Tips & Tutorials

Teknik Aperture-Priority AE #3: Keajaiban f/2.2 dalam Fotografi Still-Life

Apabila memotret objek sehari-hari yang indah di sekitar Anda dengan lensa prima yang memiliki aperture maksimum yang kecil, sempitkan aperture hingga sedikit lebih kecil daripada maksimum dan cobalah membidik pada f/2.2. Pemfokusan lebih mudah, efek bokeh besar dapat diciptakan dan gambar lebih tajam dapat diambil. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

 

Naikkan sedikit f-number untuk penggambaran yang tajam

Seperti yang sudah diliput dalam Teknik Aperture-Priority AE #1, a lensa dengan aperture maksimum lebih besar (f-number minimum lebih kecil) dapat menghasilkan efek bokeh yang besar. Namun demikian, jika f-number terlalu kecil, kisaran fokus menjadi terlalu sempit, yang menyulitkan pemfokusan. Efek bokeh latar belakang menjadi terlalu besar sehingga dapat menyebabkan keseluruhan gambar kehilangan dampaknya. Apabila lensa digunakan pada aperture maksimumnya, dan tergantung pada subjeknya, penuntasan bisa menjadi penyebab kekhawatiran karena ketajaman kualitas gambar dapat terpengaruh oleh fenomena yang dikenal sebagai aberasi. Hal yang tidak menguntungkan ini bisa diperbaiki dengan menyempitkan aperture (meningkatkan f-number) sedikit. f-number yang direkomendasikan adalah f/2.2. Meskipun efek bokeh dapat sedikit dikurangi, namun, pemotretan akan lebih mudah pada f-number ini, karena kisaran pemfokusan menjadi sedikit lebih lebar. Dibandingkan dengan f-number yang lebih kecil, seperti f/1.4 atau f/1.8, kualitas gambar secara nyata terperbaiki dari segi kesan ketajamannya.

OK f/2.2
Dibidik pada f/2.2. Efek bokeh yang besar diciptakan, dan fokus terpaku pada subjek utamanya.

 

NG f/1.8
Dibidik pada f/1.8. Efek bokeh yang memikat, tetapi kualitas gambar menampilkan kesan yang agak membosankan.

 

Poin Penting

Tingkatkan "Contrast" (Kontras) dan "Saturation" (Saturasi) Picture Style untuk fotografi still-life

Apabila memotret bermacam benda baru dengan menggunakan efek bokeh, kadang kala teksturnya terasa terlalu halus, seakan ada sesuatu yang kurang pada penampilan gambar. Dalam kasus ini, tingkatkan pengaturan "Contrast" (Kontras) dan "Saturation" (Saturasi) dalam menu Picture Style [Detail set.] untuk membuat gambar tampak lebih hidup.

Foto diambil dengan Picture Style "Standard". Foto memiliki efek bokeh yang indah, tetapi kesannya agak membosankan dengan nada yang agak halus.

 

Bidikan diambil dengan "Standard" Picture Style, dengan pengaturan Detail (Rincian) ditetapkan ke "Contrast: +3” dan “Saturation: +2”. Penggambaran yang dihasilkan memiliki dampak yang kuat, sementara mempertahankan efek bokeh indah di latar belakang.

 

Menetapkan ke f/2.2 pada Aperture-priority AE Mode Untuk EOS 700D

1. Tetapkan kamera ke mode [Av]

Hidupkan [ON] power supply (catu daya) dan sesuaikan Mode Dial ke mode [Av].

 

2. Putar Main Dial

Putar Main Dial untuk mengubah f-number.

 

3. Periksa, apakah f-number sudah ditetapkan ke f/2.2

Periksa, apakah "F2.2" muncul di layar LCD belakang seperti yang dilingkari di atas. Ambil gambar setelah konfirmasi.

 

 

Teppei Kohno

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2013. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.