Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Asyiknya PL Filter: Warna-Warni Ceria Embun Beku

Kita semua tahu bahwa filter polarisasi (PL filter) membantu mengintensifkan warna dan mengurangi pantulan, tetapi, tahukah Anda bahwa filter ini juga dapat menciptakan karya seni yang berbeda? Beginilah cara seorang fotografer menggunakannya untuk menciptakan karya seni yang menarik, yang Anda lihat di bawah ini. (Dilaporkan oleh: Chikako Yagi, Digital Camera Magazine)

Fotografi abstrak embun beku pada jendela, dibidik dengan dua filter PL.

EOS 50D/ EF70-200mm f/4L IS USM/ FL: 121mm (setara 194mm)/ Aperture-priority AE (f/4, 1/125 det., EV -0,3)/ ISO 100/ WB: Daylight (Siang hari)
Dengan filter PL

 

Embun beku pada jendela yang belum pernah Anda lihat

Embun beku terbentuk apabila uap air di udara membeku menjadi kristal es. Suatu hari di musim dingin yang sangat membeku hingga ke tulang sumsum, saya bangun pagi-pagi dan melihat di jendela saya, embun beku yang membentuk berbagai pola nan indah, yang mengingatkan saya mengenai sebutan lain untuk embun beku, yaitu “bunga es”. Embun beku ini bisa menjadi gambar yang indah pada keadaan seperti itu, tetapi saya ingin meningkatkannya lagi, dan memutuskan untuk bereksperimen dengan polarisasi, mengubah bentuk dan pola yang diciptakan alam menjadi karya seni abstrak.


Perlengkapan penting

- Lensa Telephoto
- 2 polariser

Saya menggunakan satu filter CPL dan selembar film polarisasi. Selama Anda memiliki satu polariser (pembuat polarisasi) yang bisa dipasangkan ke lensa, dan satunya lagi yang bisa Anda tempatkan secara leluasa di belakang subjeknya, lensa jenis apa pun akan berfungsi baik.


Penataan saya

Ilustrasi penyiapan

A: Filter CPL – Ditempatkan pada lensa
B: Film polarisasi – Ditempatkan di luar jendela
C: Embun beku di jendela – Pada jendela di dalam ruangan, di antara dua polariser

Setelah selesai, putar saja filter PL pada lensa Anda sampai mendapatkan efek yang diinginkan. Ajaib!


Cara kerjanya

Jika Anda mencermati polariser di bawah mikroskop, mungkin Anda akan melihat garis-garis pada polariser. Garis-garis ini memastikan bahwa, hanya cahaya yang menjalar di satu arah yang akan dapat melintasi polariser. Ini yang disebut “polarisasi”.

Apabila dua polariser sejajar sehingga bidang polarisasinya berada pada sudut yang tepat satu sama lain, misalnya, jika satu diposisikan untuk mempolarisasi cahaya vertikal dan yang lainnya cahaya horizontal, itu dikenal sebagai "tata letak Nicols bersilangan". Polarisasi silang ini menghasilkan efek polarisasi dari masing-masing polariser yang saling mengganggu sehingga menciptakan warna psikedelik yang Anda lihat.


Coba ini:

Pada pengaturan saya, polariser B mempolarisasikan cahaya sebelum mencapai subjek saya. Anda mungkin akan mendapatkan gambar yang sedikit berbeda kalau menempatkan polariser B di antara subjek dan filter PL pada lensa, meskipun warna-warni ceria masih ada di sana.


---

Sekarang, setelah Anda mengetahui cara kerjanya, maukah Anda mencobanya dengan subjek yang berbeda-beda dan melihat apa yang Anda dapatkan?

Berikut ini sesuatu lainnya yang bisa dicoba dengan filter PL apabila Anda naik pesawat terbang di waktu berikutnya.
Lanskap Jendela Pesawat Terbang: Efek Grafis Warna-Warni

Cara lain untuk menciptakan efek artistik hanya dengan kamera Anda, bacalah artikel berikut:
Seni Rana Lambat: Mengubah Bidikan menjadi Lukisan Cat Air Abstrak
Gambar Unik Apakah yang Bisa Saya Hasilkan Dengan Circular Panning?
Cara Menangkap Bidikan Genggam Pertunjukan Kembang Api yang Artistik

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Chikako Yagi

Chikako Yagi

Chikako Yagi baru berusia dua puluh tahun ketika ia mulai mengajar dirinya tentang fotografi dengan menggunakan kamera SLR film. Ia meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk menjadi fotografer lanskap purna waktu pada tahun 2016. Ia magang pada fotografer terkenal, seperti Kiyoshi Tatsuno dan Tomotaro Ema, ia adalah anggota Shizensou Club, yang didirikan oleh salah satu mantan fotografer lanskap paling terkenal dari klub ini. Pada tahun 2013, ia dipilih sebagai salah satu dari 10 Fotografer Top Tokyo Camera Club.

www.chikakoyagi.com
Instagram: @chikako_yagi