Close
Produk >> All Products In Focus: Ulasan EOS R6- Part 2

[Ulasan Langsung] EOS R5 dalam Fotografi Kecantikan

Fotografer fashion dan kecantikan, Zantz Han (@zantz (Versi Inggris)) membawa EOS R5 ke studio untuk pemotretan kecantikan, dan akhirnya terobsesi oleh kamera ini. Ia berbagi hal yang paling berkesan. (Foto oleh Zantz Han, sesuai ungkapannya kepada tim SNAPSHOT).

 

Saat karya seni berpadu dengan niaga, detail, kreativitas, dan keserbagunaan menjadi sorotan 

Dunia fotografi kecantikan, fashion dan komersial bergerak sangat cepat, dengan tenggat waktu yang ketat serta kreativitas yang menerobos keterbatasan. Tiap proyek menghadirkan segudang kemungkinan, dan sering kali, berbagai hal kecil—tekstur, ekspresi, detail yang rumit—berperan penting.

Sensor gambar, megapiksel, dan optik lensa kamera, semua bekerja sama untuk memastikan bahwa semua detailnya tampak jernih, jelas, dan terselesaikan secara indah, meskipun semuanya dicetak pada spanduk.  Karena itulah saya sungguh tertarik untuk mencoba EOS R5 yang baru bersama RF28-70mm f/2L USM dan RF85mm f/1.2L USM. Kamera yang memiliki 45 megapiksel ini menjanjikan pemanfaatan potensi dudukan RF melampaui segala hal yang memungkinkan pada kamera yang saya miliki saat itu, EOS R 30,3 megapiksel.

 

AF: Cepat, andal, pendeteksian wajah dan mata yang mulus, bahkan dalam pencahayaan yang rumit

EOS R5/ RF85mm f/1.2L USM/ FL: 85mm @ f/2, 1/250 det., ISO 400

Bidikan ini dilakukan di studio yang gelap gulita, yang hanya diterangi dua lampu LED, yang saya gunakan untuk menarik perhatian ke area mata sang model. Segala benda lainnya diterpakan dalam bayangan.

Penentuan fokus pada kamera lain, bahkan pada EOS R, bisa sangat rumit pada pemandangan semacam itu, karena AF kamera mudah terganggu oleh lampu sorot yang benderang seperti lampu sorot pada blus putih yang dikenakannya. Namun begitu, dengan EOS R5, AF Pendeteksian Wajah dan Pendeteksian Mata bisa langsung mendapatkan fokus dan tetap terkunci selama pemotretan, bahkan ketika sang model bergerak, dan wajahnya tersembunyi sebagian. Fokus yang andal sangat berperan dalam memastikan bahwa seluruh pemotretan berjalan lancar dan mulus.


EOS R5/ RF28-70mm f/2L USM/ FL:47mm @ f/2.8, 1/250 det., ISO 800

 

In-Body IS: Mengobarkan potensi kreativitas

EOS R5/ RF28-70mm f/2L USM/ FL:36mm @ f/2, 1/125 det., ISO 400

Untuk fotografi kecantikan, saya selalu bergerak ke sana-sini untuk mencari sudut yang paling bagus, dan pemotretan sambil menggenggam kamera sungguh praktis. In-Body Image Stabilizer (In-Body IS) pada EOS R5 meningkatkan kemungkinan pemotretan genggam dengan lensa yang tidak dilengkapi Optical (in-lens) Image Stabilizer (Optical IS), seperti kedua lensa yang saya gunakan untuk pemotretan ini, juga lensa saya sendiri RF50mm f/1.2L USM.

Dengan EOS R5, RF28-70mm f/2L USM dan RF85mm f/1.2L USM, keduanya dapat melakukan hingga setara dengan kecepatan rana delapan stop dari stabilisasi gambar, sedangkan RF50mm f/1.2L USM dapat melakukan hingga setara dengan kecepatan rana tujuh stop. Hal itu melampaui kemungkinan yang diperkirakan apabila menggunakan lensa IS apa pun yang kompatibel pada EOS R.

Baca juga: Bagaimana Stop Image Stabilization Ditentukan?

 

Viewfinder high-definition yang jernih

Saya senang memotret melalui viewfinder, karena saya dapat memusatkan perhatian pada pemandangannya. Viewfinder elektronik (EVF) khususnya berguna apabila bekerja dengan lampu strobo dan lampu kilat, karena dengan melalui viewfinder, Anda bisa melihat dalam kondisi cahaya redup, bahkan di studio yang gelap gulita.

Dengan 5,76 juta titik, EVF pada EOS R5 memiliki resolusi yang lebih tinggi dari 3,69 juta titik yang terdapat pada EOS R, sehingga lebih jelas. Semakin baik untuk memeriksa detail dan memastikan segalanya sebelum saya membidik.

 

Mampu melakukan hal yang ekstrem dalam desain penerangan

EOS R5/ RF85mm f/1.2L USM/ FL: 85mm @ f/4, 1/160 det., ISO 400

Pencahayaan sangat mempesona saya. Sebelum menjadi seorang fotografer, saya mempelajari cara menerangi dan menampilkan animasi 3D, dan bahkan sekarang, saya suka merancang dan menyusun pencahayaan untuk pemotretan. Dengan pemfokusan dan pelacakan AF yang luar biasa dalam kondisi cahaya redup, In-Body IS, dan penglihatan yang lebih baik dalam gelap, berkat EVF, saya merasa semakin diberdayakan untuk lebih berani dalam merancang penerangan, seperti bidikan di atas, untuk foto kompetisi penataan rambut.

EOS R5 juga berguna untuk berbagai situasi saat Anda perlu menyesuaikan arah dan/atau intensitas penerangan potret wajah setelah membidik. Bacalah: 
Portrait Relighting: Ketahui Tentang In-Camera Lighting Crew

 

Secara istimewa menyelesaikan berbagai detail, hingga ke setiap helai bulu mata

EOS R5/ RF28-70mm f/2L USM/ FL:58mm @ f/2, 1/125 det., ISO 400

Sewaktu pasca-pemrosesan gambar yang saya bidik pada EOS R5, yang sangat menonjol adalah cara penanganan noise yang istimewa dan ketajaman detailnya.

Berikut adalah hasil krop 100% dari gambar 400 x 400 piksel yang dibidik pada tiap lensa yang saya gunakan.

 

RF28-70mm f/2L USM @ f/2

RF85mm f/1.2L USM @ f/2


RF28-70mm f/2L USM @ f/2


RF85mm f/1.2L USM @ f/2

Pada kedua gambarnya, setiap helai alis mata terselesaikan secara sempurna. RF85mm f/1.2L USM dan RF28-70mm f/2L USM terkenal kehebatannya dalam hal ketajaman serta kejernihan, dan menurut saya, EOS R5 45 megapiksel sungguh menunjukkan kemampuannya.

 

Lebih dari sekadar soal kualitas gambar

Keunggulannya dalam mengemukakan berbagai detail tidak saja membuat perbedaan untuk potret kecantikan dan close-up wajah, tetapi juga berarti keleluasaan yang lebih baik untuk memenuhi permintaan dari dunia pemasaran dan periklanan.

Klien sering menginginkan krop yang berbeda dari gambar yang sama untuk platform dan media pemasaran yang berlainan. Rangkaian dari pencetakan spanduk dan kolateral hingga media digital untuk toko online, media sosial, grafik situs web dan lain sebagainya. Semua ini membantu mengkrop sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil close-up yang bisa dikatakan mengukir nama merek yang dikenakan oleh sang model, dan tetap bisa dijamin bahwa resolusinya istimewa, tanpa harus memotret ulang dengan menggunakan lensa makro.

2560 x 1440: Gambar sampul saluran YouTube
1980 x 1080: Spanduk Facebook atau gambar sampul/Website masthead
1200 x 630: Facebook feed post
1080 x 1980: Kisah di Instagram/Facebook
1080 x 1080: Instagram feed post (persegi)
400 x 400: Foto profil media sosial
(Unit: piksel)

Ukuran lazim yang digunakan dalam pencetakan dan media sosial, ditunjukkan di samping resolusi gambar terbesar yang dimungkinkan pada EOS R5 dan EOS R. Resolusi gambar yang lebih besar dipadukan dengan penyampaian yang istimewa dari berbagai detail mungil, meningkatkan berbagai kemungkinan kreativitas apabila memanfaatkan gambar untuk pencetakan dan media digital.


Video 8K: Keleluasaan yang sama dalam media yang berbeda-beda

Dengan berkembangnya teknologi dan meningkatnya media sosial, terdapat pula peningkatan permintaan dari berbagai merek untuk membuat konten video selain gambar diam. Para fotografer fashion harus menjadi pembidik yang serba-bisa agar tetap dapat bersaing. Persis seperti yang dilakukan resolusi 45 megapiksel untuk gambar diam, kemampuan perekaman video 8K pada EOS R5, juga menjanjikan lebih banyak kemungkinan untuk pembuatan video, yang membuatnya sangat berharga untuk produksi konten yang beraneka-ragam.

 

Kesan secara keseluruhan: “Seakan kepanjangan tangan saya”

Gambar dalam artikel ini tidak menceritakan sepenuhnya tentang keunggulan EOS R5. Banyak hal di balik layar—seperti, betapa nyaman memegang kamera ini, betapa kamera ini dapat dioperasikan secara naluri, dan betapa kamera ini membantu saya merealisasikan bayangan kreatif saya secara mulus. Ini terasa seperti kepanjangan tangan saya.

Persis seperti yang saya perkirakan, EOS R5 memang mengagumkan apabila dipasangkan dengan lensa RF85mm f/1.2L USM dan RF28-70mm f/2L USM, menghadirkan yang terbaik dari kemampuan penyelesaian luar biasa lensa ini. Jika ini yang bisa dilakukan EOS R5, ini membuat saya tertarik mengenai kamera sistem EOS R mendatang dengan megapiksel yang lebih besar, yang kemungkinan bisa dicapai.

Tapi, itu di masa mendatang. Untuk sekarang ini, EOS R5 yang saya dambakan hampir setiap hari, berikut berbagai kemungkinan baru yang tak terhitung banyaknya, yang bisa dihadirkannya.


Pelajari selengkapnya mengenai EOS R5 di:
EOS R5 vs EOS R6: 5 Perbedaan Penting yang Perlu Dicatat
Mengapa EOS R5 menjadi Kamera Ideal Saya untuk Fotografi Lanskap

Bertanya-tanya tentang EOS R6? Bacalah:
[Ulasan Langsung] EOS R6 dalam Fotografi Konser Seni Tari

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Zantz Han

Zantz Han

Berkedudukan di Singapura, fotografer serta pembuat film kecantikan dan fashion, Zantz Han, memandang fotografi sebagai cara komunikasi pilihannya dengan dunia. Dia bertujuan untuk membekukan kehidupan dan kecantikan dalam gambar abadi yang membangkitkan indera penonton. Dengan menyandingkan karya seni dan komersial, ia berharap bahwa berbagai karyanya ikut menyukseskan kliennya dalam bidang niaga dan editorial, yang menyertakan merek fashion regional seperti ZALORA serta majalah fashion, ELLE Croatia. Pada 2018, ia dijuluki Fotografer Fashion Pilihan pada acara ZALORA Style Awards.

Situs web: https://www.zantzhan.com/ (Versi Inggris)
Instagram: @zantz (Versi Inggris)