LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

[Teknik 2-Cahaya] Cara Sederhana untuk Pantulan Lengkung Cahaya

Plastik mengkilap dan benda yang reflektif lainnya dapat menjadi tantangan untuk difoto, terutama jika Anda mencoba mengontrol bagaimana berbagai benda tersebut disinari. Baca terus untuk mengetahui satu cara untuk meneranginya dengan menggunakan pencahayaan di luar kamera. (Tutorial dan gambar oleh: Chee Boon Pin)

EOS R/ EF50mm f/1.2L USM@ f/4, 1/60 det., ISO 100
Cahaya: 2 x Speedlite EL-1 (di luar kamera) pada 1/64

1) Menilai subjeknya
2) Penyiapan
3) Prosedur (Langkah 1-3)
4) Mengetahui perlengkapan Anda

 

Sebelum membidik: Menilai subjeknya

Subjek yang berbeda memiliki sifat yang berlainan, yang akan memengaruhi cara Anda membidiknya. Inilah yang saya pertimbangkan:
- Apakah permukaan subjek transparan, tembus pandang, matte atau memantulkan cahaya seperti sebilah cermin?
- Bentuk seperti apa yang dimiliki subjek? Apakah datar, apakah bulat, cekung atau cembung?
- Sudut seperti apa atau bagian/detail apa dari subjek yang ingin Anda soroti?
- Berapakah ukuran subjek dalam kaitannya dengan ruang yang Anda miliki untuk melakukan pemotretan?
- Latar belakang seperti apa yang ingin Anda bidik?


Inilah subjek kami untuk artikel ini, dibidik dengan lampu kilat secara frontal:

Subjek memiliki permukaan yang mengkilap dan melengkung. Permukaan seperti itu menantang, karena mudah memantulkan lingkungan serta pencahayaan yang kesasar. Malahan, Anda dapat melihat bagaimana menggunakan lampu kilat langsung pada kamera tidak membuat subjek kita terlihat lebih bagus—lampu kilat dipantulkan dalam banyak titik pencahayaan di atasnya.

 

Penyiapan

Yang Anda perlukan

2 lampu kilat di luar kamera (atau 1 lampu kilat, satu lampu LED)
A: Cahaya latar belakang
B: Cahaya kunci (cahaya utama)

C: Speedlite Transmitter ST-E3-RT, agar Anda dapat menembakkan lampu kilat di luar kamera.
(Alternatif: Lampu kilat yang mendukung fungsi pengirim*)
D: Latar belakang putih
E: Kain penebar cahaya untuk menyebarkan cahaya atas, diposisikan langsung di atas subjek.
- Ini bisa berupa kain putih tipis apa pun. Ini memastikan bahwa cahaya menyebar ke area yang lebih luas, dan juga mencegah detail plafon dipantulkan ke subjek.

*Informasi selengkapnya mengenai fungsi pengirim/penerima dalam ‘Mengetahui perlengkapan Anda’.

 

Langkah 1: Siapkan lampu latar

Setelah menyiapkan kain penebaran di atas subjek, hal pertama yang saya siapkan adalah cahaya latar belakang. Cahaya ini harus diarahkan ke latar belakang di balik subjek.

Karena bentuk subjek (bulat/melengkung), subjek dapat dengan mudah memantulkan cahaya/ruang di sekitarnya. Cahaya latar belakang 'tumpah' ke subjek, menjadi pencahayaan tepi. Saya merasa bahwa ini melengkapi subjek, memberinya volume.

 

Langkah 2: Tambah cahaya utama

Berikutnya, saya menambahkan cahaya di atas kepala yang berfungsi sebagai cahaya utama. Kain penebar memperlunak cahaya utama, khususnya karena saya tidak menggunakan alat pengubah apa pun pada lampu kilat tanpa penutup. Bayangan di bawah subjek memiliki bagian tepi yang halus dan tidak menciptakan bayangan yang sangat mengganggu.

Produk jadi:

Efek ini tercapai dengan kedua lampu kilat pada sekitar 1/64 pada Speedlite EL-1.


Memodifikasi sudut pencahayaan

Cobalah untuk memahami di mana atau bagaimana cahaya mengenai subjek Anda dan memantul ke kamera Anda. Jika Anda membutuhkan cahaya utama yang lebih lembut, geserkan subjek menjauh dari pantulan. Anda bahkan dapat mencoba memantulkan cahaya dari plafon. Jika pantulan tidak dapat dihindari, pelajari cara menggunakannya untuk membantu menonjolkan bentuk subjek.


Alternatif: Jika Anda hanya memiliki satu lampu kilat di luar kamera dan yang lainnya adalah cahaya beruntun…

Gunakan lampu kilat sebagai cahaya utama, dan cahaya beruntun sebagai cahaya latar belakang. Hal itu karena cahaya utama Anda harus lebih dahsyat, dan apabila dapat menyesuaikan kepala lampu kilat seperlunya, hal itu akan membantu. Jika sumber cahaya beruntun tidak cukup kuat, gunakan kecepatan rana yang lebih lambat untuk mendapatkan latar belakang yang lebih cerah.

 

Langkah 3: Padamkan cahaya sekitar

Lampu sekitar dapat menimbulkan pantulan yang tidak diinginkan atau cahaya warna/suhu campuran ke subjek atau latar belakang. Setelah penyiapan Anda selesai, matikan semua lampu di ruangan-atau sebanyak mungkin. Cahaya yang masuk dari jendela juga penting, jadi ingatlah untuk menutup tirainya!

Jika tidak memungkinkan untuk cukup mengurangi cahaya sekitar, Anda dapat menggelapkannya lebih lanjut dengan meningkatkan kecepatan rana Anda.


Saran:


1. Gunakan cahaya model untuk membantu Anda
Canon Speedlites memiliki cahaya model yang membantu Anda untuk melihat subjek serta memahami efek atau arah cahaya pada subjek dan latar belakang. Gunakan ini untuk membantu Anda!

Fakta menarik: Pada Speedlite EL-1 andalan, Anda bahkan dapat menyesuaikan suhu warna dan intensitas cahaya model.


2. Jika Anda menggunakan on-shoe Speedlite sebagai pengirim, ingatlah untuk mematikan penembakan lampu kilat pengirim
Secara default, penembakan lampu kilat biasanya diaktifkan dan pengirim diaktifkan sebagai Grup A. Kita tidak ingin on-shoe Speedlite menembak dari sini, jadi tetapkan penembakan lampu kilat ke 'OFF'. Rujuk ke buku panduan Speedlite untuk petunjuk secara detail.

 

Mengenai perlengkapan: Mengetahui perlengkapan Anda


Perlengkapan apa yang saya perlukan untuk menembakkan lampu kilat di luar kamera?

Selain Speedlite yang ingin Anda tembakkan di luar kamera (dikenal sebagai unit penerima atau pendukung), Anda juga memerlukan unit pengirim (juga dikenal sebagai unit pemicu atau master/pengontrol). Unit pengirim adalah lampu kilat atau pemancar yang terpasang pada kamera yang dapat memicu lampu kilat di luar kamera untuk ditembakkan.

Speedlite Transmitter ST-E3-RT memiliki panel LCD yang memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi dan mengontrol lampu kilat di luar kamera dari jarak jauh. Hal itu memang nyaman saat unit penerima tidak terjangkau, seperti cahaya utama dalam bidikan ini.


Mode transmisi nirkabel: Radio v.s optik

Ada dua cara utama agar unit pengirim dan penerima Canon dapat berkomunikasi secara nirkabel: transmisi optik dan transmisi radio.

Transmisi optik adalah metode transmisi nirkabel orisinal. Ini memerlukan koneksi garis pandang antara unit pengirim dan penerima. Ini berarti bahwa sensor optik unit harus saling berhadapan, dan penghalang (termasuk sumber cahaya kuat lainnya) dapat memengaruhi komunikasi. 

Transmisi radio adalah metode transmisi yang lebih baru dan lebih andal. Metode ini memungkinkan unit pengirim dan penerima untuk saling berkomunikasi, meskipun tidak terdapat garis pandang. Metode ini juga memberikan jangkauan komunikasi yang lebih luas (sekitar 30m) dibandingkan dengan transmisi optik.


Berbagai fungsi ini didukung oleh model Speedlite terbaru

Baca juga:
Panduan Cepat Pembeli: Speedlite 600EX II-RT
Panduan Cepat Pembeli: Speedlite 430EX III-RT

 

Pengaturan seperti apa yang harus saya perhatikan ketika saya mengatur penembakan nirkabel?


- Saluran dan ID radio nirkabel
Saluran dan ID radio nirkabel membantu memastikan bahwa dua fotografer yang menembakkan lampu kilat di tempat yang sama, tidak secara sengaja menembakkan peralatan satu sama lain. Pastikan bahwa unit pengirim dan penerima sudah ditetapkan ke saluran yang sama dan memiliki ID yang sama. Kalau tidak, keduanya tidak dapat berkomunikasi.


- Pastikan lampu LINK berwarna hijau 
Hal ini mengindikasikan bahwa unit pengirim dan penerima saling berkomunikasi. Jika lampunya merah, ini mungkin karena saluran dan ID radio nirkabel salah.

- Variasi tingkat lanjut: Ubah kontrol grup penembakan dan lihat apa yang Anda dapatkan
Untuk proyek ini, kedua lampu kilat penerima ditembakkan menggunakan mode dan pengaturan output yang sama. Namun demikian, unit penerima dan pengirim dapat dibagi ke dalam kelompok penembakan yang berbeda dengan mode lampu kilat dan pengaturan output yang berbeda menggunakan mode "Gr". Saat Anda lebih terbiasa dengan fotografi lampu kilat di luar kamera, Anda mungkin ingin bereksperimen dengan ini dan melihat apa yang Anda dapatkan.

 

Baca tutorial fotografi lampu kilat di luar kamera yang selengkapnya dalam artikel:
Cara Menangkap Tetesan Hujan untuk Menciptakan Potret yang Terlihat Surealis
2 Teknik One-Light Sederhana untuk Potret Pernikahan di Siang/Malam Hari yang Mengagumkan

Pelajari selengkapnya mengenai Speedlites dan dasar-dasar fotografi lampu kilat, di sini:
Memulai Fotografi Flash dalam 9 Langkah!
3 Fitur Speedlite yang Mungkin Tidak Anda Ketahui
Apakah E-TTL II Flash Metering itu?

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Chee Boon Pin

Chee Boon Pin

Boon Pin pertama kali memulai fotografi sebagai cara untuk mendokumentasikan hobi dan perjalanannya. Dalam perjalanan yang dilakukan secara terus-menerus untuk menciptakan gambar yang lebih baik, ia berharap dapat menciptakan foto yang akan menyampaikan perasaan dan energi saat itu kepada pemirsa melalui fotografinya. Selain memotret subjek yang berhubungan dengan perjalanan untuk majalah dalam penerbangan, dia juga memotret untuk acara olahraga dan budaya yang dia sukai, karena memicu semangat dan keseruan. Di luar pekerjaan, ia menyumbangkan konten untuk tim bersepeda lokal dan memotret balapan bilamana jadwalnya memungkinkan. Dia mendokumentasikan petualangan pemotretan/bersepeda di bawah proyek “Be Ride Back” yang sedang berlangsung, dan saat ini sedang menunggu perjalanan ke luar negeri untuk kembali normal sehingga dia dapat melanjutkan petualangannya.

Website: http://www.cheebp.com/
Instagram: http://www.instagram.com/cheebp/