Close
Yang Baru >> All Happenings

EOS RP Baru Canon: Awali Perjalanan Full-Frame Mirrorless Anda Pada Hari ini

Pada tanggal 14 Februari 2018, Canon mengumumkan kehadiran EOS RP. Kamera kedua dalam jajaran kamera mirrorless full-frame EOS R dengan lensa yang dapat dipertukarkan, memadukan dudukan lensa RF dan sistem EOS R lainnya yang berperforma tinggi ke dalam bodi kamera yang lebih kecil dan ringan.  (Dilaporkan oleh: Makoto Suzuki (Digital Camera Watch))
Klik di sini untuk mengetahui selengkapnya mengenai sistem EOS R

 

Dukungan baru untuk pendeteksian mata selama Continuous AF (AF Beruntun)

Satu fitur baru yang bisa menyenangkan para pengguna EOS RP, yaitu penyempurnaan pelacakan mata dari subjek yang bergerak: Meskipun Eye Detection AF (AF Pendeteksian Mata) hanya tersedia dalam mode One Shot AF pada EOS R, namun ini juga akan tersedia dalam mode Servo AF (Continuous AF). (Para pengguna EOS R saat ini, dapat menantikan peningkatan firmware yang menawarkan fungsionalitas yang sama.)

Kecepatan pemotretan beruntun bisa dilaksanakan pada 4 bingkai per detik (fps) dengan pelacakan AF, dan 5 fps dengan AF lock.

Eye Detection AF (AF Pendeteksian Mata), secara default memfokuskan pada bola mata yang lebih dekat ke kamera. Para pengguna dapat mengesampingkan hal ini dengan menggunakan layar sentuh untuk memilih secara manual, mata yang ingin mereka fokuskan.

Area pemfokusan AF meliput hingga 88% × 100% (horizontal × vertikal) bingkai apabila lensa RF dan lensa EF yang kompatibel dipasang. (Untuk lensa lainnya, liputan area ini adalah 80% ×80%). Pemfokusan pada f/11 didukung pada seluruh area. Juga sangat leluasa dalam pemilihan bingkai AF yang tersedia hingga 4.779 posisi AF.

 

EOS RP tampak depan

 

EOS RP tampak belakang
EOS RP tampak kiri, tampak kanan
 
EOS RP atas
EOS RP bawah

 

Mudah membuat film pendek, dukungan untuk output HDMI 4K

EOS RP dilengkapi DIGIC 8 image processor, kisaran kecepatan ISO dari ISO 100 – 40.000 (diperluas hingga ISO 50 – 102.400), Dual Pixel CMOS AF system dan in-camera Digital Lens Optimizer. Kamera ini juga dilengkapi mode Silent (Senyap) yang menggunakan electronic shutter (rana elektronik) bukan mechanical shutter (rana mekanis), sehingga penggunanya dapat membidik secara senyap.

Format perekaman film dan laju bingkai termasuk 4K UHD* pada 24p/25p, serta Full HD pada 60p/50p. Fungsi video snap memungkinkan penggunanya dengan mudah merekam klip video pendek selama 4, 6 dan 8 detik dalam Full HD 30p/25p. Dukungan untuk output HDMI 4K (di YCC 4:2:2 8-bit signal) memungkinkan cuplikan film 4K untuk direkam pada perangkat eksternal.

*Dicapai melalui pemrosesan

 

Fungsi Focus Bracketing Baru untuk depth-of-field yang lebih luas

Fungsi baru lainnya pada EOS RP yaitu Focus Bracketing, yaitu saat kamera secara otomatis mengambil serangkaian bidikan beruntun dengan jarak titik fokus yang berbeda-beda. Setelah pasca-proses dengan perangkat lunak Digital Photo Professional, bidikan ini dapat disintesiskan ke dalam satu gambar dengan depth-of-field yang luas (=dalam), dan seluruh gambar berada dalam fokus, dari latar depan sampai ke belakang pemandangan.

 

Layar Vari-angle EOS RP

Spesifikasi lainnya
- EVF: 2,36 juta titik dengan kira-kira 0,7x perbesaran
- Monitor LCD: 3,0 inci, 1,04-juta titik, layar sentuh Vari-angle
- Paket baterai: LP-E17. Kemampuan kira-kira 210 bidikan (EVF)/250 bidikan (LCD)
- Konektivitas jaringan: Wi-Fi/Bluetooth hemat energi
- Memory media: Kartu SDXC/SDHC/SD (UHS-II compatible)
- Dimensi eksternal (P × L × T): 132,4 × 85,0 × 70,0mm
- Berat: 485g (termasuk baterai, kartu memori)/440g (hanya bodi)

Paket baterai bisa diisi melalui USB (USB 2.0/Type-C) menggunakan USB Power Adapter PD-E1 (dijual secara terpisah)

 

EOS RP dengan RF35mm f/1.8 Macro IS STM

EOS RP + RF35mm f/1.8 Macro IS STM

EOS RP dengan RF24mm f/4L IS USM

EOS RP + RF24-105mm f/4L IS USM

 

Asal mula “P” dalam “EOS RP”

“P” dalam nama produk berasal dari Canon P (“Populaire”) (Versi Inggris), kamera rangefinder yang diperkenalkan pada tahun 1959. Dengan sejumlah fitur yang dianggap canggih pada waktu itu, misalnya perbesaran viewfinder x1, rana dari baja tahan karat dan kemampuan untuk mencapai kecepatan rana hingga 1/1.000 per detik, Canon P adalah kamera canggih dengan harga terjangkau oleh banyak kalangan—getaran gambar dengan EOS RP.

Canon P

Canon P (Populaire), yang dirilis pada tahun 1959.

 

Extension grip (perpanjangan pegangan) opsional memastikan genggaman yang lebih erat.

EOS RP dengan Extension Grip EG-E1

EOS RP dengan Extension Grip EG-E1

 

Extension Grip EG-E1

Extension Grip EG-E1

 

Bagi pengguna yang menginginkan pegangan yang lebih mantap pada kamera, khususnya mereka yang memiliki tangan besar, pegangan opsional, Extension Grip EG-E1, juga tersedia untuk memperpanjang ketinggian pegangan kamera. Perlengkapan ini dipasang di bagian alas kamera EOS RP, sehingga lebih mudah memegang dan menunjang kamera secara mantap, khususnya ketika menggunakan lensa telefoto. Anda juga dapat mengisi baterai dan kartu SD atau menggunakan tripod, bahkan ketika sambungan pegangan dipasang ke kamera.

Dimensi eksternal Extension Grip EG-E1 (P × L × T): 132,8 × 22,2 × 59,3mm
Berat: kira-kira 86g

 

Canon akan merilis 6 lensa RF pada paruh ke-2 tahun 2019

Selain EOS RP, Canon juga mengumumkan bahwa 6 lensa RF baru pada saat ini sedang dalam pengembangan.

RF24-240mm f/4-6.3 IS USM

RF24-240mm f/4-6.3 IS USM
sebuah lensa superzoom yang ringkas, ringan dan sangat serbaguna, ideal fotografi jalanan dan perjalanan.

RF15-35mm f/2.8L IS USM

RF15-35mm f/2.8L IS USM
Sebuah lensa zoom sudut ultra lebar yang istimewa untuk pemotretan lanskap megah dalam situasi yang kondisinya padat dan sempit.

 
RF24-70mm f/2.8L IS USM

RF24-70mm f/2.8L IS USM
Dudukan RF versi lensa zoom standar serbaguna yang prima dari Canon, mampu menangani beragam genre, termasuk lanskap alam, potret wajah dan pernikahan.

RF70-200mm f/2.8L IS USM

RF70-200mm f/2.8L IS USM
Dudukan RF versi lensa zoom telefoto paling dipuji dari Canon, dilengkapi dengan bodi yang secara signifikan lebih kecil agar lebih mudah dibawa ke mana saja. Ideal untuk fotografi olahraga, pernikahan, kehidupan alam liar dan bahkan, lanskap.

 
RF85mm f/1.2L USM

RF85mm f/1.2L USM
Dudukan versi dudukan RF dari salah satu lensa telefoto sedang aperture besar performa tinggi dari Canon yang paling disukai. Ideal untuk fotografi potret wajah dan produk.

RF85mm f/1.2L USM DS

RF85mm f/1.2L USM DS
Lensa telefoto sedang yang sama-sama memiliki performa keseluruhan yang tinggi, dan spesifikasi RF85mm f/1.2L USM, serta dilengkapi teknologi lapisan Defocus Smoothing (DS) baru, yang menjanjikan bokeh yang lebih baik.

 

Meskipun detail lebih lanjut mengenai spesifikasi lensa ini belum tersedia, namun lensa ini diperkirakan akan dirilis pada paruh kedua tahun 2019.

 

Ketahui lebih lanjut mengenai EOS RP di sini:
EOS RP: Menata Kembali Potensi Anda

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!