya minta subjek potret berada sedekat mungkin ke rimbunan bunga supaya efek bokeh depan dan belakang dapat dengan mudah terciptakan.

 

Periksa dan hindari hal berikut ini: Terlalu banyak warna putih, ruang kosong

Terlalu banyak warna putih, ruang kosong

Subjek potret berdiri di tempat yang hanya ada segelintir bunga sakura akan membuat komposisi terlihat kosong dalam bidikan ini Selain itu, apabila Anda membidik pada cahaya latar, langit tampak putih, yang menciptakan ruang kosong yang mengganggu. Meskipun bokeh latar depan memang penting, namun jangan mengabaikan latar belakang!

 

Saran: Memfungsikan Face + Tracking AF

Bidikan layar Face + Tracking AF mode

Apabila membuat potret wajah subjek dengan menggunakan fungsi Live View, tetapkan kamera ke Face + Tracking AF. Kamera akan secara otomatis mendeteksi wajah subjek dan tetapkan fokus padanya.

 

Saran akhir

- Jangan ragu. Membuat efek bokeh yang membuai seindah mungkin. Itu akan membuat penampilan gambar akhir berbeda secara dramatis. (Perlu bantuan? Baca artikel Dasar-Dasar Lensa #3: Menciptakan Bokeh)

- Gunakan warna serba-hangat untuk bunga. Bunga dengan warna serba-sejuk dapat membuat subjek potret wajah terlihat pucat seperti orang sedang sakit, khususnya jika bunga saling tumpang-tindih dengan wajahnya.

- Pilih bunga yang mekar sepenuhnya. Warna cokelat dari bunga yang layu akan membuat efek bokeh terlihat berantakan.

- Pastikan bahwa komposisi Anda seimbang dengan bokeh latar depan dan subjek potretnya. Anda tentu tidak ingin ada terlalu banyak ruang antara bunga, atau wajah subjek yang sepenuhnya tertutupi oleh efek bokeh.

 

 

Ketahui selengkapnya mengenai cara menggunakan bokeh dalam artikel berikut:
Teknik Lampu Kilat #6: Cara Menciptakan Lingkaran Bokeh Ajaib Saat Hujan (menggunakan lampu kilat built-in)
Cara Menciptakan Latar Belakang Berkilau dengan Lingkaran Bokeh untuk Gambar Hiasan yang Cantik
Satu Lokasi, Dua Rupa: Nightscape Abstrak – Tenteram vs. Semarak
Fungsi Kamera yang Berguna untuk Menangkap Bentangan Malam yang Berbeda
Teknik Lensa Makro: Semarakkan Foto Bawah Air Anda dengan Titik Bokeh Latar Depan!

Untuk teknik potret lainnya, buka laman:
5 Teknik Potret Wajah untuk Mengekspresikan Cinta Anda Untuknya

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Yuriko Omura

Yuriko Omura

Lahir pada tahun 1983 di Tokyo. Omura, yang dulu pernah bekerja sebagai asisten toko pada sebuah toko kamera, pada saat ini aktif dalam pembidikan foto artis dan album foto.

http://shutter-girl.jp/