Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

RF35mm f/1.8 Macro IS STM: Ringkas, Multiguna, Bagus Sekali untuk Fotografi Jalanan

Dengan sudut lebar moderat 35mm, RF35mm f/1.8 Macro IS STM merupakan lensa prima yang ideal untuk fotografi jalanan. Selain itu, lensa ini pun menawarkan spesifikasi lensa makro, yang memungkinkan Anda mengambil bidikan jarak dekat hingga pembesaran 0,5x apabila diperlukan. Ringkas dan ringan, ini adalah lensa dasar yang istimewa untuk dipadukan dengan EOS R dan EOS RP. (Dilaporkan oleh: Masatsugu Koorikawa, Digital Camera Magazine)

Tombol mesin ketik antik dengan bokeh

EOS R/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/20 det., EV±0)/ ISO 1600/ WB: Auto

Bidikan close-up tombol mesin ketik antik. Ini dibidik pada jarak fokus terdekat 17cm. Perhatikan ketajaman area dalam fokus dan kemulusan bokeh—kemampuan menyeimbangkan keduanya itulah yang membuat lensa ini menonjol. Saya tetapkan aperture ke f/4 supaya gambar tidak terlalu di luar fokus.

 

Lensa semi-makro yang ringkas ini berfungsi baik untuk memotret benda jarak jauh dan dekat

Fitur RF35mm f/1.8 Macro IS STM yang paling menarik yaitu, memungkinkan fotografer mendekati subjek pada jarak sangat dekat. Dengan fitur makro yang menawarkan jarak fokus terdekat 17cm dan perbesaran 0,5x, ditambah dengan sudut pandang selebar 35mm, lensa ini mampu menghasilkan bidikan close-up yang juga menangkap keadaan di sekitarnya.


Stabilisasi gambar hingga 5 stop; mengoreksi jenis kamera yang berbeda-beda

Juga dilengkapi dengan Hybrid IS yang mengatasi goyangan kamera akibat bergeser, menghasilkan stabilisasi gambar hingga lima stop untuk pemotretan gambar diam (still). Semua gambar contoh dalam ulasan ini diambil dengan menggenggam kamera, tetapi goyangan kamera tidak perlu dicemaskan sama sekali. Mirip RF24-105mm f/4L IS USM, RF35mm f/1.8 Macro IS STM mendukung Dual Sensing IS, yang juga mengoreksi goyangan kamera yang disebabkan oleh pergerakan tubuh yang lambat, seperti gerakan yang terjadi saat Anda menarik napas.


Kualitas gambar super hebat di seluruh kisaran aperture

Kualitas gambar bisa dibilang super hebat. Area dalam fokus direproduksi secara tajam, dari aperture maksimum dan kualitas gambar tampaknya tidak memburuk ketika aperture di-stop down.


Bokeh indah nan membuai

Lensa makro konvensional cenderung menciptakan bokeh yang agak kasar. Namun demikian, karena memiliki aperture melingkar, bokeh yang diciptakan oleh RF35mm f/1.8 Macro IS STM tampak sangat lembut dan mulus, bahkan apabila aperture di-stop down secara moderat.

 

Gambar contoh


Bidikan pada f/5.6

Sungai dengan jembatan dan kereta api

EOS R/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/5,6, 1/1.000 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Auto

Bidikan jembatan pipa air di atas Sungai Edogawa di Ichikawa City, Prefektur Chiba yang diambil pada hari yang cerah. Kereta api di atas jembatan di latar belakang yaitu kereta Tozai Line yang dioperasikan oleh Tokyo Metro. Gambar yang dihasilkan tampak sangat tajam hingga ke tepi, bahkan pada aperture yang relatif lebar f/5.6.


Bidikan pada f/1.8

Bunga merah dengan latar belakang rerumputan

EOS R/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/1,8, 1/5.000 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Auto

Bunga Lili laba-laba merah yang sedang mekar di tepi sungai. Ini adalah bidikan close-up dengan penampilan bunga yang diperbesar, tetapi tidak seperti lensa makro telefoto sedang, sudut pandang selebar 35mm memungkinkan Anda untuk juga menangkap lingkungan di sekitarnya.


Bidikan pada f/5.6

Anak tangga dari kayu

EOS R/ RF35mm f/1.8 Macro IS STM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/5,6, 1/350 det., EV±0)/ ISO 1600/ WB: Auto

Bidikan anak tangga yang disusun secara ketat di sebuah bangunan dengan aperture yang di-stop down hingga f/5.6. Sudut lebar memungkinkan lensa digunakan untuk pemotretan di dalam ruangan yang sempit. Ini memang lensa yang praktis, membantu menangkap keadaan sekitar dalam bidikan close-up maupun bidikan normal.

Anda mungkin juga tertarik untuk membaca:
Fotografi Interior: 5 Kiat Memotret Ruang Komersial

 

Fitur Utama 1: Performa close-up 0,5x; sudut pandang 35mm yang serbaguna

Jalan

Dermaga di sungai

Macro

Close-up bunga biru

Kebanyakan lensa hanya dicirikan oleh satu aspek yang menonjol, tetapi RF35mm f/1.8 Macro IS STM menawarkan dua aspek: Bukan hanya bobotnya yang ringan dengan sudut pandang sempurna untuk fotografi jalanan, tetapi lensa makro juga memungkinkan Anda menangkap detail pada berbagai subjek kecil. Keserbagunaan ini membuatnya sebagai opsi yang sangat hemat biaya.

 

Fitur Utama 2: Hybrid IS untuk lebih memudahkan fotografi makro genggam

Goyangan kamera pada umumnya disebabkan oleh goyangan angular (sudut), yang terjadi apabila kamera dan lensa dimiringkan pada arah vertikal atau horizontal. Namun demikian, apabila Anda memotret close-up, goyangan geser, yang terjadi apabila kamera bergerak pada arah vertikal atau horizontal, paralel dengan bidang fokus, bisa menjadi lebih kentara.

Pada RF35mm f/1.8 Macro IS STM, sensor gyro dan sensor akselerasi dalam sistem Hybrid IS, membantu mendeteksi kedua jenis goyangan, sehingga menghasilkan stabilisasi gambar yang lebih baik dan lebih cermat.


Sistem Hybrid IS

A) Goyangan kamera angular (sudut)
B) Goyangan kamera shift (geser)
C) IS Unit
D) In-lens microprocessor
E) Sensor akselerasi
F) Vibration gyro

 

Kesimpulan: Penambahan yang layak ke tas kamera

Meskipun RF35mm f/1.8 Macro IS STM adalah satu-satunya lensa non-L di antara deretan yang terdiri atas empat lensa RF awal dari Canon, namun dapat juga dianggap sebagai lensa yang menawarkan mobilitas terbaik pada seri lensa RF terbaru.

Lensa ini:

- Ringkas dan ringan: Hal ini tidak saja membuatnya portabel, tapi juga cocok dengan EOS R dan EOS RP.

- Serbaguna: Sudut pandang 35mm menawarkan perspektif yang secara moderat lebar, tetapi tetap natural—sama bagusnya untuk fotografi jalanan dan fotografi perjalanan, seperti juga untuk fotografi makanan.
Dengan kemampuan semi-makro, Anda bahkan dapat membidik benda kecil secara dekat, misalnya bunga dan pernak-pernik perhiasan.

- Harga terjangkau: Harganya lebih rendah dari lensa RF lainnya yang ada, yang termasuk dalam jajaran seri L premium dari Canon.

Fotografer yang mencari lensa native yang harganya terjangkau untuk kamera seri-R EOS milik mereka, mungkin berpendapat bahwa lensa ini merupakan tambahan yang sangat layak untuk mengisi tas kamera mereka.

 

EOS R dengan RF35mm f/1.8 Macro IS STM

EOS R dengan RF35mm f/1.8 Macro IS STM terpasang

 

Lens Hood EW-52

Lens Hood EW-52

 

Spesifikasi

Konstruksi lensa RF35mm f/1.8 Macro IS STM

A: Elemen lensa asferis

Konstruksi lensa: 11 elemen dalam 9 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,17m
Pembesaran maksimum: 0,5x
Jumlah bilah aperture: 9 (mode lingkaran)
Diameter filter: 52mm
Ukuran: φ74,4 x 62,8mm
Berat: kira-kira 305g

 

Bacalah mengenai kesan dari fotografer lainnya mengenai lensa ini, di sini:
Kesan Lensa: RF35mm f/1.8 Macro IS STM dalam Fotografi Jalanan

Cari tahu selengkapnya mengenai lensa RF di sini:
Perluas Kemungkinan Fotografi Anda dengan Lensa RF Baru
6 Fitur Signifikan Lensa RF
Lensa RF: Yang Mana Yang Sesuai Dengan Saya?

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Masatsugu Koorikawa

Masatsugu Koorikawa

Lahir di Nara. Di samping mengambil potret wajah dan berbagai barang untuk majalah kamera serta musik, Koorikawa juga merilis karyanya dengan tema perairan Teluk Tokyo.