Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Lanskap Jendela Pesawat Terbang: Efek Grafis Warna-Warni

Kursi dekat jendela di pesawat terbang bisa menjadi tempat pemotretan yang sempurna, khususnya jika pemandangan Anda tidak terhalangi oleh sayap pesawat. Beginilah cara Anda dapat membuat bidikan Anda menjadi unik hanya dengan bantuan satu filter polarisasi. (Dilaporkan oleh: Chikako Yagi, Digital Camera Magazine)

Pulau berwarna pelangi dan gumpalan awan dari sudut tinggi

EOS 5D Mark IV/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 28mm/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/800 det., EV-0,3)/ ISO 200/ WB: Auto/ Dengan filter PL

Saya membidik gambar di atas dalam cahaya latar, karena pesawat yang saya tumpangi dari Bandara Haneda Tokyo terbang merendah di atas Pulau Hachijo-jima. Lensa saya memiliki filter polarisasi (filter PL) yang sudah terpasang, dan saya menaruhnya dekat ke jendela pesawat, lalu memutarnya sampai warna pelangi muncul. Hal ini membuat gambar yang dihasilkan terlihat seperti grafis.

Perlengkapan/pengaturan penting
- Filter polarisasi
- Lensa zoom (agar mudah menangani pemandangan yang sering berubah)
- Kecepatan rana: Sekitar 1/800 detik (Perlu cepat untuk mencegah keburaman yang disebabkan oleh pergerakan pesawat)


Bagaimana saya menghasilkan bidikan ini

Diagram pemotretan fotografer dari kursi dekat jendela

Saya beruntung mendapatkan kursi dekat jendela yang terletak di bagian depan sayap pesawat. Saat pulau terlihat dan pesawat bersiap mendarat, saya meletakkan lensa saya sedekat mungkin ke jendela, dan membingkai gambar untuk hanya menangkap awan, laut dan pulau.  

Saran: Putar filter PL untuk menyesuaikan efek
Memutar filter PL akan mengubah jumlah pantulan cahaya yang diblokir oleh filter, yang juga mengubah penampilan efek pelangi.


Bagaimana hal itu terjadi?
Sebagian besar jendela kabin pesawat terbang terbuat dari akrilik yang diolah secara khusus, yang mengurangi sinar UV dan memberikan tingkat keteduhan tertentu. Apabila Anda membidik permukaan pemantulan (seperti laut atau awan) melalui jendela pada cahaya latar menggunakan filter PL, pantulan cahaya berinteraksi dengan akrilik khusus dan filter PL, menambahkan warna-warni, rona warna pelangi ke pemandangan. 

Tanpa filter PL

Bidikan normal pada pulau dan awan

Tanpa filter PL, tidak ada cara apa pun untuk berinteraksi dengan cahaya yang dipantulkan dari jendela dan laut. Hasil bidikannya sama seperti yang dilihat secara kasat mata.


Anda hanya perlu permukaan pemantulan di luar!

Area Teluk Tokyo dengan rona warna pelangi

Bidikan di atas menunjukkan bangunan perkotaan Tokyo dekat Bandara Haneda. Menggunakan filter PL akan mengubah awan, permukaan air dan permukaan pemantulan apa pun di luar, menghasilkan warna pelangi dengan efek yang terlihat bagaikan dalam impian.

 

Saran: Ingin bidikan yang lebih bagus? Lakukan penelitian sebelumnya
Selama penerbangan, arah penerangan dan pemandangan di luar akan terus berubah, jadi sebaiknya mengecek rute penerbangan dan posisi matahari terlebih dahulu. Paling tidak, Anda akan tahu, pada sisi pesawat manakah Anda harus duduk untuk mendapatkan penerangan dan pemandangan terbaik.

 

Berikut ini sebagian efek artistik lainnya yang bisa Anda coba, hanya dengan kamera Anda:
Seni Shutter Lambat: Menciptakan Lingkaran Buram Surealis
Cara Menciptakan Potret Wajah Berwarna-warninan Membuai

Tertarik dalam fotografi udara? Baca sejumlah saran ini dan wawancara dengan para fotografer udara:
Fotografi Udara: 2 Saran untuk Menaklukkan Angin
Daya Pikat Fotografi Udara: Menangkap Lanskap yang Tak Terduga di Bawah Kondisi yang Menantang
Memotret dari Sudut Pandang Bird’s Eye (Ketinggian)

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Chikako Yagi

Chikako Yagi

Chikako Yagi baru berusia dua puluh tahun ketika ia mulai mengajar dirinya tentang fotografi dengan menggunakan kamera SLR film. Ia meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk menjadi fotografer lanskap purna waktu pada tahun 2016. Ia magang pada fotografer terkenal, seperti Kiyoshi Tatsuno dan Tomotaro Ema, ia adalah anggota Shizensou Club, yang didirikan oleh salah satu mantan fotografer lanskap paling terkenal dari klub ini. Pada tahun 2013, ia dipilih sebagai salah satu dari 10 Fotografer Top Tokyo Camera Club.

www.chikakoyagi.com
Instagram: @chikako_yagi