Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

3 Cara Menggunakan EOS M6 untuk Bidikan Lanskap Perkotaan yang Stylish

Modern dan stylish, EOS M6 adalah kamera mirrorless yang dapat diadaptasi dengan baik ke bentangan kota. Tidak hanya desainnya yang superior, namun kualitas gambar dan performanya juga tanpa cela. Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan teknik pemotretan yang saya rekomendasikan untuk fotografi jalanan, memfokuskan pada pemotretan bentangan kota dengan EOS M6. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

Foto lanskap, dibidik dengan EOS M6

EOS M6/ EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 18mm (setara 29mm)/ Aperture-priority AE (f/8, 1/160 det., EV-1/3)/ ISO 160/ WB: Tungsten light/ Picture Style: Fine Detail

Saya mencurahkan perhatian ke tekstur bangunan, dan menetapkan Picture Style ke "Fine Detail" dan WB ke "Tungsten light" untuk memberikan sentuhan polesan akhir yang dramatis, karena kalau tidak begitu, bangunan terlihat mati.

 

1. Gunakan Creative Filter untuk menambahkan nada warna yang gaya ke foto Anda

Manfaatkan bentuk yang jernih dari sekian banyak subjek fotografi jalanan

Yang pasti, Anda harus mencoba menggunakan Creative Filter apabila memotret bentangan kota dengan EOS M6. Di antara semuanya, terdapat lima efek HDR yang berbeda-beda, serta tujuh filter lainnya yang bisa Anda pilih untuk diterapkan ke gambar Anda. (HDR adalah singkatan ‘High Dynamic Range’, dan filter HDR pada kamera, secara otomatis menyatukan tiga bidikan pemandangan yang sama, yang diambil pada pencahayaan berbeda, ke dalam satu gambar.) 

Pemandangan jalanan dan kota, membuat subjek Creative Filter terlihat sangat bagus. Tidak seperti lanskap, bangunan, papan nama yang alami, dan jalanan memiliki bentuk yang jelas, yang membuat efek tampak lebih jelas. Contoh tipikal Creative Filter yang bisa Anda gunakan untuk pemandangan kota yaitu, ‘Miniature effect’, yang membuat gambar terlihat seperti model miniatur, dan ‘Fish-eye effect’, yang menangkap gambar dengan distorsi bentuk barel.

Dalam contoh di bawah, saya menggunakan ‘Miniature effect’ untuk membidik pemandangan jalanan, dan secara berani memburamkan latar belakang ke efek yang dramatis. Ini adalah contoh Creative Filter yang bisa menambahkan dampak, bahkan ke bidikan pemandangan biasa.

Menggunakan Creative Filter ‘Miniature effect’ untuk mengubah bidikan biasa menjadi bidikan yang dramatis

EOS M6/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 16mm (setara 26mm)/ f/5.6/ 1/60 det./ Creative Filter: Miniature effect/ ISO 160/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Standar

‘Miniature effect’ diterapkan untuk menangkap seseorang sebagai siluet untuk polesan akhir yang lebih unik. Sungguh membantu, bahwa pada EOS M6, Anda bisa mengecek efek pada monitor LCD sambil Anda membidik.

 

Menggunakan Creative Filter ‘Miniature effect’

1. Tetapkan ke Mode Dial ke [Creative Filters](A), kemudian tekan [Quick Set menu](B).

EOS M6

 

2. Karena item menu ditampilkan pada bagian bawah layar, pilih [Miniature effect](C).

EOS M6: Memilih 'Miniature effect'

 

3. Untuk mengubah posisi bingkai, gerakkan roda pengendali ke atas atau ke bawah, atau putar rodanya.

EOS M6: Layar menu - menavigasi

 

4. Gerakkan roda pengendali ke kiri atau kanan untuk mengubah posisi vertikal, dan tekan [INFO.] untuk mengubah ukuran bingkai.

EOS M6: Layar Menu, Ikon tombol Info

 

2. Konfigurasi mode pemotretan khusus untuk akses cepat ke pengaturan favorit Anda

Lebih memudahkan untuk menangkap peluang foto yang tidak terduga

Dalam fotografi jalanan, Anda mungkin menjumpai banyak peluang foto yang secara naluri, Anda ingin menangkapnya. Tempo bidikan Anda juga penting, dan sangat merepotkan kalau harus mengubah pengaturan, bahkan jika diperlukan.

Untuk situasi semacam itu, mode pemotretan khusus, adalah fitur yang sangat berharga. Manfaat fitur ini yaitu, memungkinkan Anda untuk mengatur lebih dulu mode pemotretan yang sering Anda gunakan, dan fitur yang sudah Anda tetapkan untuk preferensi Anda. Dengan cara itu, Anda bisa langsung mengakses pengaturan khusus saat diperlukan.

Untuk bidikan ini, mode pemotretan khusus yang saya atur, disatukan dalam mode Program AF dan Picture Styles ‘Landscape’ serta ‘Monochrome’ dengan pengaturan secara detail yang dikustomisasi agar sesuai dengan preferensi saya. Saya akan menggunakan ini untuk pemandangan yang sesuai untuk penggambaran yang jelas, dan apabila saya ingin memberikan polesan akhir foto saya dalam nada monokrom. Semua ini memungkinkan saya untuk membidik secara cepat dan mudah.

Foto lanskap, dibidik dengan EOS M6 dengan mode custom shooting (pemotretan khusus)

EOS M6/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 17mm (setara 27mm)/ Program AE (f/10, 1/200 det.)/ ISO 100/ WB: Daylight (A1, G2)/ Picture Style: Landscape

Saya menerapkan mode custom shooting yang sudah saya atur sebelumnya untuk mencapai polesan akhir yang jelas, berpusat pada tumbuhan hijau. Hal ini memungkinkan saya fokus pada hal yang menyenangkan dalam menyusun komposisi tanpa terkendala oleh penataan kamera.

 

Mengonfigurasi mode custom shooting (pemotretan khusus)

1. Tetapkan berbagai fitur yang ingin Anda daftarkan sebagai mode custom shooting (pemotretan khusus). 

EOS M6: Landscape Picture Style

 

2. Tekan [MENU], dan dalam tab menu pengaturan [4], pilih [Custom shooting mode (C1, C2)].

Tombol menu EOS M6

 

3. Pilih [Register settings], kemudian pilih dan tetapkan custom shooting mode (C1 atau C2) untuk didaftarkan.

EOS M6: Mendaftarkan layar menu pengaturan mode custom shooting (pemotretan khusus)

 

4. Contohnya, jika Anda sudah menetapkan C2, Anda bisa membidik dengan menggunakan pengaturan yang terdaftar apabila memilih C2 dengan menggunakan Mode Dial.

EOS M6 - C2 pada mode dial

 

3. Memastikan horizontal yang sempurna dalam bidikan dan struktur bangunan

Menampilkan grid lines (garis kisi-kisi) dan level (kedataran)

Apabila menggunakan kota sebagai subjek, Anda harus menyadari garis horizontal apa pun dalam bingkai. Memastikan horizontal garis-garis ini akan membuat bangunan tampak lebih stabil. Bahkan, distorsi yang kecil sekalipun, bisa mengganggu keseimbangan gambar secara keseluruhan. Hal ini khususnya penting jika subjek utama Anda adalah bangunan atau struktur lain dengan garis-garis yang jelas. Dalam kasus ini, kemiringan sedikit apa pun bisa merusak seluruh bidikan.

Untuk memastikan bahwa bidikannya sempurna secara horizontal, tampilkan garis kisi-kisi dan kedataran pada monitor. Garis kisi-kisi khususnya efektif pada pemandangan yang secara jelas memperlihatkan garis bangunannya. Semua ini bisa ditampilkan dalam 9 bagian (3 x 3), 24 bagian (6 x 4), atau 9 bagian (3 x 3) dengan diagonal, yang bisa Anda pilih menurut pemandangannya. Sementara itu, kedataran sangat berguna untuk pemandangan yang garis-garisnya tidak terlihat secara menonjol. Tentu saja, Anda juga bisa menggunakan garis kisi-kisi yang dikombinasikan dengan kedataran, jika dikehendaki.

Daun jendela membentuk garis yang jelas pada bangunan. Dibidik dengan EOS M6

EOS M6/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 16mm (setara 26mm)/ Creative Filter: Miniature effect/ ISO 160/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Standar

Saya menangkapnya sebagai siluet bingkai jendela dan orang di anjungan pengamatan, menggunakan tampilan kisi-kisi sebagai bantuan komposisi. Ini adalah jenis pemandangan di mana tampilan kisi-kisi sangat berguna.

 

Menggunakan grid lines (garis kisi-kisi) dan level (kedataran)

1. Tekan [INFO.] untuk menampilkan garis kisi-kisi dan kedataran.

EOS M6: Layar menu menampilkan garis kisi-kisi dan kedataran horizontal

 

2. Gerakkan kamera untuk menyesuaikan posisi sampai garis merah kedataran berubah hijau.

EOS M6: Menggunakan kedataran horizontal

 

3. Untuk mengubah jenis kisi-kisi, masuklah ke tab menu Shooting [1] > [Shooting information display] > [Grid display].

EOS M6: Layar menu tampilan kisi-kisi

 

4. Anda juga bisa mengubah untuk hanya menampilkan kisi-kisi atau kedataran dengan mengakses [Shooting information display] > [Screen info/toggle settings].

EOS M6: Layar menu tampilan Custom

 

Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai EOS M6:
3 Keunggulan Menarik EOS M6
EOS M6: Kamera Mirrorless Fungsi Tinggi dengan Desain Klasik

Untuk saran lainnya mengenai memotret bangunan, bacalah serial kami mengenai saran fotografi arsitektural, mulai dari:
Fotografi Arsitektural #1: 3 Konsep Dasar

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Teppei Kohno

Teppei Kohno

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2003. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp