Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

2 Produk Baru Canon untuk Menambah Perlengkapan Fotografi Mirrorless Anda

Pada tanggal 5 September 2018, Canon mengumumkan tentang EF-M32mm f/1.4 STM, lensa prima aperture besar yang baru untuk seri kamera mirrorless EOS M, dan Speedlite EL-100, clip-on flash (lampu kilat jepit-pasang) baru yang ringkas. Kedua produk baru ini dimaksudkan untuk meluaskan berbagai kemungkinan kreatif bagi mereka yang ingin meningkatkan kemahiran fotografi mereka dengan kamera mirrorless. (Dilaporkan oleh: Makoto Suzuki (Digital Camera Watch))

 

 

EF-M32mm f/1.4 STM: Cepat, ringkas dan ringan

Dengan semua keunggulannya, lensa aperture besar (atau lensa “pesat”) juga ada benda penting lainnya dalam tas kamera para penggemar fotografi. Seperti lensa prima f/1.4 pertama dari Canon, EF-M32mm f/1.4 STM pun tidak terkecuali. Bokeh istimewa nan membuai, secara khusus merupakan suatu kualitas yang bahkan fotografer pemula pun akan mengapresiasinya—terutama untuk fotografi potret wajah.

 

Buram latar belakang yang indah dan membuai, yang terkenal pada lensa f/1.4

Potret wajah dengan bokeh

EOS M5/ EF-M32mm f/1.4 STM/ FL: 32mm (setara 51mm)/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/400 det., EV+0,3)/ ISO 100/ WB: Daylight

Didesain dengan mempertimbangkan durabilitas dan kecanggihan, EF-M32mm f/1.4 STM dilengkapi dudukan logam yang memberikan kesan canggih. Panjang fokus 51mm (setara film 35mm), memberikan sudut pandang standar yang serupa dengan mata manusia, yang membuat lensa ini tidak saja merupakan pilihan unggul untuk potret wajah dan fotografi jalanan, tetapi juga ideal untuk lensa serbaguna yang umum, bagi mereka yang ingin mengasah keterampilan mereka tentang teknik lensa.

 

EF-M32mm f/1.4 STM

Spesifikasi utama lainnya:
- Konstruksi lensa: 14 elemen dalam 8 kelompok (lensa asferis cetakan kaca)
- Jumlah bilah aperture: 7
- Aperture minimum: f/16
- Jarak pemfokusan terdekat: 0,23m (Layak dicatat, mengingat bahwa kebanyakan lensa setara 50mm, jaraknya 0,45m)
- Pembesaran maksimum: 0,25x
- Diameter filter: 43mm
- Sakelar pembatasan jarak pemfokusan memungkinkan pengguna membatasi bingkai pemfokusan AF dari 0,5m hingga tak terhingga
- Pemfokusan manual full-time dimungkinkan apabila mode ‘AF+MF’ dipilih pada kamera.
- Diameter maks. × Panjang total: Φ60,9 × 56,5mm (diameter eksternal yang sama seperti laras lensa EF-M saat ini)
- Berat kira-kira 235g

 

Sangat bagus untuk close-up: Jarak pemfokusan terdekat 0,23m

Bidikan close-up

EOS M5/ EF-M32mm f/1.4 STM/ FL: 32mm (setara 51mm)/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/500 det., EV-0,3)/ ISO 100/ WB: Daylight

 

Lens Hood ES-60

Lens Hood ES-60 (dijual secara terpisah)

 

Speedlite EL-100: Clip-on flash (lampu kilat jepit-pasang) ringkas untuk para pemula fotografi lampu kilat

Satu lagi tambahan yang ringkas, ringan dan praktis untuk isi tas fotografer yang bersemangat, tersedia dalam bentuk Speedlite EL-100, yang diumumkan pada hari yang sama EF-M32mm f/1.4 STM diumumkan.

Lampu kilat jepit-pasang ini adalah penerus Speedlite 270EX II, yang dilengkapi flash head yang tidak saja bisa dimiringkan 90° ke atas seperti model pendahulunya, tetapi juga dapat diputar hingga 150° ke kiri dan 180° ke kanan. Fleksibilitas semacam itu membuat lampu kilat ideal untuk fotografi lampu kilat pantulan, termasuk pantulan dari plafon dan pantulan dinding. Pantulan dinding dimungkinkan meskipun memegang kamera dengan arah vertikal.

 

Speedlite EL-100 depan
Speedlite EL-100 belakang
 
Speedlite EL-100 (miring ke kiri depan)

 

Speedlite EL-100 dilengkapi nomor panduan maksimum 26 (pada ISO 100, m, pada panjang fokus 50mm). Nomor panduan mendukung cakupan lampu kilat 24mm dan 50mm, dan pengguna dapat beralih secara manual di antara keduanya. Nomor panduan pada 24mm yaitu 21.

Mode Continuous Shooting Priority (CSP) yang baru, secara otomatis mengurangi output lampu kilat sebanyak 1 stop dan meningkatkan kecepatan ISO kamera sebesar 1 stop untuk menghemat pemakaian daya, sehingga meningkatkan jumlah kilatan yang memungkinkan selama pemotretan beruntun dan fotografer berpeluang baik untuk mendapatkan bidikan yang bagus. Harap diperhatikan bahwa meskipun mode ini dapat dipilih melalui ‘pengaturan mode Flash’ pada kamera, namun ini hanya didukung oleh kamera yang lebih baru.

 

Speedlite EL-100 profil kiri (normal)
Speedlite EL-100 profil kiri (flash head dimiringkan ke atas)

 

Penembakan di luar kamera dimungkinkan dengan Speedlite EL-100, yang mendukung komunikasi nirkabel melalui transmisi optik. Speedlite yang baru, bisa digunakan sebagai alat pengirim maupun alat penerima: Pengguna dapat menembakkannya dengan menggunakan lampu kilat terpasang dari kamera yang kompatibel sebagai pemicunya, atau menjepitkannya pada kamera yang kompatibel tanpa lampu kilat terpasang dan digunakan untuk memicu lampu kilat lainnya yang mendukung transmisi optik.

Dengan desain baru yang membanggakan portabilitasnya yang sudah lebih baik, ruang penyimpanannya pun tidak bermasalah. Dengan area pijakan kaki yang lebih kecil dari model pendahulunya, Speedlite 270EX II, Speedlite EL-100 bentuknya ramping dan akan mudah masuk ke dalam ruang yang kecil di dalam tas kamera milik penggunanya.

Huruf “EL” pada nama produk diambil dari kata “EOS Lighting System”, dan semua produk lampu kilat Canon mendatang ditetapkan untuk mengikuti konvensi penamaan baru ini.

 

Ketahui selengkapnya mengenai jenis lensa yang berbeda-beda di sini:
Serba-serbi Lensa
Dalam Fokus: Dasar-Dasar Lensa

Bacalah selengkapnya mengenai fotografi lampu kilat di sini:
Dalam Fokus: Dasar-dasar Fotografi Flash Eksternal

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Watch

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/