Close
Produk >> All Products

RF Mount Mendapatkan Lensa Prima Super Telephoto Putih Besar Pertamanya

Pada tanggal 14 April 2021, Canon mengumumkan tentang RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM, lensa prima super telephoto kelas profesional pertamanya untuk RF mount (dudukan RF). Lensa prima 400mm dan 600mm adalah perlengkapan terpenting dalam fotografi olahraga, satwa di kehidupan alam liar, serta burung/unggas, dan jajaran lensa tidak lengkap tanpa kedua lensa tersebut. Perilisan versi dudukan RF yang sudah dinanti-nantikan para penggemar fotografi dan fotografer profesional di berbagai genre ini, merupakan testamen atas komitmen Canon untuk menciptakan ekosistem kamera yang dipertimbangkan dengan baik. Kita akan mencermati lebih dekat pada berbagai fitur utama kedua lensa ini.

 

RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM adalah lensa prima super telephoto (seri-L) garis merah pertama Canon untuk dudukan RF. Lensa 400mm dan 600mm adalah lensa siap pakai bagi sekian banyak jurnalis foto olahraga, serta para fotografer satwa di kehidupan alam liar, burung/unggas, rel kereta api, dan kedirgantaraan, yang membekalkan jangkauan yang sangat penting untuk menangkap bidikan subjek mereka dari jauh. Perilisan versi native untuk dudukan RF telah membuka jalan untuk beralih secara mulus ke sistem EOS R, sehingga tidak lagi memerlukan adaptor dudukan.

Yang dapat Anda songsong

 

Melanjutkan warisan performa optik yang istimewa pada bodi kamera yang lebih ringan

Lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM, keduanya mewarisi desain optik dan mekanis, karena EF400mm f/2.8L IS III USM dan EF600mm f/4L IS III USM, yang sudah dijual pada Desember 2018, mengadaptasi keduanya untuk dudukan RF. Kedua lensa EF sangat dipuji, memiliki bobot yang lebih ringan serta perbaikan yang signifikan pada kualitas optik dibandingkan lensa terdahulu (model Mark II), berkat penggunaan teknologi simulasi desain baru.

RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM, masing-masing menyatukan dua elemen lensa fluorit (Versi Inggris) dan satu elemen lensa Super UD (Versi Inggris). Hal ini, secara menyeluruh mengoreksi aberasi kromatik dan menghasilkan penampilan serta kontras yang istimewa, sehingga membuat kedua lensa tersebut mampu mengambil bidikan close-up yang mengesankan, bahkan pada panjang fokusnya masing-masing. Pemakaian Air Sphere Coating (ASC) (Versi Inggris) milik Canon, secara efektif mengendalikan kemunculan ghosting dan flaring, bahkan ketika sumber cahaya yang kuat berada dalam bingkai—suatu kualitas yang praktis untuk pemandangan seperti olahraga motor apabila lampu depan kendaraan menyala.


RF400mm f/2.8L IS USM

EOS R5/ RF400mm f/2.8L IS USM/ FL: 400mm/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/3200 det.)/ ISO 200/ WB: Daylight


RF600mm f/4L IS USM

EOS R5/ RF600mm f/4L IS USM/ FL: 600mm/ Manual exposure (f/5.6, 1/2000 det.)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Mudah digenggam dengan stabilisasi gambar optik hingga 5,5 stop

Apa pun subjeknya, entah itu olahraga atau burung/unggas liar, subjek yang biasanya Anda bidik dengan lensa super telephoto, cenderung selalu bergerak dan lebih mudah untuk diikuti sambil menggenggam kamera. Namun, goyangan kamera akan terlihat pada panjang fokus yang lebih panjang. Tetapi, dengan RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM, tidak ada alasan untuk bersikap ragu-ragu. Lensa ini menawarkan optical (in-lens) image stabilisation (Optical IS) hingga setara dengan 5,5 stop kecepatan rana , yang secara signifikan mengurangi goyangan kamera sehingga lebih memudahkan untuk mewujudkan bidikan yang berhasil.

 

EOS R / IS ON/ @ 1/8 det.

EOS R / IS OFF/ @ 1/8 det.

Kedua gambar: EOS R/ RF400mm f/2.8L IS USM/ FL: 400mm/ Manual exposure (f/2,8, 1/8 det.)/ ISO 400/ WB: Auto

 

3 IS mode untuk memenuhi persyaratan pemandangan yang berbeda-beda

Seperti lensa super telephoto dudukan EF, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM memiliki tiga mode IS yang mengoptimalkan performa IS untuk jenis subjek dan pemandangan yang berbeda-beda.

 

MODE 1: Mengompensasi goyangan kamera pada semua arah. Ideal untuk subjek stasioner.
MODE 2: Tidak mengompensasi goyangan kamera pada arah gerakan lensa. Ideal untuk bidikan panning.
MODE 3: Mengompensasi goyangan kamera, hanya selama pencahayaan. Mempermudah untuk tetap menjaga agar subjek yang pergerakannya tidak terduga, dapat terus terlihat apabila meniliknya melalui viewfinder.

Apabila salah satu lensa dipasang ke kamera yang dilengkapi dengan in-body image stabilisation (In-Body IS) seperti, EOS R5 atau EOS R6, goyangan kamera sudut dikoreksi oleh Optical IS, sedangkan goyangan kamera geser dan rotasi dikoreksi oleh In-Body IS, yang mencapai stabilisasi gambar lima sumbu.


EOS R5/ RF400mm f/2.8L IS USM/ FL: 400mm/ Manual exposure (f/2.8, 1/15 det.)/ ISO 6400/ WB: Auto

 

Kontrol AF yang istimewa, mendukung penyetelan halus MF selama Servo AF

Karena RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM dilengkapi dengan prosesor mikro in-lens yang berperforma tinggi, keduanya mampu melakukan kontrol motor pemfokusan dengan presisi tinggi. Hal ini, dipadukan dengan koordinasi yang lebih baik dengan algoritme AF pada kamera, memungkinkannya mencapai AF yang lebih cepat dan lebih jitu.

Fungsi pemfokusan manual full-time selama Servo AF*, yang hanya tersedia atas permintaan pada versi EF, langsung didukung sejak awal, sehingga memungkinkan setiap pengguna melakukan penyesuaian halus ke posisi fokus dengan MF, tanpa menghiraukan apakah mereka dalam mode One Shot AF atau Servo AF. Para pengguna bisa menikmati yang terbaik dari keduanya: AF yang jitu dan pelacakan subjek yang tepat dari sistem EOS R, berikut opsi untuk mengendalikan dan menyesuaikan fokus secara manual menurut naluri mereka.

*Tidak didukung pada EOS R/RP/Ra. Update pada Firmware versi 1.3.0 atau yang lebih baru, diperlukan pada EOS R5/R6.


EOS R5/ RF400mm f/2.8L IS USM/ FL: 400mm/ Manual exposure (f/8, 1/640 det.)/ ISO 100/ WB: Daylight

 

Fungsi pra-atur fokus memungkinkan pengguna menyimpan hingga dua posisi fokus khusus. Semua ini secara seketika diingat kembali dengan memutar cincin playback, yang langsung menetapkan fokus pada jarak pemotretan yang sudah diatur sebelumnya.

 

Cincin fokus dengan rabaan operasional yang dapat disesuaikan

Secara default, cincin fokus elektronik menggerakkan USM (ultrasonic motor) dan mendorong unit fokus menurut derajat rotasi cincin. Hal ini memungkinkan MF yang mudah dan intuitif dengan menggunakan torsi yang sesuai. Ini juga memungkinkan pengguna untuk memilih dari tiga level sensitivitas pemfokusan (seberapa jauh posisi fokus bergerak sehubungan dengan derajat rotasi), memenuhi persyaratan yang berbeda untuk kecepatan dan presisi pemfokusan manual.

Meskipun lensa tidak memiliki cincin kontrol secara fisik, namun cincin fokus dapat ditugaskan sebagai fungsi cincin kontrol pada kamera yang antarmukanya mendukung penyesuaian tersebut.

 

Suatu kekuatan yang harus diperhitungkan untuk perekaman video

Kamera seri EOS R dimaksudkan untuk melakukan lebih dari sekadar pengambilan gambar diam — seperti yang ditunjukkan oleh kemampuan video 8K EOS R5, kamera ini juga dilengkapi dengan kemampuan video yang sangat baik.

RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM didesain untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan kemampuan video ini dengan lebih baik. Salah satu contohnya adalah kemampuannya untuk kontrol pencahayaan yang lebih baik selama perekaman video, di mana kecepatan rana biasanya sudah dipatok, sehingga membiarkan pengaturan aperture sebagai cara utama untuk menyesuaikan pencahayaan bingkai, membuatnya lebih terang atau lebih gelap. Namun demikian, peningkatan penyesuaian 1/3 stop yang biasa diterapkan, terlalu tiba-tiba untuk video. RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mendukung kontrol aperture dalam peningkatan 1/8 stop pada mode movie shooting (pembuatan film), dan karenanya memungkinkan kecerahannya diubah secara mulus.

 

Power Focus Mode

Power Focus Mode memungkinkan pengguna untuk mengontrol secara elektronik, posisi pemfokusan dengan memutar cincin playback. Kecepatan pergerakan fokus ditentukan oleh derajat rotasi, dengan dua pilihan tingkat sensitivitas. Ini berguna untuk racking focus (teknik pembuatan film yang mengubah fokus lensa selama pemotretan beruntun) ketika merekam video.

 

Perluas jangkauan Anda: Mendukung Extender RF 1.4x/ 2x

RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM, keduanya mendukung Extender RF 1.4 x dan Extender RF 2x, yang merentangkan panjang fokus lensa master masing-masing 1,4x dan 2,0x. Ini mengambil panjang fokus RF400mm f/2.8L IS USM menjadi 560mm dan 800m, dan RF600mm f/4L IS USM menjadi 840mm dan 1200mm, mencapai jangkauan yang lebih luas untuk pemandangan apabila hal ini diperlukan.

 

Extender RF 1.4x

Extender RF 2x

 

Keawetan dan keandalan peringkat profesional

 

Coating pelindung panas

Lensa memiliki coating (lapisan) pelindung panas warna putih yang ikonis, yang memberi julukan pada lensa telephoto profesional Canon dengan sebutan “big white” (si putih besar). Lapisan ini menjaga kualitas gambar agar tidak memburuk akibat panas yang menumpuk di dalam lensa ketika melakukan pemotretan di luar pada hari yang panas terik.

Desain kedap debu dan tetesan cairan

Semua lensa ini didesain untuk mencegah debu dan tetesan air memasuki lensa dengan segel cuaca pada ring (cincin), switch (sakelar), dan sambungan serta kontrol lainnya. Hal ini semakin meningkatkan keawetan dan keandalan lensa.

 

RF400mm f/2.8L IS USM

 

Konstruksi lensa

A: Elemen lensa fluorit / B: Elemen lensa Super UD / C: ASC
Lapisan fluorin tahan noda pada permukaan lensa depan dan belakang


Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 17 elemen dalam 13 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 2,5m
Pembesaran maksimum: 0,17x
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah lingkaran)
Diameter filter: 52mm (drop-in filter)
Ukuran: φ163×367mm
Berat: kira-kira 2.890g

 

RF600mm f/4L IS USM

 

Konstruksi lensa

A: Elemen lensa fluorit / B: Elemen lensa Super UD / C: ASC
Lapisan fluorin tahan noda pada permukaan lensa depan dan belakang


Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 17 elemen dalam 13 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 4,2m
Pembesaran maksimum: 0,15x
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah lingkaran)
Diameter filter: 52mm (drop-in filter)
Ukuran: φ168×472mm
Berat: kira-kira 3.090g 

 

Paduan aksesori

Lens Hood
ET-155(WIII) untuk RF400mm f/2.8L IS USM
ET-160(WIII) untuk RF600mm f/4L IS USM

Lens Cap
E-180 untuk RF400mm f/2.8L IS USM
E-185 untuk RF600mm f/4L IS USM

 

Tripod mount
Memiliki bentuk grid yang lebih baik.

Soft Lens Case LS400 atau LS600
Wadah yang ringan, lunak sehingga lebih mudah ditangani.

 

Drop-in screw filter holder 52 (WIII) dengan filter pelindung 52mm

 

Aksesori lainnya (dijual secara terpisah)

 

Short Lens Hood
ET-155B untuk RF400mm f/2.8L IS USM
ET-160B untuk RF600mm f/4L IS USM

Monopod mount
(melalui pusat servis)

 

Drop-in Circular Polarizing Filter PL-C52 (WIII)
Drop-in Gelatin Filter Holder 52 (WIII)

 

Gambar contoh


EOS R5/ RF400mm f/2.8L IS USM/ FL: 400mm/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/1600 det.)/ ISO 200/ WB: Daylight


EOS R5/ RF400mm f/2.8L IS USM + Extender RF 2x/ FL: 800mm/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/800 det., EV -0.3)/ ISO 800/ WB: Daylight


EOS R5/ RF600mm f/4L IS USM/ FL: 600mm/ Manual exposure (f/10, 1/160 det.)/ ISO 100/ WB: Auto


EOS R5/ RF600mm f/4L IS USM+ Extender RF 2x/ FL: 1200mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/1250 det., EV -0.3)/ ISO 2500/ WB: Daylight

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!