Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Mengapa Saya Senang Telah Membeli EOS RP

Seorang fotografer kehidupan sehari-hari, Sayaka Suzuki sangat peduli mengenai kamera yang dia gunakan—pokoknya, harus portabel tapi serbaguna dan dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya. Dia memberi tahu kepada kita, bagaimana EOS RP bisa memenuhinya secara memuaskan. (Dilaporkan oleh: Sayaka Suzuki, Digital Camera Magazine)

 

Kamera full frame yang bentuknya kecil dan ringan, sempurna untuk menangkap keajaiban dalam waktu kehidupan sehari-hari yang biasa

Sebagai fotografer kehidupan sehari-hari, saya memotret untuk merekam citra kehidupan sehari-hari. Untuk mengabadikan momen yang memberikan dampak terbaik, saya membutuhkan kombinasi kamera dan lensa yang tidak saja ringan, tetapi juga mampu menuangkan beragam luas ekspresi. Bahkan, seandainya kondisi pemotretan lagi buruk, tetap saja saya merasa kesal kalau melewatkan momen foto sempurna untuk diabadikan. Selain itu, perlengkapan yang terlalu besar dan merepotkan, akan menghambat saat Anda ingin menangkap potret kehidupan apa adanya.

Pas ketika saya mencari kamera yang tepat, saya menemukan EOS RP.


Perasaan nyaman yang saya butuhkan untuk menangkap kesan keaslian

Saya selalu merasa seakan-akan gambar saya yang terbaik, hadir dari berbagai benda yang ada di dekat saya. Saya jarang mendapatkan bidikan bagus kalau saya berusaha terlalu keras atau “merekayasa” pemandangan.  Saya berpendapat bahwa kunci untuk menciptakan gambar yang benar-benar unik terletak pada berbagai benda di sekeliling Anda, yang ditangkap sesuai keasliannya. Untuk alasan itulah, saya cukup selektif mengenai kamera saya.

Alasan utama, mengapa saya memilih EOS RP yaitu, perasaan nyaman saat saya melakukan pemotretan dengan kamera ini. Saya menyukai, karena kamera ini memiliki sensor gambar full-frame dan kemampuan yang dahsyat, meskipun bentuknya mungil dan cukup nyaman untuk dibawa ke mana pun sambil ditenteng di tangan saya yang kecil.

Bocah laki-laki sedang bermain di gerbong kereta

EOS RP/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Manual exposure(f/1.8, 1/1.250 det.)/ ISO 250/ WB: Shade (A6, G5)

Ini terdapat di kereta tua warna merah yang sudah menjadi daya tarik di taman. Cahaya matahari yang masuk secara diagonal, menghasilkan penerangan yang dramatis. Bidikan yang memperlihatkan anak saya yang sedang bermain di lantai di antara cahaya dan bayangan. Rentang tonal yang dapat ditangkap EOS RP berarti bahwa pemandangan dengan kontras tinggi sekalipun, seperti ini, dapat disampaikan secara indah.

 

Sejumlah hal favorit mengenai EOS RP #1: Duo dinamika, dengan RF35mm f/1.8 Macro IS STM

EOS RP dengan lensa RF35mm dan tali selempang kamera yang berwarna-warni

Ringan dan mudah digunakan, adalah dua hal yang wajib dimiliki kamera agar dapat digunakan untuk melakukan fotografi kehidupan sehari-hari. Sangatlah celaka apabila Anda menyesali bahwa Anda tidak berupaya lebih jauh, atau tidak melakukan ini atau itu! Banyak orang yang menggunakan lensa prima, ingin dapat membidik lebih dekat subjeknya, dan inilah satu keinginan yang ditanggapi oleh RF35mm f/1.8 Macro IS STM.


Hiasan rusa di etalase toko

EOS RP/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Manual exposure(f/1.8, 1/50 det.)/ ISO 200/ WB: Shade (B8, G8)

Hiasan rusa yang mungil di etalase toko di sekitar tempat tinggal saya, dibidik melalui kaca. Dengan lensa makro seperti RF35mm f/1.8 Macro IS STM, Anda dapat membidik pada jarak sedekat mungkin ke subjek sesuai dengan yang disampaikan intuisi Anda, tanpa menekankan tentang jarak fokus terdekat.


Mendiversifikasi cara Anda membidik dalam batasan kehidupan sehari-hari

Kapan pun saya memotret, entah mengenai perjalanan atau kehidupan sehari-hari, saya selalu mempertimbangkan: bagaimana seandainya saya menyusun semua gambar saya menjadi sebuah buku? Akan ada sejumlah bidikan yang mengilustrasikan tema utama, tetapi juga ruang kosong yang harus diisi oleh sesuatu yang berbeda. 

Hal ini memotivasi saya untuk memvariasikan cara saya membidik pemandangan yang saya jumpai. Contohnya, saya akan mengambil bidikan panning kereta api ketika saya pergi melihatnya bersama putra saya; atau mencari cara mengekspresikan nada dan warna pemandangan yang saya jumpai saat melakukan perjalanan. Bahkan saat saya berada di dapur, kalau tiba-tiba ada berkas cahaya indah yang masuk, saya akan mengambil kamera dan mengabadikannya, dengan satu tangan memegang centong.

Interior toko yang berantakan

EOS RP/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Manual exposure(f/1.8, 1/250 det.)/ ISO 200/ WB: Shade (B7, G8)

Ketika berjalan-jalan di luar, saya menjumpai toko ini yang mengoperasikan kapal pencari ikan, dan saya memutuskan untuk membidiknya melalui jendela kaca. Saya bingkai gambarnya supaya kapal pencari ikan di luar itu, dan interior toko menyatu sedemikian rupa sehingga tampak seimbang dan bagus. Komposisi yang dihasilkan tampak unik pada sudut pandang 35mm.

 

Sejumlah hal favorit mengenai EOS RP #2: Monitor LCD layar sentuh yang membuat interaksi dengan orang lain menjadi mudah

Fotografer, yang juga seorang ibu, berinteraksi dengan putranya

Saya menyukai gambar yang seasli mungkin, dan ini juga berarti saya perlu santai dan wajar saat membidik. Berupaya terlalu keras menghasilkan bidikan yang tidak mencerminkan diri Anda. Contohnya, apabila saya memotret putra saya, saya sekaligus suka berinteraksi dengannya, pada posisi yang selevel dengan matanya. Mudah melakukannya dengan panel LCD layar sentuh Vari-angle yang sepenuhnya efektif pada bagian belakang, yang membuat pengoperasian kamera sangat intuitif.


Bocah laki-laki berlarian di tepi laut pada larut senja saat cahaya keemasan menerpa alam

EOS RP/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Manual exposure(f/1.8, 1/4.000 det.)/ ISO 200/ WB: Shade (A4, G3)

Putra saya berlari ke arah laut, bermandikan cahaya matahari larut senja. Untuk situasi seperti ini, sudut rendah adalah yang paling sesuai. Saya jongkok, menyesuaikan layar LCD Vari-angle dan melihat melalui ini, menunggu sampai momen sempurna hadir.

 

Sejumlah hal favorit mengenai EOS RP #3: Dengan EVF yang andal, Anda dapat melihat subjek pada malam hari dan di dalam ruangan dengan kondisi cahaya redup

Orangtua dan anak bermain kembang api pada malam hari

Di tempat atau lokasi yang gelap, yang terlalu terang, Anda pasti tidak ingin meluputkan pandangan suatu subjek yang ada tepat di depan Anda. Rasanya jauh lebih baik apabila Anda bisa melihat subjek seluruhnya sampai Anda melepaskan tombol rana. EVF unggulan pada EOS RP menyediakan tampilan pemandangan secara jernih sehingga saya pun jatuh cinta, bagaimana pun kondisi pemotretan, saya merasa yakin, bahkan ketika saya membidik di lokasi yang gelap.


Hamparan bunga di jambangan kaca

EOS RP/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Manual exposure(f/2.8, 1/2.000 det.)/ ISO 200/ WB: Auto (B7, G5)

Putra saya menyebut bunga putih yang tumbuh di pekarang kami, “bunga bintang”. Saya menaruh bunga yang dipetiknya di dalam vas kaca, yang penuh diisi air dan memotretnya dari atas. Sinar matahari saat itu sangat benderang, tetapi EVF EOS RP membantu saya mengambil bidikan tanpa masalah.


EOS RP: serbaguna, pembidik andal yang memenuhi keinginan dan fantasi Anda

Fotografi kehidupan sehari-hari terjadi dalam kondisi yang agak “egois”. Ini adalah genre fotografi yang tidak mungkin akan menghasilkan gambar yang layak kalau kamera tidak selalu ada di tangan kita. 

Foto kehidupan sehari-hari adalah cerminan kehidupan yang terjadi setiap hari. Tiap gambar lingkungan tempat kita tinggal, adalah bukti bahwa Anda menjalani kehidupan dengan cara Anda sendiri, dan dalam pengertian tersebut, itu juga menjadi catatan gaya hidup Anda. Ringkas, ringan dan mudah digunakan serta memiliki kemampuan penggambaran yang dahsyat, EOS RP adalah kamera serbaguna, kawan memotret yang tepercaya, yang memenuhi kebutuhan saya. Dan itulah sebabnya saya gembira telah membelinya.

 

Putusan Sayaka Suzuki: EOS M50 vs EOS RP

 

Sebelum EOS RP, saya sering menggunakan EOS M50. Tetapi, fakta bahwa EOS RP adalah kamera full-frame yang ringkas dan mudah digunakan, itulah faktor daya tariknya bagi saya. Kehadiran lensa yang performanya sangat bagus pada kamera (RF35mm f/1.8 Macro IS STM) juga sangat menawan.

 

Pelajari lebih lanjut mengenai EOS RP dan RF35mm f/1.8 Macro IS STM dalam artikel:
Kesan Lensa: RF35mm f/1.8 Macro IS STM dalam Fotografi Jalanan
EOS R vs EOS RP: Manakah yang Dipilih?
Dalam Fokus: EOS RP

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Sayaka Suzuki

Sayaka Suzuki

Setelah lulus dari Department of Design di Tokyo University of Art and Design, Suzuki bekerja di perusahaan produksi video sebelum menjadi fotografer independen pada bulan Februari, 2012. Fotografer serbabisa yang memotret beragam genre yang berkisar dari fotografi kehidupan sehari-hari hingga karya iklan, penjiwaannya mencakup seputar “gaya hidup”. Dia berupaya menemukan aneka benda berharga dalam radius 5 meter dari dirinya dalam berbagai proyek pribadinya. Suzuki juga menjalankan AtelierPiccolo, toko yang menghadirkan secara bersama, dua hal yang sangat dia cintai: gaya hidup dan fotografi. 

Situs web: http://suzukisayaka.pupu.jp/about.html
Instagram: @sayakasuzuki_photo