Produk

EOS M10 Pelajaran 5: Cara Menangkap Gemerlapnya Cahaya Natal

Kamera mirrorless Canon yang elegan dan ringan, EOS M10, populer karena pemakaiannya yang mudah, bahkan bagi mereka yang tidak mahir menggunakan kamera! Pelajaran 5 mengajarkan teknik lingkaran bokeh satu titik yang bahkan para pemula dapat langsung mencobanya untuk mengambil foto bentangan malam dengan dengan cahaya Natal serba indah, menggunakan EOS M10. Selain itu, pelajari sebagian teknik berguna untuk menanggulangi goyangan kamera, musuh bebuyutan Anda ketika memotret bentangan malam! (Foto oleh: Takashi Akaogi, Diedit oleh: Etica)

 

Manfaatkan lingkaran bokeh dan menu "Contrast" dalam bidikan Anda

Lingkaran bokeh adalah lingkaran cahaya buram yang ditangkap dengan cara memburamkan sumber cahayanya. (Pelajari selengkapnya tentang itu dalam Lensa FAQ #8.) Apabila lingkaran bokeh dipadukan ke dalam bidikan bentangan malam, semua ini akan membuat foto Anda terlihat lebih ajaib dan cantik. Apalagi, menggunakan menu "Saturation" dalam fungsi Creative Assist yang Anda pelajari dalam Pelajaran 2, akan membuat warna-warni cahaya lampu Natal terlihat semakin menawan.

 

Butir 1: Cara mengambil lingkaran bokeh

Dengan menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang dalam menu "Background" dengan fungsi Creative Assist seperti yang Anda pelajari dalam Pelajaran 1, Anda akan mampu mengendalikan bagaimana menangkap bokeh di latar depan dan latar belakang.

Semakin Anda menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang dalam menu "Background" ke arah ujungnya yaitu "Blurred", semakin sempit kisaran fokusnya, sehingga membuat sumber cahaya di depan dan di belakang subjek yang difokuskan akan tampak sebagai lingkaran bokeh.

 

EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ Creative Assist/ Background+3

Dengan menempatkan cahaya dekoratif tepat di depan kamera dan memusatkan pada orang yang berjalan di kejauhan, saya berhasil memburamkan cahaya lampu di depan dengan skala besar dan menangkapnya sebagai lingkaran bokeh.

 

Aplikasi:  Cara menciptakan efek bokeh penuh

Ada juga teknik untuk mendapatkan polesan yang membuat seluruh foto menjadi tidak fokus untuk menyoroti lingkaran bokehnya.
Pertama, taruh tangan Anda sedikit di depan lensa untuk memfokus di ujung yang sangat dekat lalu lepaskan tangan Anda sambil menjaga fokusnya untuk mencoba mengambil bidikan dengan membuat seluruh layarnya terdefokus. Seluruh bidikan ini akan menjadi defokus, menciptakan kesan lembut.

Sebelum

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist

Sesudah

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist

 

Butir 2: Sesuaikan saturasi ke arah ujung "Vivid" untuk membuat warna-warni cahaya Natal terlihat lebih menonjol!

Jika Anda ingin menyoroti keindahan warna-warni cahaya Natal, saya merekomendasikan peningkatan saturasi untuk mengekspresikan kejelasan aneka warnanya.

 (Perlu penyegaran ulang mengenai cara melakukannya? Baca lagi EOS M10 Pelajaran 2.)

Jika Anda mengatur intensitas ke arah "Vivid" dengan fungsi Creative Assist, warna polesan akhir pada umumnya akan tampak lebih baik.

 

Sebelum

EF-M22mm f/2.0 STM/ Creative Assist/ Brightness±0, Contrast±0, Vivid±0

Sesudah

EF-M22mm f/2.0 STM/ Creative Assist/ Brightness+2, Contrast+2, Vivid+2
Cahaya dekoratif merah muda dan hijau akan ditangkap lebih jelas, dan perbedaan kecerahan lebih tinggi, sehingga mencapai polesan umum yang kelihatannya tajam serta jelas.

 

Butir 3: Menanggulangi goyangan kamera sangat penting saat membidik dalam kondisi rendah cahaya!

Dalam kondisi rendah cahaya, kecepatan rana akan melambat untuk mencapai kecerahan yang sesuai dengan sedikit pencahayaan. Ketika kecepatan rana melambat, kamera bergoyang, dan hal ini memudahkan terjadinya keburaman pada subjek. Penting untuk melatih sikap tubuh agar bisa membawa kamera secara mantap untuk mencegah goyangan kamera.

Menerapkan sikap tubuh untuk memegang kamera secara mantap

Kepit kedua lengan rapat-rapat ke sisi tubuh Anda dan sokong kamera dengan tangan kiri Anda dari alas kamera. Apabila Anda ingin merentangkan lengan untuk mengambil bidikan, tarik tegangan tali untuk menyokong dan menstabilkan kamera.

(Di sini ada lebih banyak saran untuk mencegah goyangan kamera, apabila membidik dalam kondisi rendah cahaya.)

 

Saran: Ujung telefoto direkomendasikan untuk sudut pandang

Bahkan, meski Anda mengambil bidikan dari tempat yang sama, polesannya akan sangat bervariasi, bergantung dari apakah sudut pemandangan (focal distance) lensa Anda disesuaikan terhadap ujung telefoto (60mm atau lebih*), atau terhadap ujung wide-angle (35mm atau kurang*). 

(Baca selengkapnya mengenai karakteristik berbagai lensa.)

Sewaktu membidik cahaya Natal, saya menganjurkan menggunakan lensa ujung telefoto. Dengan efek kompresi perspektif lensa telefoto, cahaya Natal dari depan ke belakang akan menjadi lebih padat, menciptakan bidikan yang indah dan terlihat penuh.

*Nilai setara 35mm

 

Bidik di 45mm (nilai setara 35mm: kira-kira 72mm)

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM

 

Bidik di 15mm (nilai setara 35mm: kira-kira 24mm)

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

EOS M10 Kit (EF-M15-45mm)

Kamera mirrrorless yang sempurna bagi para pemula, karena dapat digunakan secara bebas dan mudah, seperti smartphone. Fungsi Creative Assist memberikan opsi yang mudah dipahami untuk efek polesan akhir, sehingga pengguna dapat memahami tentang berbagai efek tanpa harus mengetahui istilah khusus teknis apa pun. Bodi dan lensa ringkas serta ringan, yang sungguh menyenangkan untuk menggunakannya, dan dapat ditenteng ke mana-mana.

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

 

 

Takeshi Akaogi

 

Sebagai fotografer, Akaogi terutama bekerja untuk majalah dan menulis buku yang memperkenalkan fotografi dan berbagai saran praktis. Ia juga mengajar di lokakarya fotografi.

http://www.flipphoto.org

 

Etica

 

Tim di balik layar majalah kamera Jepang “Camera Biyori” serta sejumlah buku lainnya. Juga mengatur berbagai acara dan menjalankan "Tanoshii Camera School", sekolah fotografi.

https://etica.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.