Temukan yang Anda cari

atau cari melalui

topik

Article
Article

Article

e-Book
e-Book

e-Book

Video
Video

Video

Campaigns
Campaigns

Campaigns

Architecture
Kamera Saku

Kamera Saku

Architecture
DSLRs

DSLRs

Architecture
Videografi

Videografi

Architecture
Astrofotografi

Astrofotografi

Architecture
Tanpa Cermin

Tanpa Cermin

Architecture
Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur

Architecture
Teknologi Canon

Teknologi Canon

Architecture
Fotografi cahaya minimal

Fotografi cahaya minimal

Architecture
Wawancara fotografer

Wawancara fotografer

Architecture
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap

Architecture
Fotografi makro

Fotografi makro

Architecture
Fotografi olahraga

Fotografi olahraga

Architecture
Fotografi Wisata

Fotografi Wisata

Architecture
Fotografi bawah air

Fotografi bawah air

Architecture
Konsep & Aplikasi Fotografi

Konsep & Aplikasi Fotografi

Architecture
Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Architecture
Kamera Mirrorless Full-frame

Kamera Mirrorless Full-frame

Architecture
Lensa & Aksesori

Lensa & Aksesori

Architecture
Nature & Wildlife Photography

Nature & Wildlife Photography

Architecture
Fotografi Potret Wajah

Fotografi Potret Wajah

Architecture
Fotografi Malam

Fotografi Malam

Architecture
Fotografi Hewan Piaraan

Fotografi Hewan Piaraan

Architecture
Solusi Pencetakan

Solusi Pencetakan

Architecture
Ulasan produk

Ulasan produk

Architecture
Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan

Produk >> Semua Produk Apa Kata Fotografer Tentang Lensa RF- Part

Ulasan Lensa: RF24mm f/1.8 Macro IS STM dalam Fotografi Alam

2022-10-12
2
225

RF24mm f/1.8 Macro IS STM adalah lensa prima sudut lebar yang ringkas dan ringan yang juga menawarkan aperture maksimum f/1.8 yang besar dan manfaat pemotretan makro 0,5x. Ini menjadikan lensa ini sangat unggul untuk menangkap gambar keindahan alam, baik itu lanskap seperti pegunungan dan air terjun yang megah, tanaman dan serangga dari jarak dekat yang juga menunjukkan lingkungannya, atau bahkan astrofotografi dengan Bima Sakti yang gemerlapan di malam hari. Fotografer lanskap, Chikako Yagi, berbagi penemuannya. (Dilaporkan oleh: Chikako Yagi, Digital Camera Magazine)

Dalam artikel ini:

Pemotretan cepat, makro, dan ultra lebar dalam satu bodi mungil

Kemampuan makro cepat dan lebar: Ini seperti 3-in-1

Bagi banyak fotografer yang menunggu kehadiran lensa prima sudut lebar full-frame cepat untuk dudukan RF, termasuk saya, RF24mm f/1.8 Macro IS STM adalah salah satu lensa yang sangat dinantikan. Sebagai lensa prima yang cepat, ringkas, dan harganya yang terjangkau dengan kemampuan semi-makro (pembesaran 0,5x), lensa ini memiliki konsep yang sama dengan RF35mm f/1.8 Macro IS STM tetapi lebih lebar pada 24mm, yang menempatkannya pada batas area lensa sudut ultra-lebar (kurang dari 24mm). Ini memberikan keserbagunaan yang lebih besar untuk memotret, tidak hanya pemandangan, tetapi juga bentangan bintang, di mana aperture maksimum f/1.8 yang besar juga ternyata praktis.

Sorotan #1: Portabilitas yang istimewa

Sorotan #1: Portabilitas yang istimewa

Saat saya memegangnya untuk pertama kalinya, RF24mm f/1.8 Macro IS STM terasa sekecil dan seringan RF35mm f/1.8 Macro IS STM. Keduanya sangat mirip dari segi spesifikasi, dan di dunia nyata, nyaris tidak ada perbedaan. Keseimbangan dengan kamera bagus—kombinasinya sama sekali tidak terasa berat di bagian depan.

Dengan panjang 63,1mm, sangat pas di tangan saya dan sangat portabel. Apabila Anda memotret, ujung lensa sedikit melebar, tetapi panjang keseluruhannya hampir tidak berubah. Dengan membawa lensa ini di tas Anda, Anda mungkin bisa membawa satu lensa lebih banyak daripada biasanya dan nyaris tidak terasa banyak perbedaan dari segi beban.

Pemotretan Macro

Gambar makro lebar yang unik dengan warna dan kualitas yang luar biasa

Fitur paling menonjol dari lensa ini adalah kemampuan pemotretan jarak dekat— lensa ini memberikan pembesaran maksimum 0,5x (separuh makro) pada jarak pemfokusan terdekat 0,14m yang sangat pendek. Ini menghasilkan gambar "makro sudut lebar" yang unik, di mana Anda tidak hanya mendapatkan subjek dari dekat, tetapi juga lebih banyak konteks latar belakang dibandingkan dengan lensa makro telephoto tradisional.

Selain itu, lensa ini juga mampu menghasilkan bokeh yang indah karena dilengkapi aperture f/1.8 yang besar.

EOS R5/ RF24mm f/1.8 Macro IS STM/ Aperture-priority AE (f/1.8, 1/5000 det., EV -1.0)/ ISO 100/ WB: Auto

Belalang sembah mungil ini mudah terluputkan, tetapi dengan kemampuan makro RF24mm f/1.8 Macro IS STM, saya bisa menjadikannya sebagai pusat perhatian dengan sedikit usaha. Saya kagum dengan ketajaman lensanya—bahkan tekstur indra peraba belalang sembah direplikasi dengan sangat baik.


EOS R5/ RF24mm f/1.8 Macro IS STM/ Aperture-priority AE (f/1.8, 1/800 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

Close-up bunga teratai ini dibidik pada jarak pemfokusan terdekat 0,14m dengan fokus ditempatkan pada benang sari di depan. Area yang menjadi fokus terlihat tajam, sedangkan kelopak bunga di latar depan dan latar belakang berpadu mulus menjadi bokeh yang indah. Perhatikan betapa indahnya warna dan kontras, bahkan pada aperture maksimum. Ini berlaku di seluruh rentang aperture, bahkan saat melakukan bidikan close-up.

Pada kamera APS-C

Pada kamera APS-C: Jarak semakin dekat

Dengan krop 1,6x pada kamera APS-C EOS R, RF24mm f/1.8 Macro IS STM memberikan sudut pandang yang setara dengan 38,4mm pada kamera full-frame. Hal ini membuat lensa ini berfungsi seperti lensa 35mm, atau lensa standar dengan sudut pandang yang sedikit lebih lebar. Subjek akan terlihat semakin lebih besar dalam bingkai, dengan hasil yang setara dengan rasio pembesaran 0,8x. Hal ini juga berlaku apabila Anda menggunakan 1.6x crop mode pada kamera full-frame.

Pada kamera full-frame: 24mm

Pada kamera APS-C: kira-kira 38,4mm (setara full-frame)

Baca juga: 
Kamera Full-Frame vs APS-C: Manakah yang Sebaiknya Saya Pilih?


Stabilisasi gambar: Hingga 6,5 stops; Hybrid IS

Dengan pembidikan makro, Anda sering harus bekerja dengan cahaya redup dan setiap goyangan kamera menjadi lebih kuat. Hal ini membuat pemotretan genggam semakin menantang. Dan ini adalah gaya pemotretan yang saya sukai. Lensa RF24mm f/1.8 Macro IS STM mempertimbangkan hal ini—mendukung tiga sistem IS.

1. Optical Image Stabilizer (Optical IS) konvensional mengoreksi goyangan kamera hingga sekitar 5 stops.
2. Apabila lensa dipasang ke kamera yang dilengkapi dengan In-Body IS, Coordinated Control IS meningkatkan efek stabilisasi gambar hingga 6,5 stops.
3. Hybrid IS meningkatkan efek Optical IS dengan mengompensasi goyangan geser kamera yang terjadi apabila kamera bergerak paralel dengan subjek dan tampak lebih nyata dalam fotografi makro dan close-up.

Semua ini memungkinkan saya melakukan fotografi makro genggam dengan pikiran yang tenang.

Sorotan #2: Sakelar AF dan IS yang mudah diakses

Sorotan #2: Sakelar AF dan IS yang mudah diakses

Desain laras lensa memang sederhana, tetapi tidak mengorbankan kemudahan bagi penggunanya: dilengkapi sakelar AF/MF dan IS On/Off di samping. Ini sangat nyaman untuk fotografi makro, di mana peralihan cepat ke pemfokusan manual seringkali diperlukan untuk memastikan pemfokusan yang lebih tepat.


Mendukung pemfokusan manual full-time

Pemfokusan manual full-time dapat dilakukan, memungkinkan transisi yang lebih mulus dari AF ke pemfokusan manual. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memutar cincin pemfokusan.

Kedua metode peralihan ke mode MF memungkinkan Anda menggunakan focus peaking dan Focus Guide (selama Anda telah mengaktifkannya di kamera Anda), yang menyediakan bantuan visual yang mempermudah pemfokusan manual yang tepat.

Performa sebagai lensa sudut lebar

Mengambil foto pemandangan dengan detail yang mengesankan

Fitur lensa yang paling menonjol mungkin kemampuan makronya yang lebar, tetapi selain makro, lensa ini juga merupakan lensa sudut lebar yang sangat mumpuni. Anda dapat memanfaatkan efek perspektif berlebihan yang dinamis untuk membuat jarak terlihat lebih jauh dan pemandangan lebih dalam dengan melakukan eksperimen sudut dan posisi kamera Anda, atau memanfaatkan depth-of-field yang lebih besar dari panjang fokus yang lebih pendek ke fokus yang dalam.


Kualitas gambar

Sama seperti untuk pemotretan jarak dekat, gambar menjadi tajam di tempat yang dibutuhkan pada seluruh rentang aperture, dengan kejernihan yang Anda harapkan dari lensa prima. Sebagian aberasi kromatik dan vinyeting terlihat pada aperture maksimum, tetapi ini menghilang setelah Anda melakukan sedikit stop down.

EOS R5/ RF24mm f/1.8 Macro IS STM/ Aperture-priority AE (f/8, 1/6 det., EV -1.0)/ ISO 100/ WB: Auto

Untuk memanfaatkan panjang fokus 24mm lebar lensa, saya membidik dekat lintasan papan, yang tampak merah-merona dari pancaran matahari terbit. Perspektif yang dilebih-lebihkan ini, yang juga memberikan kedalaman visual tambahan pada pemandangan—elemen di latar belakang terlihat semakin jauh.


EOS R5/ RF24mm f/1.8 Macro IS STM/ Aperture-priority AE (f/9, 4 det.)/ ISO 50/ WB: Auto

Pencahayaan 4 detik ini dibidik dengan tripod. Sudut pandang lebar 24mm menangkap penyebaran dan keagungan pemandangan ini, hingga pantulan tanaman hijau di permukaan air dan suasana sejuk serta menyegarkan yang diciptakan oleh aliran air terjun.

Astrofotografi

Ini juga sangat bagus untuk astrofotografi

Fotografi makro dan lanskap adalah dua genre paling konvensional untuk lensa ini, namun jangan abaikan lanskap bintang. Dengan aperture maksimum yang besar, RF24mm f/1.8 Macro IS STM sangat cocok untuk pemotretan di malam hari, khususnya saat pemandangannya mencakup bentangan luas langit malam yang berbintang. Anda mungkin melihat beberapa sagittal coma flare pada f/1.8, tetapi itu akan hilang saat Anda melakukan sedikit stop down pada lensanya.

EOS R5/ RF24mm f/1.8 Macro IS STM/ Aperture-priority AE (f/1,8, 15 det.)/ ISO 1600/ WB: Auto

Lampu perkotaan membuat langit tampak cerah dalam bidikan ini, tetapi lensanya menghadirkan Bima Sakti yang jernih dan tajam. Aperture maksimum f/1.8 yang besar, memungkinkan Anda menjaga kecepatan ISO tetap rendah untuk meminimalkan noise, memastikan bahwa bintang-gemintang di langit terlihat lebih jernih dan lebih cerah serta langit lebih bersih.


Kesimpulan: Mobilitas luar biasa untuk menjelajahi keindahan alam

RF24mm f/1.8 Macro IS STM adalah lensa serbaguna yang sangat bermanfaat di sekian banyak jenis pemandangan. Saya senang dengan ukurannya yang ringkas dan ringan, yang membuatnya mudah dibawa-bawa dan dijelajahi dari berbagai sudut. Ini adalah salah satu lensa tepercaya yang ingin Anda bawa setiap saat.

Digambar dengan EOS R5

EOS R5 + RF24mm f/1.8 Macro IS STM


Lens Hood EW-65B (dijual secara terpisah)

Spesifikasi utama:

Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 11 elemen dalam 9 kelompok
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah aperture)
Aperture minimum: f/22
Jarak pemfokusan terdekat: 0,14m
Pembesaran maksimum: 0,5x
Diameter filter: 52mm
Ukuran: φ74,4 x 63,1mm
Berat: kira-kira 270g

Konfigurasi lensa

A: Lensa UD
B: Lensa asferis PMo


Mencari lensa sudut lebar untuk ditambahkan ke perlengkapan Anda? Baca selanjutnya mengenai opsi lensa RF lainnya dalam artikel:
Ulasan Lensa: Menyingkirkan kendala pemotretan dengan RF16mm f/2.8 STM
Ulasan Lensa: Jalan-jalan bersama RF15-30mm f/4.5-6.3 IS STM
Ulasan Lensa: RF14-35mm f/4L IS USM dalam Fotografi Lanskap
Ulasan Lensa: RF15-35mm f/2.8L IS USM dalam Fotografi Lanskap

Jika Anda mencari lensa makro yang harganya terjangkau, yang lebih panjang dari lensa ini, harap mempertimbangkan juga:
RF85mm f/2 Macro IS STM: Melihat Alam Lebih Dekat

Mengenai Penulis

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Chikako Yagi

Chikako Yagi baru berusia dua puluh tahun ketika ia mulai mengajar dirinya tentang fotografi dengan menggunakan kamera SLR film. Ia meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk menjadi fotografer lanskap purna waktu pada tahun 2016. Ia magang pada fotografer terkenal, seperti Kiyoshi Tatsuno dan Tomotaro Ema, ia adalah anggota Shizensou Club, yang didirikan oleh salah satu mantan fotografer lanskap paling terkenal dari klub ini. Pada tahun 2013, ia dipilih sebagai salah satu dari 10 Fotografer Top Tokyo Camera Club.

www.chikakoyagi.com
Instagram: @chikako_yagi

Berbagi foto Anda di My Canon Story & berpeluang ditampilkan pada platform media sosial kami