Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

4 Langkah Mudah untuk Menangkap Lingkaran Bokeh Elusif!

Adalah impian setiap fotografer pemula untuk dapat menangkap lingkaran bokeh berkilauan (juga dikenal sebagai bola-bola bokeh) nan indah. Lingkaran bokeh ini merupakan satu cara pasti untuk membuat foto Anda terlihat lebih profesional! Untuk hasil terbaik, ikuti 4 langkah mudah ini. (Dilaporkan oleh studio9)

Bunga dengan latar belakang lingkaran bokeh

 

Menciptakan lingkaran bokeh sebetulnya cukup mudah!

Menciptakan gambar dengan lingkaran bokeh, seperti bidikan bunga camelia yang disinari cahaya matahari dari atas, sesungguhnya tidak sulit. Anda tidak membutuhkan alat bantu atau perlengkapan khusus apa pun—hanya kamera DSLR atau kamera mirrorless Anda.

Lingkaran merah di sekeliling lingkaran bokeh

Lingkaran bokeh sudah dilingkari seperti yang ditunjukkan. Lingkaran bokeh ini tampak berkilauan, bukan?

 

Langkah 1: Cari ‘spot yang berkilauan’

Lingkaran bokeh sesungguhnya dibentuk dari titik cahaya yang berkilauan (sumber titik cahaya). Apabila Anda menggunakan depth-of-field yang dangkal untuk memburamkan (yaitu, menciptakan bokeh) dari sejumlah titik cahaya ini, maka titik-titik ini berubah menjadi sejumlah lingkaran. Itulah mengapa sangat penting untuk mulai dengan mencari area yang berkilauan.

Spot yang kemungkinan berkilau dan dekat dengan Anda, bisa berupa sungai pada hari yang cerah, atau dedaunan yang disinari cahaya matahari terbenam. Cobalah menemukan tempat yang memantulkan cahaya surya dan berkilauan.

 

Bidikan yang memungkinkan

1. Permukaan air yang gemerlapan

Sumber cahaya titik pada permukaan air

 

2. Dedaunan merefleksikan cahaya dari matahari

Sumber cahaya titik pada dedaunan

Pada hari yang cerah, spot berkilau bisa ditemukan ke manapun Anda pergi, jadi amati keadaan sekeliling Anda secara jeli.

 

Saran: Cari tempat berkilau yang menghadap ke matahari

Spot yang berkilau pada dasarnya adalah tempat yang memantulkan cahaya matahari. Biasanya Anda akan menemukannya di area yang memiliki cahaya latar, jadi Anda harus menghadap ke arah matahari untuk mencari tempat yang berkilauan. Kalau Anda berpaling dari matahari, spot berkilauan ini tidak mudah ditemukan.

 

Langkah 2: Tetapkan f-number yang terkecil

Setelah menemukan spot yang berkilau, Anda tinggal menciptakan keburaman! Semakin besar keburaman yang Anda ciptakan, semakin besar lingkaran bokehnya.

Untuk menciptakan keburaman yang besar, tetapkan f-number ke yang terkecil. Pilih Aperture-priority AE untuk mode pemotretan, karena Anda akan perlu mengontrol aperture (bukaan diafragma).

 

Saran: Semakin kecil f-number, semakin besar lingkaran bokeh-nya

Kedua contoh dibidik dengan lensa yang sama pada panjang fokus 85mm, tetapi lihat, ternyata f-number membuat suatu perbedaan!

Lingkaran bokeh pada f/4

Bidikan pada f/4

Lingkaran bokeh pada f/8

Bidikan pada f/8 Lingkaran bokeh lebih kecil dibandingkan bokeh hasil f/4.

 

Langkah 3: Gunakan panjang fokus yang lebih panjang bilamana memungkinkan

Dengan menggunakan panjang fokus yang lebih panjang, membantu Anda menciptakan lingkaran bokeh yang lebih besar. Jika Anda menggunakan lensa zoom, cobalah menangkap gambar pada ujung telefoto.

Contohnya, foto di bawah menggambarkan betapa berbedanya ukuran lingkaran bokeh pada panjang fokus 105mm dan 50mm, bahkan apabila dibidik dengan f-number yang sama.

Lingkaran bokeh pada 105mm

Diambil pada f/4 menggunakan panjang fokus 105mm.

Lingkaran bokeh pada 50mm

Diambil pada f/4 menggunakan panjang fokus 50mm. Untuk menangkap gambar ini, saya lebih mendekati subjek supaya bunga di latar depan tampak seukuran dengan bidikan pada panjang fokus 105mm.

 

Anda bisa melihat bahwa, dengan f-number yang sama pun, lingkaran bokeh lebih besar pada 105mm.

Catatan: Panjang fokus yang semakin panjang, menyebabkan pemandangan yang dapat Anda tangkap pun menjadi berkurang akibat sudut pandang yang lebih sempit. Temukan panjang fokus yang paling sesuai dengan subjek Anda.

 

Saran: Rekomendasi panjang fokus

Ternyata, dengan menggunakan panjang fokus sekurangnya 70mm pada kamera full-frame, atau 50mm pada kamera APS-C, secara relatif menghasilkan lingkaran bokeh besar. Cobalah. Kalau tidak tepat seperti yang Anda inginkan, Anda selalu dapat menyesuaikan sebagaimana mestinya.

 

Langkah 4: Pilih subjek yang sedekat mungkin ke lensa

Berikut saran untuk Anda: Anda bisa mendapatkan bokeh terbaik apabila dua kondisi berikut ini terpenuhi:

- Subjek Anda (yang Anda fokuskan) adalah yang sedekat mungkin ke lensa, dan 
- Spot berkilau (area/benda yang ingin Anda ubah menjadi lingkaran bokeh) berada sejauh mungkin dari subjek.

Solusi: Setelah menemukan spot berkilau, pastikan bahwa subjek yang Anda inginkan berada dalam fokus, berjarak sedekat mungkin ke kamera. Anda mungkin harus lebih dekat secara fisik ke subjek untuk menghasilkan bidikan Anda. 

 

Contoh

Ilustrasi tempat fokus

Untuk membentuk lingkaran bokeh dari spot berkilau (B), subjek yang Anda fokuskan harus berada dekat ke kamera, tetapi secara relatif, juga dekat (B). Untuk gambar di atas, ini adalah bunga yang bertanda (A).

 

Inilah yang terjadi apabila Anda menetapkan fokus pada (A):

Close up hasilnya apabila fokus di latar depan

A: Terletak dekat ke lensa, berada dalam fokus
B: Area yang berkilauan tampak seperti lingkaran bokeh dalam foto

Belukar biasa yang ada di tepi jalan telah diubah menjadi karya seni mungil! Sederhana sekali!

 

FAQ: Bagaimana jika tidak ada apa-apa di depan spot berkilau untuk difokuskan?

Ada kalanya Anda menemukan spot berkilau sewaktu bepergian, tetapi tidak ada apa-apa di depannya yang dapat Anda pilih untuk menempatkan fokus.

 

Solusi: Gunakan Manual Focus (MF) untuk sengaja menggeserkan fokus

Alihkan mode fokus dari AF (Auto focus) ke MF (Manual focus) (Ingat, bahwa ini bukan mode M dalam mode pemotretan!), lalu secara manual putar cincin fokus pada lensa.

Putar cincin ke arah yang akan menempatkan fokus sedekat mungkin ke kamera (mis., putar searah jarum jam untuk lensa Canon). Jika Anda tidak yakin ke arah mana memutar cincinnya, cobalah melirik melalui viewfinder atau gambar Live View pada layar LCD sambil memutar cincin untuk melihat arah mana yang menciptakan keburaman yang besar.

Jika Anda melakukan itu, seyogianya Anda dapat mengambil foto yang serba indah seperti foto di bawah.

Lingkaran bokeh dari permukaan air

Ingat permukaan air yang gemerlapan pada Langkah 1? Inilah yang saya dapatkan setelah menciptakan lingkaran bokeh dari itu.

 

Lingkaran bokeh dari lampu hiasan

Karena nightscape (bentangan malam) cenderung menampilkan titik cahaya, Anda juga dapat menerapkan metode yang sama! Setelah Anda menguasai MF, Anda akan dapat menciptakan lingkaran bokeh dengan apa saja.

 

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang bisa Anda lakukan dengan lingkaran bokeh, di sini:
Cara Menciptakan Latar Belakang Berkilau dengan Lingkaran Bokeh untuk Gambar Hiasan yang Cantik
Teknik Lensa Telefoto: Menciptakan Beberapa Lapisan "Bokeh"
Memotret Bunga: Cara Menciptakan Lampu Sorot Lingkaran Bokeh yang Cemerlang dengan Lensa Makro
Teknik Lampu Kilat #6: Cara Menciptakan Lingkaran Bokeh Ajaib Saat Hujan (menggunakan lampu kilat terpasang)
Kamera FAQ #20: Bagaimana Memotret Bunga yang Lebih Dramatis?
Cara Memotret Gambar Lampu Hiasan nan Membuai

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

studio9

studio9

Situs web fotografi yang didirikan di Jepang pada tahun 2011. Dengan slogan "Menghadirkan fotografi lebih dekat ke Anda", situs ini menyediakan konten yang bermanfaat bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Di samping konten web, studio9 juga mengadakan berbagai seminar dan lokakarya.

http://photo-studio9.com/