Tips & Tutorials

[Pelajaran 2] Mengetahui Bagian Kamera yang Berbeda-beda

Menguasai berbagai kontrol dan fungsi kamera DSLR Anda merupakan langkah pertama pada fotografi, di luar penguasaan keterampilan arahkan-dan-bidik yang sederhana. Berikut ini, panduan kami untuk mengenali sejumlah bagian kamera yang penting dan apa yang dilakukannya. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Bagian-bagian kamera DSLR

 

Depan

DSLR depan

 

F1: Tombol Rana

Tombol Rana

Tekan tombol ini untuk melepaskan rana. Ada dua tahap dalam penekanan tombol rana: Menekan separuh tombol, mengaktifkan fungsi AF, sedangkan menekan sepenuhnya, akan melepaskan rana.

F2: Pengurangan mata-merah/lampu self timer

AF-Assist Beam Emitter

Pengurangan mata-merah: Jika red-eye reduction (pengurangan mata-merah) diaktifkan pada kamera dan Anda menekan separuh tombol rana, akan menyalakan lampu ini apabila Anda menggunakan lampu kilat built-in. 
Self-timer: Apabila Anda menetapkan self-timer, lampu ini akan berkedip selama durasi timer sampai gambar diambil.

 

F3: Dudukan Lensa

Dudukan lensa

Ini adalah bagian yang menghubungkan lensa yang dapat dipertukarkan ke kerangka kamera. Untuk memasangkan lensa, Anda menderetkan indeks dudukan lensa (lihat F3) pada lensa dengan lensa yang bersangkutan, pada dudukan lensa, lalu memutar lensa searah jarum jam sampai terdengar bunyi klik.

F4: Indeks Dudukan Lensa

Indeks Dudukan Lensa

Sejajarkan tanda pada lensa dengan tanda ini apabila Anda memasang atau melepas lensa.
Indeks Merah: Untuk lensa EF (Bisa digunakan pada DSLR full-frame maupun APS-C dari Canon)
Indeks Putih: Untuk lensa EF-S (Bisa digunakan pada DSLR APS-C Canon)

Ketahui selengkapnya mengenai jenis lensa yang berbeda-beda dan konsep kuncinya dalam:
Dalam Fokus: Dasar-Dasar Lensa

 

F5: Tombol Pelepas lensa

Tombol pelepas lensa

Tekan tombol ini apabila Anda ingin melepaskan lensa. Pin kunci lensa akan ditarik keluar apabila tombol ditekan sehingga Anda dapat memutar lensa secara bebas. Sebelum membidik, kuncikan lensa ke dalam tempatnya dengan memutarnya sampai terdengar bunyi klik.

F6: Mirror (Cermin)

Cermin kamera

Cermin ini bersifat khas untuk kamera DSLR. Cermin ini memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder, sehingga fotografer bisa melihat bidikan melalui viewfinder dalam waktu nyata. Mirror segera berputar balik, tepat sebelum melepaskan rana (bidikan diambil).

 

F7: Mikrofon

Mikrofon

Ini adalah mikrofon built-in untuk menangkap bunyi audio selama perekaman film. Mikrofon yang digunakan bisa mono atau stereo, tergantung model kamera.

F8: Lampu Kilat Built-in

Lampu kilat built-in

Apabila diperlukan, Anda dapat menembakkan lampu kilat untuk menangkap bidikan pemandangan yang redup cahaya. Lampu kilat dapat secara otomatis ditembakkan pada sebagian mode.

Berikut ini sebagian tutorial tentang cara menggunakan lampu kilat built-in untuk menghasilkan efek yang serba menarik:
Teknik Lampu Kilat #1: Bagaimana Mengatasi Bayangan Tajam Akibat Cahaya Latar Pada Wajah
Teknik Lampu Kilat #6: Cara Menciptakan Lingkaran Bokeh Ajaib Saat Hujan

 

Tampilan Viewfinder

Tampilan Viewfinder

 

V1: Titik AF

Titik AF dalam viewfinder

Menunjukkan posisi fokus selama pemotretan AF (autofocus). Titik AF yang dipilih akan disorot merah. Anda dapat menentukan untuk memilih titik AF secara otomatis atau manual.

 

V2: Kecepatan Rana

Kecepatan rana (tampilan viewfinder)

Menunjukkan interval waktu selama rana terbuka. Nilai shutter speed (kecepatan shutter) dinyatakan dalam format “1/parameter”. Namun demikian, hanya nilai parameter yang ditunjukkan dalam viewfinder. Meninggikan nilai parameter akan memperpendek interval waktu shutter untuk tetap terbuka. Shutter speed (kecepatan rana) yang lebih lambat daripada 1/4 detik ditunjukkan seperti, 0’’3, 0’’4, 0’’5, 0’’6, 0’’8, 1’’, atau 1’’3, misalnya. Dalam hal ini, 1”3 berarti 1,3 detik.

Ketahui selengkapnya tentang kecepatan rana dalam: Dasar-Dasar Kamera #2: Kecepatan Rana

 

V3: Nilai Aperture

Nilai aperture (tampilan viewfinder)

Nilai ini menunjukkan hingga sebatas apa bilah aperture di dalam lensa terbuka. Nilai yang lebih kecil berarti aperture terbuka lebih lebar, yang memungkinkan cahaya dapat ditangkap. Kisaran nilai aperture yang dapat dipilih bervariasi, menurut lensa yang digunakan.

Pelajari lebih lanjut mengenai aperture dalam: Dasar-Dasar Kamera #1: Aperture

 

V4: ISO Speed

ISO Speed (tampilan viewfinder)

Pengaturan ISO speed bervariasi secara konstan apabila pengaturan Auto yang dipilih. ISO speed yang lebih tinggi akan lebih memudahkannya untuk menangkap bidikan pemandangan yang redup cahaya.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ISO speed (kecepatan ISO) dalam: Dasar-Dasar Kamera #5: Kecepatan ISO

 

Belakang

Belakang kamera

 

R1: Eyecup

Eyecup

Eyecup (bantalan mata) mencegah masuknya cahaya eksternal apabila mata Anda kontak dengan eyepiece. Digunakan bahan yang halus untuk mengurangi beban pada mata dan dahi.

R2: Viewfinder Eyepiece

Viewfinder eyepiece

Viewfinder eyepiece adalah jendela kecil pada kamera yang Anda lihat melaluinya agar dapat menyusun foto Anda dan menetapkan fokus pada subjek. Apabila memotret dengan menggunakan viewfinder, cahaya eksternal dikurangi. Dengan demikian, Anda dapat mencurahkan perhatian sepenuhnya pada subjek di depan mata Anda, yang pada gilirannya akan lebih memudahkan untuk melacak subjek bergerak.

Baca selengkapnya mengenai viewfinder di sini: Dasar-Dasar Kamera #12: Viewfinder

 

R3: Monitor LCD

Monitor LCD

Selain pengaturan pemotretan seperti ditunjukkan dalam ilustrasi di sini, tangkapan gambar serta informasi teks, seperti menu, dapat juga ditampilkan pada monitor LCD. Anda juga dapat memperbesar gambar tampilan untuk mengecek rinciannya. Sebagian model kamera dilengkapi dengan monitor LCD Vari-angle, yang memungkinkan Anda mengubah sudut monitor selama pemotretan Live View, membuatnya lebih mudah untuk menangkap bidikan low-angle atau high-angle.

R4: Tombol MENU

Tombol Menu

Gunakan tombol ini untuk menampilkan menu yang menyesuaikan fungsi kamera yang berbeda-beda. Setelah memilih item menu, Anda dapat menyesuaikan pengaturan kamera secara lebih rinci.

 

R5: Tombol Playback

Tombol playback

Ini adalah tombol untuk memutarkan gambar yang sudah Anda tangkap. Dengan menekan tombol ini satu kali, akan menampilkan gambar terakhir yang Anda tangkap atau ditunjukkan pada monitor LCD.

R6: Lampu Wi-fi

Lampu Wi-fi

Lampu ini mengindikasikan status koneksi nirkabel.
Lampu menyala: Koneksi Wi-fi hidup
Lampu berkedip: Kamera sedang menunggu koneksi/rekoneksi
Lampu berkedip cepat sesekali: Kesalahan koneksi
Lampu berkedip cepat: Data sedang dikirim/diambil

 

R7: Lampu Akses

Lampu akses

Lampu ini tampak berkedip-kedip apabila ada transmisi data antara kamera dan kartu memori. Jangan buka slot kartu atau tutup wadah baterai saat cahaya berkedip-kedip. Jika dibuka, ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi kamera.

R8: Tombol SET/Multi-controller

Multi-controller

Multi-controller key adalah tombol arah yang memungkinkan Anda untuk:
- Bergerak di antara berbagai item menu
- Memindahkan tampilan yang diperbesar ke titik yang berbeda selama pemutaran kembali gambar
- Menggerakkan titik AF selama pemilihan titik AF

Dalam mode pemotretan, fungsi tombol beralih ke tombol yang ditunjukkan oleh ikon yang ada padanya. Sementara itu, tombol SET mengonfirmasi pemilihan.

 

R9: Tombol Pengaturan ISO Speed

Tombol pengaturan ISO speed

Tekan tombol ini untuk menyesuaikan sensitivitas kamera terhadap cahaya. ISO speed adalah standar internasional yang ditentukan berdasarkan sensitivitas film negatif.

R10: Tombol Quick Control

Tombol Quick Control

Menekan tombol ini akan menampilkan layar Quick Control (lebih jauh dijelaskan di bagian "Settings on the Quick Control Screen"), yang memungkinkan Anda mengonfirmasi berbagai pengaturan kamera dengan melirik sekilas dan menyesuaikannya.

 

R11: Tombol Tampilan

Tombol Tampilan

Dengan menekan tombol DISP, Anda bisa:
- Menghidupkan/mematikan tampilan
- Silih-berganti antara tampilan informasi yang berbeda-beda dalam mode Image/Movie Playback dan selama pemotretan Live View
- Menampilkan pengaturan fungsi terutama di kamera apabila menu ditampilkan.

R12: Tombol Erase

Tombol Erase

Gunakan tombol ini untuk menghapus gambar yang tidak diinginkan.

 

R13: Tombol Pemilihan Titik Fokus

Tombol pemilihan titik fokus

Gunakan tombol ini untuk masuk ke mode AF point (autofocus) selection selama pemotretan AF. Selanjutnya, Anda bisa memilih titik AF mana pun secara manual dengan menggunakan tombol Multi-controller.

R14: Sakelar Live View Shooting/ Movie Shooting

Sakelar Live View shooting/ Movie shooting

Gunakan tombol ini untuk menghidupkan atau mematikan fungsi Live View. Menekan tombol ini satu kali akan menampilkan gambar Live View pada monitor LCD, dan kamera siap untuk pemotretan Live View. Untuk merekam film, tetapkan mode pemotretan ke "Movie shooting" pada mode dial (T6), lalu tekan tombol ini untuk mulai merekam. Untuk menghentikan, tekan lagi tombolnya.

R15: Kenop Penyesuaian Dioptrik

Kenop penyesuaian dioptrik

Gunakan kenop ini untuk menyesuaikan kejernihan gambar viewfinder menurut penglihatan mata Anda. Untuk melakukannya, putar kenop sewaktu menilik melalui viewfinder.

 

Pengaturan pada Layar Quick Control

Layar Camera Quick Setting

 

QC1: Shooting Mode

Ikon Shooting mode

Menampilkan teks atau ikon yang berkaitan dengan shooting mode yang sudah Anda pilih saat memutar Mode Dial.

QC2: Kecepatan Rana

Ikon Kecepatan Rana

Menampilkan interval waktu selama rana terbuka. Meninggikan nilai parameter akan memperpendek interval waktu shutter untuk tetap terbuka.

 

QC3: Level Baterai

Ikon level baterai

Menampilkan level sisa baterai dengan ikon. Ilustrasi di sini menunjukkan status saat level baterai masih penuh. Tampilan ikon berubah saat level baterai berkurang.

QC4: Sisa Bidikan

Ikon sisa bidikan

Menunjukkan jumlah sisa bidikan yang dapat ditangkap. Jumlah ini bervariasi menurut kapasitas kartu memori yang digunakan serta kualitas rekaman gambar yang sudah Anda pilih.

 

QC5: Format/Kualitas Perekaman Gambar

Ikon format/kualitas perekaman gambar

Menampilkan kualitas rekaman gambar yang saat ini dipilih. Ikon di sini mengindikasikan bahwa kamera ditetapkan untuk merekam dalam format Large JPEG. 

QC6: ISO Speed

Ikon ISO speed

ISO speed yang lebih tinggi akan lebih memudahkannya untuk menangkap bidikan pemandangan yang redup cahaya. Pada umumnya, ISO 100 digunakan sebagai pengaturan standar. Dalam pengaturan ISO Auto, nilai optimal secara otomatis dipilih menurut pemandangannya. Anda juga dapat memilih untuk menetapkan ISO speed secara manual.

 

QC7: Nilai Aperture

Ikon nilai aperture

Nilai ini menunjukkan hingga sebatas apa bilah aperture di dalam lensa terbuka. Nilai yang lebih kecil berarti aperture terbuka lebih lebar, yang memungkinkan cahaya dapat ditangkap. Nilai aperture juga dikenal sebagai f-number yang bervariasi dengan lensa yang digunakan.

 

Atas

Atas kamera

 

T1: Sakelar Focus Mode

Sakelar Focus mode

Gunakan sakelar ini untuk menetapkan mode ke Automatic (AF) atau Manual (MF).

T2: Speaker

Speaker kamera

Bunyi audio rekaman film dapat diputar kembali melalui speaker. Selama pemutaran film, memutar Main Dial akan memungkinkan Anda menyesuaikan level volume. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilih dan memutar kembali musik latar belakang dari layar menu.

 

T3: Tali Gantung

Tali gantung

Tarik ujung tali melalui eyelet (lubang), lalu kencangkan seraya memastikan bahwa kedua ujung tali seimbang.

T4: Hot Shoe

Hot shoe

Ini adalah terminal untuk memasang unit lampu kilat eksternal. Data ditransmisikan antara kamera dan unit lampu kilat melalui kontak. Simpan kontak dalam keadaan bersih untuk memastikan tembakan lampu kilat eksternal yang tepat saat diperlukan.

 

T5: Sakelar Daya

Sakelar Daya

Gunakan sakelar ini untuk menghidupkan dan mematikan daya kamera. Apabila daya kamera dibiarkan hidup untuk jangka waktu yang lama, kamera akan otomatis dialihkan ke mode standby untuk menghemat daya. Pada sebagian kamera, sakelar daya dilengkapi ikon Movie (Film) seperti ditunjukkan dalam ilustrasi, yang memungkinkan Anda beralih ke Movie shooting mode secara langsung.

T6: Mode Dial

Mode dial

Putar dial ini untuk memilih shooting mode menurut pemandangan yang ingin Anda tangkap. Shooting mode pada umumnya dibagi ke dalam dua zona berbeda, Creative (Kreatif) dan Basic (Dasar)

A: Creative Zone
Creative Zone mode (mode Zona Kreatif) memungkinkan pengguna memilih dan menetapkan fungsi menurut tujuan yang mereka niatkan.

B: Basic Zone
Dalam Basic Zone mode (mode Zona Dasar), kamera secara otomatis memilih pengaturan yang sesuai menurut pemandangan yang dipilih.

 

T7: Tombol Flash (Lampu Kilat)

Tombol Flash (Lampu Kilat)

Gunakan tombol ini untuk memunculkan flash built-in. Dalam Basic Zone, flash built-in dapat muncul secara otomatis pada sebagian kasus menurut fungsi yang digunakan.

T8: Main Dial

Main dial

Ini adalah dial multiguna yang memungkinkan Anda melakukan berbagai tugas, seperti menyesuaikan nilai pengaturan shooting (biasanya aperture/shutter speed/exposure compensation) dan melompat melintasi pemutaran gambar.

 

T9: Zoom Ring

Zoom ring

Putar zoom ring untuk mengubah focal length. Focal length (Panjang fokus) yang dipilih dapat dikenali dari angka dan tanda indeks pada ujung bawah lensa.

T10: Focus Ring

Focus ring

Apabila kamera berada dalam Manual Focus (MF) mode, putar ring ini untuk menyesuaikan fokus. Posisi focus ring bervariasi menurut lensa yang digunakan.

 

Samping

Kiri Kamera, kanan Kamera

 

S1: Remote Control Terminal, Audio/Video OUT/Digital Terminal, HDMI Mini OUT Terminal, N-Mark

Remote control terminal, audio/video out/digital terminal, hdmi mini out terminal, n-mark

A: Terminal Remote control
Ini adalah terminal untuk menghubungkan kamera ke perangkat eksternal. Sebelum melakukan itu, pastikan bahwa perangkat kompatibel dengan kamera, lalu hubungkan sebagaimana mestinya.

B: Terminal Audio/Video OUT/Digital
C: Terminal HDMI mini OUT

Ini adalah terminal untuk TV output dan transmisi data, serta HDMI mini output.

D: N-Mark
Menyentuh N-mark pada smartphone NFC-compatible akan mengawali pairing antara kamera dan smartphone.

 

Bawah

Bawah DSLR

 

B1: Slot Kartu, Wadah Baterai

Wadah Baterai/ Slot Kartu

Wadah Baterai
Masukkan baterai yang disediakan, di sini. Sisipkan baterai dengan mengarah ke terminal baterai yang sejajar dengan yang ada di dalam kamera.

Slot Kartu
Sisipkan kartu memori untuk merekam gambar ke dalam slot ini. Jenis kartu yang dapat digunakan bervariasi dengan model kamera.

B2: Soket Tripod

Soket tripod

Ini adalah soket yang ditempatkan di bagian bawah bodi kamera untuk memasang kamera ke tripod. Pada sebagian besar kamera DSLR, soket ini pas untuk ukuran uliran sekrup standar 1/4-20 UNC, yang digunakan oleh tripod yang ada pada umumnya.

 

Nah, itulah informasi untuk Anda—semua ini adalah bagian penting kamera DSLR dan apa yang dilakukannya. Langkah berikutnya adalah, mulai membidik: Bacalah Saran & Tutorial pada menu di atas untuk mendapatkan beberapa gagasan tentang cara memulai. Untuk terus membaca tentang konsep dan teori yang penting, Anda juga bisa membaca serial artikel kami, yaitu Dasar-Dasar Kamera atau Dasar-Dasar Lensa.

Selamat memotret!

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Discover the EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.