Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

5 Hal untuk Mencoba Lensa Telephoto

Panjang fokus di atas 135mm tidak hanya membuat subjek di kejauhan mengisi lebih banyak ruang bingkai—tetapi juga dapat membantu Anda menciptakan efek visual yang unik! Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda coba pada lensa telephoto, atau bahkan mungkin pada ujung panjang lensa superzoom.

 

1. Layer bokeh lights

EOS M10/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM @ 200mm (setara 320mm)
Foto oleh: Sayaka Suzuki

Anda mungkin tahu, bahwa aperture maksimum yang lebih lebar dapat menciptakan efek bokeh besar, tetapi tahukah Anda bahwa panjang fokus pun bisa membantu menyempurnakan bokeh? Cari pohon atau semak-semak yang memantulkan cahaya dari dedaunan. Arahkan lensa telephoto ke sini. Fokus pada latar depan, dan saksikan keajaibannya. Variasikan sudut, bidang fokus dan jarak dari subjek serta latar belakang akan memberikan hasil yang berbeda!

Pelajari lebih lanjut mengenai cara memperoleh bidikan ini

Saran: Untuk hasil yang bahkan lebih baik, gunakan fokus yang lebih panjang dan mendekat ke sumber cahaya. Artikel ini menguraikan bagaimana fotografer yang lain menggunakan lensa zoom super telephoto 100-400mm untuk mengambil gambar lampu hiasan yang membuai.

 

2. Gunakan pemampatan telephoto untuk membenamkan pemirsa dalam pemandangan

Pohon sakura di sepanjang rel kereta api di malam hari

EOS 5D Mark II/ EF70-200mm f/2.8L IS II USM @ 200mm
Foto oleh: Masato Mukoyama

Anda dapat memanfaatkan efek pemampatan perspektif yang unik ke lensa telephoto untuk menciutkan jarak antara beberapa elemen dan membuat segala sesuatu terlihat lebih saling berdekatan. Dengan mengurangi lebarnya, ruang kosong bisa membuat pemirsa lebih terbenam dalam pemandangan, seperti yang dilakukan sang fotografer dalam gambar di atas.

Pelajari lebih lanjut mengenai proses kreasi di sini:

 

3. Membuat potret wajah di luar ruangan pada siang hari seakan dibidik di malam hari

Portret wajah dari bagian dada ke atas di latar belakang yang gelap dengan cahaya bokeh

EOS 5D Mark IV/ EF70-200mm f/2.8L IS II USM @ 160mm
Foto oleh: Seigi Takakuwa/ Model: Yuka Tsuji (Conerot)

Lingkaran bokeh yang sangat besar seakan berasal dari cahaya neon yang menerangi kota pada malam hari. Namun sebetulnya, cahaya itu berasal dari lampu mobil dan gambar dibidik pada siang hari! Hanya lensa telephoto yang bisa membuatnya terlihat begitu besar dan dekat, padahal dibidik dengan detail latar belakang yang mencukupi untuk menciptakan ilusi malam.

Pelajari cara melakukan kiat yang berguna ini bersama dengan trik fotografi lainnya mengenai pengambilan potret wajah di luar ruangan

Fakta menarik:
Lensa zoom telephoto memberikan opsi serbaguna untuk potret wajah, sehingga Anda dapat membingkai bidikan seluruh tubuh hingga bidikan close-up dan bahkan membidik potret wajah pasangan pengantin berikut lingkungannya, semua ini dibidik tanpa harus mengganti lensa Anda. Dengan fokus yang semakin panjang, Anda dapat mengambil bidikan polos wajah anak-anak apa adanya, tanpa disadari oleh subjek Anda.

 

4. Ambil bidikan close-up gaya makro yang unik

Biasanya, lensa telephoto memiliki jarak fokus terdekat, yang memungkinkan Anda berada jauh dari subjek, apabila Anda mencapai perbesaran maksimum. Anda dapat memanfaatkan ruang ekstra di antaranya untuk menyatukan berbagai elemen latar depan dan latar belakang, yang apabila dipadukan dengan depth of field dangkal lensa, bisa menghasilkan bidikan seperti makro dengan perspektif yang agak unik!

Artikel di bawah ini menunjukkan, bagaimana dua orang fotografer memanfaatkan efek ini untuk menciptakan hasil yang berbeda. Keserbagunaan semacam itu merupakan salah satu alasan mengapa beberapa fotografer lanskap alam lebih suka menggunakan lensa zoom telephoto!


Negeri bunga ajaib nan membuai

Close-up bunga kosmos merah mudah pada bokeh lembut yang tercipta dari bebungaan lainnya dan cahaya matahari.

EOS 6D/ EF300mm f/2.8L IS USM @ 300mm
Foto oleh: Yukie Wago

Gambar di atas yang membuai, dihasilkan secara cermat dengan menyatukan cahaya latar dan bokeh.

Pelajari lebih lanjut mengenai bagaimana ini dibidik dan diedit


Potret tumbuhan yang diwarnai dengan karakter

Close-up telephoto dedaunan

EOS 5D Mark IV/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM @ 360mm
Foto oleh: GOTO AKI

Bahkan, seandainya Anda lebih condong untuk menangkap aspek benda secara apa adanya, sesuai aslinya, kemudian membingkainya—termasuk cara Anda memanfaatkan sepenuhnya lensa Anda—ini akan membantu menghasilkan dampak pada bidikan Anda. 

Klik di sini untuk mempelajari tentang cara fotografer menemukan sudut dan pembingkaian terbaik untuk bidikan di atas.

 

5. Zoom in pada detail abstrak

Close up rana lambat pada air terjun

EOS 5D Mark III/ EF70-200mm f/4L IS USM @ 187mm
Foto oleh: GOTO AKI

Memang asyik bereksperimen dengan sejumlah efek khusus yang berbeda-beda, tetapi, jika Anda perlu istirahat sejenak, amati saja berbagai hal di sekitar Anda melalui ujung panjang lensa. Siapa tahu, Anda bisa menghasilkan karya menarik.

Carilah bentuk, kontras, pola, dan hal lain yang biasanya tidak dapat Anda lihat dari dekat, dan renungkan, bagaimana Anda dapat membingkainya dengan cara yang menarik, seperti bagaimana bidikan di atas menarik perhatian kita pada kontras antara unsur dinamis, air yang mengalir dan permukaan batu air terjun yang hening dan pantang menyerah. 

Belajar lebih lanjut mengenai proses pemikiran di balik sebuah bidikan

 

---

Sulit memutuskan, lensa telephoto mana yang harus dibeli, atau ingin belajar lebih lanjut mengenai cara menggunakan berbagai lensa ini? Baca artikel berikut ini: 
Apa perbedaan antara Lensa telefoto 200mm dan 300mm?
Apa perbedaan antara Lensa zoom telefoto f/2.8 dan f/4?
Buat Foto Perjalanan yang Lebih Baik, Menggunakan Lensa Zoom Telephoto
Teknik Komposisi Profesional (3): Memanfaatkan Lensa Dengan Sebaiknya.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!