Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products Part 9

EOS R vs EOS RP: Manakah yang Dipilih?

Dengan diluncurkannya EOS RP, sekarang ada dua kamera dalam jajaran sistem EOS R. Kedua kamera ini dilengkapi dengan dudukan RF yang revolusioner, yang menjanjikan kualitas gambar yang lebih tinggi, serta teknologi Canon terkini, seperti sistem Dual Pixel CMOS AF yang memberikan performa pemotretan dan penggambaran yang dahsyat. Artikel ini menjelajahi sebagian persamaan dan perbedaan penting di antara kedua kamera itu.

Gambar EOS R vs EOS RP

 

1. Performa Penggambaran

Resolusi gambar EOS R
Resolusi gambar EOS RP


Perbedaan

Resolusi gambar: EOS R memiliki 4,1 megapiksel lebih banyak daripada EOS RP.

Bilamana memang penting

- Detail: Apabila kedua kamera memiliki sensor full-frame 35mm yang sama. Maka, dengan memiliki lebih banyak megapiksel, berarti bahwa gambar dapat ditangkap dengan detail yang lebih halus.

- Visibilitas noise: EOS R dan EOS RP, keduanya menggunakan prosesor gambar DIGIC 8 dan sistem pengurangan noise yang sama. Namun demikian, karena semua piksel pada kedua kamera harus selaras dengan sensor gambar yang berukuran sama, ini berarti bahwa 1 piksel pada EOS R lebih kecil daripada 1 piksel pada EOS RP. Piksel yang lebih kecil berarti, bahwa noise gambar dihasilkan lebih halus, sehingga gambar terlihat lebih mulus.

Bilamana tidak penting

 Jika Anda bermaksud mencetak foto dalam ukuran A3 atau lebih kecil, EOS RP yang memiliki 26,2 megapiksel, sudah lebih dari cukup untuk mencetak gambar dalam ukuran A3 pada 300 titik per inci (dpi).

A3 dalam perbandingan dengan resolusi gambar EOS R
A3 dalam perbandingan resolusi gambar EOS RP

Jika membandingkan area resolusi gambar keseluruhan, maka perbedaan 4,1 megapiksel tidak begitu besar. Area kuning mengindikasikan area piksel yang diperlukan untuk menghasilkan cetakan ukuran A3 pada 300 dpi.

Hal lain untuk diperhatikan: EOS R memiliki Dual Pixel RAW mode, yang memungkinkan Anda melaksanakan penyesuaian mikro pada gambar, pergeseran bokeh dan pengurangan ghosting dengan Dual Pixel RAW Optimizer apabila Anda melakukan pasca-proses gambar dengan perangkat lunak Digital Photo Professional.

 

2. Performa pemotretan

Kesamaan

Performa dan cakupan AF: EOS R dan EOS RP, keduanya dilengkapi dengan sistem Dual Pixel CMOS AF yang cepat dan tepat. Pada kedua kamera ini, area AF 88% x 100% (secara horizontal x vertikal) dari bingkai gambar* yang tidak pernah terjadi sebelumnya, dan kecepatan AF sangat cepat 0,05 detik**—sepuluh kali lebih cepat dari kedipan mata.

Eye Detection AF: Kedua kamera ini memiliki Eye Detection AF, suatu alat bantu yang nyaman untuk fotografi potret wajah. Pembaruan firmware membekalkan fungsi Eye Detection AF yang sama kepada EOS R selama Servo AF dan Movie Servo AF seperti EOS RP.

*80% x 80% apabila sebagian lensa EF dan EF-S digunakan melalui adaptor dudukan.
** Berdasarkan hasil kecepatan AF yang sesuai dengan panduan CIPA. Hasilnya dapat bervariasi, tergantung pada kondisi pemotretan dan lensa yang digunakan. Mengandalkan metode pengukuran internal.

Perbedaan

Kecepatan pemotretan beruntun: Dalam mode One Shot AF, EOS R dapat membidik hingga 8 bingkai per detik (fps), sedangkan EOS RP dapat membidik hingga 5 fps.

Kecepatan pemotretan beruntun pada EOS R dan EOS RP

Posisi AF: EOS R memiliki 5.655 posisi AF yang dapat dipilih secara manual (Ketahui lebih lanjut dalam artikel: Spesifikasi EOS R dan Kebolehannya). EOS RP memiliki 4.779.

Metode AF: EOS R dilengkapi dengan dua metode AF yang tidak ada pada EOS RP: AF Zona Besar (Horizontal) dan AF Zona Besar (Vertikal). Semua metode AF membantu melacak pergerakan subjek secara lebih efektif.

Bilamana memang penting

Perbedaan jumlah posisi AF tidak terlalu membuat perbedaan pada kenyataannya. Namun demikian, jika Anda sering memotret peristiwa olahraga, unggas atau subjek lain yang bergerak, mungkin metode kecepatan pemotretan beruntun yang lebih tinggi dan AF Zona Besar pada EOS R, berguna bagi Anda.


Perbedaan lainnya dalam performa pemotretan

EOS R
Kecepatan rana tercepat: 1/8.000 det.
Kecepatan pemotretan beruntun (Servo AF): hingga 5 fps
Jumlah metode AF: 7
Batas AF rendah cahaya:EV-6

EOS RP
Kecepatan rana tercepat: 1/4.000 det.
Kecepatan pemotretan beruntun (Servo AF): hingga 4 fps
Jumlah metode AF: 6
Batas AF rendah cahaya: EV-5


Baca juga:
Tidak Sabar Menunggu Untuk Mencoba 8 Fitur Pemfokusan EOS R
7 Fitur Utama EOS RP

 

3. LCD dan EVF

Kesamaan

OLED: Pada kedua kamera, EVF dan LCD belakang, menggunakan panel OLED, yang terkenal karena warna dan daya tanggapnya yang istimewa.

Eyepiece: Kedua kamera juga menggunakan eyepiece yang didesain untuk menyatukan teknologi optik milik Canon, menghasilkan tayangan alami yang menyerupai tayangan yang terlihat pada viewfinder optik.

Perbedaan

EVF: EVF pada EOS R adalah 0,5 inci dengan kira-kira 3,65 juta titik. Memiliki resolusi gambar yang lebih tinggi daripada EVF pada EOS RP (0,39 inci, kira-kira 2,36 juta titik).

Layar LCD belakang: Resolusi gambar layar LCD belakang pada EOS R (3,15 inci, kira-kira 2,1 juta titik) juga sekitar dua kali lebih tinggi daripada yang terdapat pada EOS RP (3,0 inci, kira-kira 1,04 juta titik).

EVF dan eyepiece pada EOS R
EVF dan eyepiece pada EOS RP

Bilamana memang penting

Ukuran layar yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi memang praktis apabila Anda ingin membuat penyesuaian yang tepat pada fokus.

 

4. Ukuran dan berat bodi

Dimensi dan berat bodi EOS R
Dimensi dan berat bodi EOS RP

*Termasuk baterai dan 1 kartu SD


Perbedaan

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas, EOS RP lebih kecil dan lebih ringan daripada EOS R.

Bilamana memang penting

Jika Anda akan berkeliling atau memotret sambil menggenggam kamera selama berjam-jam, pasti kamera yang lebih kecil dan ringan merupakan suatu keuntungan.

 

5. Fitur video

EOS R dan EOS RP dengan logo 4K

EOS R
4K UHD: 30p/25p @ 480 Mbps
Dual Pixel CMOS AF
High Frame Rate recording (HD) 120p/100p
Canon Log
HDR Movies
Time Lapse Movies
10-bit 4:2:2 HDMI output

EOS RP
4K UHD: 25p/24p @ 120 Mbps
HDR Movies
Time Lapse Movies
Video Snap
8-bit 4:2:2 HDMI output


Kesamaan

Keduanya, EOS R dan EOS RP mendukung perekaman video 4K UHD.

Perbedaan

Fungsionalitas: EOS R memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki EOS RP, misalnya:
- Mendukung Dual Pixel CMOS AF selama perekaman film 4K, yang membantu menjaga fokus pada subjek yang bergerak
- Panduan Fokus, yang lebih memudahkan pemfokusan manual selama perekaman film
- Canon Log, pengaturan perekaman yang juga digunakan dalam sistem EOS Cinema yang membantu pasca-pemrosesan menjadi lebih mudah
- Mendukung pemotretan High Frame Rate pada 120p/100p (kualitas HD)

Bilamana memang penting

EOS RP memiliki fitur video standar yang memadai untuk pengguna rata-rata. Sedangkan spesifikasi video EOS R untuk alur kerja produksi video profesional. Berapa banyak yang Anda ingin lakukan dengan video Anda?

Ketahui Selengkapnya di:
Bagaimana Canon EOS RP Mengaktifkan Pembuatan Film Tanpa Cacat
4 Hal yang Tidak Anda Ketahui Mengenai Video 4K pada EOS R

 

6. Daya tahan

Cakupan sensor pada EOS R
Tidak ada cakupan sensor pada EOS RP


Kesamaan

Keduanya, EOS R dan EOS RP memiliki chassis internal yang terbuat dari aloi magnesium yang kuat dan awet. Keduanya kedap debu dan cairan lembap (walaupun kadar dan jenis penyekatan udaranya bervariasi) 

Perbedaan

Bingkai eksternal: Pada EOS R, hal ini terutama terbuat dari aloi magnesium, yang membuatnya kokoh sebagai kamera dalam seri EOS-1. Pada EOS RP, hal ini terutama terbuat dari resin polikarbonat dengan serat elektrokonduktif, yang memastikan bahwa ini tidak hanya ringan tetapi juga cukup kuat.

Daya tahan rana: Pada EOS R, ini terukur hingga 200.0000 siklus, dibandingkan 100.000 pada EOS RP.

Lainnya: Apabila EOS R dimatikan, rana secara otomatis menutup sensor, melindunginya dari debu ketika Anda mengganti lensa.

Bilamana memang penting

Pertimbangkan, seberapa sering Anda mengganti lensa, dan apakah Anda sering membidik di area yang berdebu/kondisi cuaca yang ekstrem.

 

7. Masa pakai baterai

Battery Pack LP-E6N
Battery Pack LP-E17


Perbedaan

Satu faktor pada EOS RP yang kecil dan ringan, yaitu penggunaan baterai LP-E17 yang lebih kecil, yang memiliki kapasitas 1040mAh, memungkinkan hingga 250 bidikan dalam satu kali pengisian daya. Sebagai perbandingan, EOS R menggunakan LP-E6N yang lebih besar, baterai yang sama seperti seri EOS 5D dan 7D, memungkinkan hingga 370 bidikan pada kapasitas 1865mAh-nya.

Bilamana memang penting

Hanya jika Anda mengambil lebih dari 200 bidikan sehari. Harap diperhatikan juga, bahwa tergantung penggunaan, Anda bisa memperoleh lebih banyak daripada jumlah bidikan yang tertera.

 

Hal lain untuk diperhatikan: EOS R memiliki pegangan baterai opsional, Battery Grip BG-E22 (ditunjukkan di atas), yang mendukung 2 baterai, sehingga total jumlah bidikan sekitar 740. Hal ini juga memberikan kenyamanan pemegangannya saat melakukan pemotretan vertikal—sungguh berguna untuk berbagai genre seperti fotografi potret wajah.

 

Ketahui selengkapnya mengenai EOS R dan EOS RP dalam artikel berikut ini:
Terobosan Kesempurnaan Optik dengan EOS R
Menata Kembali Potensi Anda dengan EOS RP
Dalam Fokus: EOS R

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!