Produk

Menggunakan Filter Polarisasi untuk Menggambarkan Langit dalam Nuansa Biru yang Lebih Pekat

Apabila warna langit terlihat membosankan, ini akan tampak biru samar-samar dengan kontras rendah. Dalam kasus semacam itu, filter polarisasi, atau disingkat filter PL, akan membantu membuat langit tampak biru yang lebih pekat. Kunci keberhasilan penggambaran warna yang lebih pekat adalah, arah yang dihadapi kamera, dan rotasi filter PL. Dalam artikel ini, kami menggunakan bidikan contoh, menggunakan EOS 750D yang dipasangkan dengan lensa EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

Bidikan contoh dengan EOS 750D

EOS 750D/ EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM/ FL: 15mm (setara 24mm)/ Aperture-priority AE (f/8, 1/320 det.)/ ISO 400/ WB: Auto

 

Putar filter PL untuk menonjolkan efek yang diinginkan

Diagram prosedur pemotretan

*Prosedur Pemotretan
A: Pasangkan filter PL ke lensa.
B: Memotret dengan cahaya langsung.
C: Rotasi filter PL dan cek hasilnya untuk mengetahui apakah Anda sudah mendapatkan efek yang diinginkan.

 

Filter PL menghilangkan cahaya pantulan yang tidak perlu dan menonjolkan polesan akhir warna-warni dengan kontras yang tinggi. Dengan menggunakan filter ini untuk menangkap langit biru, Anda akan dapat menggambarkan langit dalam nuansa biru yang lebih pekat.

Untuk menggunakan filter PL, pasangkan filter ke bagian depan lensa. Pilih filter yang sesuai dengan diameter lensa, lalu putar filter dalam uliran sekrup untuk mengencangkan sekrup filter di tempatnya.

Selama Anda membidik, pilih sumber cahaya langsung sewaktu menyusun gambar Anda, dan sesuaikan efek filter. Filter PL memiliki 2 lapisan, dan Anda bisa menciptakan efek yang lebih kuat atau lemah dengan memutar bingkai di bagian depan. Dengan demikian, langit biru akan digambarkan dalam nuansa yang lebih pekat atau terang, dan Anda bisa menggunakan Live View atau viewfinder untuk menemukan sudut yang menghasilkan nuansa biru yang paling pekat.

Karena filter PL membatasi cahaya insiden, kecepatan rana akan melambat. Hasilnya, kemungkinan besar subjek akan menjadi buram apabila menangkap objek yang bergerak. Oleh karenanya, untuk pemotretan genggam, waspada terhadap goyangan kamera. Jika perlu, Anda bisa mengatasi ini dengan meningkatkan ISO speed untuk membuat shutter speed lebih pesat.

 

Tekan tombol [ISO] untuk mengubah kecepatan ISO.

 

Diambil tanpa menggunakan filter PL

Diambil tanpa menggunakan filter PL
Dibandingkan dengan gambar di atas, Anda bisa melihat bahwa kontrasnya rendah dan nuansa biru lebih terang.

 

Saran: Gunakan filter PL dalam cahaya langsung

Tergantung pada jenis cahaya yang Anda gunakan, efek yang dihasilkan oleh filter PL akan berbeda. Jika ingin menangkap langit dalam nuansa biru yang lebih pekat, hadapkan punggung Anda ke matahari untuk membidik dalam cahaya langsung. Efek filter PL terkuat apabila membidik langit pada sudut 90 derajat dari matahari. Oleh karena itu, apabila matahari sedang berada pada posisi tinggi di langit, efeknya lebih jelas jika Anda membidik langit dekat cakrawala. Apabila matahari berada rendah di langit, maka, akan lebih efektif membidik langit secara langsung di atas kepala. Ingatlah bahwa filter PL tidak akan banyak efeknya jika digunakan dengan cahaya latar.

 

Contoh yang bagus: Langit tampak bernuansa biru yang lebih pekat apabila ditangkap dalam cahaya langsung

Contoh yang bagus: Langit tampak bernuansa biru yang lebih pekat apabila ditangkap dalam cahaya langsung

Contoh negatif: Filter tidak memiliki efek apabila memotret di cahaya latar

Contoh negatif: Filter tidak memiliki efek apabila memotret di cahaya latar
 

Kiri: EOS 750D/ EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM/ FL: 13mm (setara 21mm)/ Aperture-Priority AE (f/8, 1/60 det., EV+1)/ ISO 200/ WB: Auto
Untuk menonjolkan efek filter PL secara memadai, temukan lokasi di mana Anda bisa membidik subjek dalam cahaya langsung. Dengan cara ini, Anda bisa menangkap penggambaran yang lebih hidup sekaligus menegaskan kebiruan langit.

Kanan: EOS 750D/ EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM/ FL: 16mm (setara 26mm)/ Aperture-Priority AE (f/8, 1/200 det., EV+0,7)/ ISO 200/ WB: Auto
Semakin dekat Anda mengarahkan kamera ke matahari, semakin lemah efek filter PL. Dengan cahaya latar seperti ini, filter PL nyaris tidak memiliki efek.

 

Untuk memasangkan filter PL, rotasi dan pasangkan pada ulir sekrup di bagian depan lensa.

Untuk memasangkan filter PL, rotasi dan pasangkan pada ulir sekrup di bagian depan lensa. Bingkai depan bisa dirotasi 360 derajat, dengan efek yang berubah kurang-lebih 90 derajat. Setelah mengonfirmasi sudut mana yang paling efektif, Anda bisa secara halus menyesuaikan sudut untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

 

Filter PL yang direkomendasikan

 

Circular polarizing filter PL-C B

Circular polarizing filter PL-C B
Filter tersedia dalam diameter diameter 52mm, 58mm, 67mm, 72mm, 77mm, dan 82mm. Anda juga bisa memasangkan tudung lensa di bagian atas filter.

 

Untuk bidikan gambar lainnya yang dibidik dengan EOS 750, bacalah artikel ini:
Ulasan Foto EOS 760D dan EOS 750D

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara memotret dengan filter, bacalah:
Menggunakan Filter Lensa: 2 Teknik dari Fotografer Profesional

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Teppei Kohno

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2003. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.