Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products Dalam Fokus: Dasar-dasar Fotografi Flash Eksternal- Part 1

Speedlite Flash Canon Manakah yang Dipilih?

Seri Speedlite Canon menawarkan berbagai jenis external flash yang sesuai dengan subjek dan tujuan bidikan Anda. Jenis flash secara jelas dapat dikenali, bukan hanya dari nomor panduan, yang mengindikasikan jumlah cahaya yang dipancarkan, tetapi juga perbedaan seperti ukuran dan bisa-tidaknya melakukan bounce flash (cahaya pantulan). Beginilah cara memilih external flash yang sesuai dengan gaya pemotretan Anda. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

Canon Speedlite 600EX II-RT, Speedlite 430EX III-RT, Speedlite 270EX II

 

Fitur utama Speedlite

External flash (Lampu kilat eksternal) Canon dikategorikan ke dalam tiga jenis—large (besar), medium (sedang), small (kecil)—yang dibedakan oleh jumlah cahaya yang dipancarkannya. Model andalan, Speedlite 600EX II-RT, bentuknya besar dan memberikan pencahayaan yang kuat; Speedlite 430EX III-RT adalah model kisaran menengah (sedang) yang ringkas namun memberikan pencahayaan yang mencukupi; dan Speedlite 270EX II adalah model level pemula yang ringkas dan ringan, serta memberikan jumlah cahaya yang sedikit. Meskipun tidak ada lampu kilat yang memadukan semua kualitas yang diinginkan ke dalam unit tunggal, namun masing-masing jenisnya menawarkan keuntungan yang berbeda-beda. Pilih unit lampu kilat berdasarkan prioritas Anda.

 

Speedlite 600EX II-RT ,Speedlite 430EX III-RT,Speedlite 270EX II

 

Model andalan dengan pencahayaan yang kuat

Speedlite 600EX II-RT

Speedlite 600EX II-RT

Direkomendasikan bagi pengguna yang:

- Ingin menggunakan lampu kilat dari kejauhan, misalnya ketika memotret acara olahraga atau peristiwa yang terjadi di panggung.
- Ingin mengambil foto dengan latar belakang diburamkan, bahkan ketika memotret di luar ruangan pada hari cerah.
- Ingin menggunakan lampu kilat secara beruntun selama pemotretan beruntun.

 

Dibidik dengan Speedlite 600EX II-RT

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 55mm (setara 88mm)/ Manual exposure (f/5,6, 1/1000 det.)/ ISO 200/WB: Auto/ Speedlite 600EX II-RT

Fitur Speedlite 600EX II-RT yang paling memikat adalah kemampuannya untuk memberikan pencahayaan dari kejauhan serta memancarkan cahaya secara beruntun. Pada foto yang sama, kami menggunakan high-speed sync untuk pemotretan beruntun, yang memerlukan intensitas cahaya. Lampu kilat ini sangat berharga apabila memotret acara olahraga atau pertunjukan di atas panggung, di mana subjek berada pada jarak jauh. Selain itu, secara umum juga bagus sekali untuk fotografi potret wajah, khususnya untuk menciptakan bokeh latar belakang.

 

Model kisaran menengah yang berfungsi tinggi

Speedlite 430EX III-RT

Speedlite 430EX III-RT

Direkomendasikan bagi pengguna yang:

- Ingin mengambil bidikan yang indah pada objek diam, bunga atau hidangan di atas meja.
- Sering menggunakan lensa dengan kisaran panjang fokus tidak lebih luas dari sudut lebar hingga telefoto sedang.
- Ingin menggunakan pencahayaan yang benderang, tetapi juga ingin mempertahankan perlengkapan seringan mungkin.

 

Dibidik dengan Speedlite 430EX III-RT

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 43mm (setara 69mm)/ Manual exposure (f/8, 1/160 det.)/ ISO 100/WB: Auto/ Speedlite 430EX III-RT

Pengguna yang terutama membidik dengan lensa zoom standar, tidak memerlukan lampu kilat yang sekuat Speedlite 600EX II-RT. Seperti yang ditunjukkan pada foto contoh, cahaya yang dihasilkan oleh Speedlite 430EX III-RT mencukupi untuk menghasilkan foto serba indah apabila sang fotografer berada dekat dengan subjeknya, misalnya untuk fotografi tabletop (atas meja) atau fotografi makanan. Lampu kilat ini juga ideal bagi para fotografer yang ingin perlengkapannya seringan mungkin.

 

Model level pemula yang ringkas dan ringan

Speedlite 270EX II

Speedlite 270EX II

Direkomendasikan bagi pengguna yang:

- Menggunakan external flash (lampu kilat eksternal) untuk pertama kali.
- Akan menggunakan lampu kilat untuk fotografi jalanan di sekeliling kota.
- Lebih suka dengan perlengkapan yang seringkas dan seportabel mungkin.

 

Dibidik dengan Speedlite 270EX II

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 55mm (setara 88mm)/ Manual exposure (f/5,6, 1/60 det.)/ ISO 400/WB: Auto/ Speedlite 270EX II

Daya pikat Speedlite 270EX II yang ringkas dan ringan ini yaitu, dapat mudah dimasukkan ke dalam saku tas kamera Anda, sehingga mudah dibawa ke mana saja untuk digunakan. Lampu kilat ini berguna dalam sejumlah pemandangan dalam kondisi rendah cahaya, seperti dalam foto contoh, di mana kami memotret hiasan di etalase toko yang gelap. Walaupun lampu kilat ini tidak dapat mengimbangi Speedlite 600EX II-RT atau Speedlite 430EX III-RT dari segi intensitas cahaya dan sudut pencahayaan, namun lampu kilat ini cukup ringkas dan dapat Anda bawa setiap hari, sehingga tidak meluputkan peluang foto apa pun.

 

Untuk saran dan tutorial lebih lanjut mengenai Speedlites, bacalah artikel berikut ini:
Dalam Fokus: Dasar-dasar Fotografi Flash Eksternal
Dalam Fokus: Speedlite

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Teppei Kohno

Teppei Kohno

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2003. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp