Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

RF85mm f/1.2L USM DS: Lensa Ultimate Portrait bagi para pencinta Bokeh

Pada tanggal 24 Oktober 2019, Canon mengumumkan kehadiran RF85mm f/1.2L USM DS. Meskipun lensa baru ini memiliki desain dasar yang sama seperti RF85mm f/1.2L USM, yang sudah banyak dijual, namun lensa baru ini dilengkapi dengan lapisan Defocus Smoothing (DS) yang baru dikembangkan, yang menjanjikan bokeh unik dengan bagian tepi yang lebih mulus, ideal bagi para fotografer yang ingin membidik potret wajah yang membaurkan latar belakang secara mulus ke dalam keburaman yang indah dan membuai.

RF85mm f/1.2L USM DS dengan logo

1) Pendahuluan: Lensa yang menghasilkan bokeh yang lebih mulus dan bagus
2) Mengenai teknologi Defocus Smoothing
3) Berbagi fitur dengan lensa RF85mm f/1.2L USM
4) Fitur utama dan konstruksi
5) Gambar contoh

 

Lensa yang menghasilkan bokeh yang lebih mulus dan bagus

Ketika Canon mengembangkan lensa RF85mm f/1.2L USM yang saat ini sudah beredar di pasar, Canon memprioritaskan penghapusan aberasi lensa yang menyeluruh demi menghasilkan resolusi optik dan ketajaman di area dalam fokus. Dengan sendirinya, performa optik yang sungguh istimewa dari lensa ini, juga dimungkinkan oleh diameter dudukan yang besar dan jarak fokus belakang yang pendek berkat dudukan RF.

Klik di sini untuk membaca tentang: 6 Fitur Signifikan Lensa RF

Sebaliknya, juga ada banyak fotografer yang ingin menciptakan gambar yang tidak saja terlihat tajam di sejumlah area, tetapi sekaligus menampilkan bokeh yang lembut dan indah di area yang tidak terfokus. Hal ini khususnya berlaku untuk fotografi potret wajah, bunga atau makanan. RF85mm f/1.2L USM DS adalah versi khusus dari lensa RF85mm f/1.2L USM yang ditujukan bagi para fotografer ini, karena memberikan bokeh yang unik dan bagian tepi yang mulus, berbaur indah dengan latar belakang, membuat subjek terlihat menonjol dan lebih bagus.


Foto potret wajah seorang wanita dengan latar belakang cahaya lampu jalanan.

EOS R/ RF85mm f/1.2L USM DS / FL: 85mm/ Manual Exposure (f/1.2, 1/160 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

Semua elemen di latar belakang, termasuk sumber titik cahaya pada deretan lampu jalanan, membaur menjadi bokeh unik yang lembut dan indah, menonjolkan subjek portret wajah secara indah. Sebagai lensa potret wajah, RF85mm f/1.2L USM DS menunjukkan kehebatan penggambaran yang istimewa.

 

Kualitas bokeh yang mengejutkan ini dimungkinkan oleh teknologi lapisan DS yang baru

Perbedaan yang menentukan antara RF85mm f/1.2L USM DS dan tandingannya tanpa DS, adalah pelapisan Defocus Smoothing (DS) yang baru dikembangkan. Lapisan ini mengurangi transmisi cahaya pada bagian tepi lensa, yang memuluskan bagian tepi bokeh. Lapisan ini diterapkan dengan menggunakan teknologi vapour-deposited coating yang dimiliki Canon, dan dengan begitu bisa memastikan bahwa transmisi berkurang secara progresif dengan cara yang sangat terkendali. Sebagai hasilnya, lensa memiliki performa optik, kontras dan kontrol aberasi kromatik yang sama tinggi seperti RF85mm f/1.2L USM, menghasilkan bokeh yang lebih lembut, bagian tepi yang lebih mulus, yang secara bertahap melebur ke dalam latar belakang. 

DS coating dan bagaimana ini memengaruhi penampilan bokeh

DS coating dan bagaimana ini memengaruhi penampilan bokeh

RF85mm f/1.2L USM DS dilengkapi dengan DS coating pada dua permukaan. Kalau hanya satu permukaan yang diberi lapisan (coating), maka hanya bagian samping bokeh yang akan tampak mulus. Oleh karenanya, DS coating diterapkan ke permukaan dari satu elemen lensa yang terletak dekat bagian depan lensa, dan elemen lensa lainnya yang terletak lebih dekat dengan bagian belakang lensa. Hal ini memastikan perbedaan yang sama, tepi bokeh yang mulus seluruhnya, dari bagian tengah hingga ke tepi bingkai gambar.

 

RF85mm f/1.2L USM

Kaca pada latar belakang dengan bagian tepi lingkaran bokeh yang jernih

f/1.2, 1/125 det.
Gambar ini memiliki kesan yang jernih dan tajam. Lingkaran bokeh memiliki garis luar yang bening dan tajam.

RF85mm f/1.2L USM DS

Kaca pada latar belakang dengan bagian tepi lingkaran bokeh yang halus dan lembut

f/1.2, 1/50 det.
Kaca dalam fokus masih tampak jernih dan tajam, tetapi lingkaran bokeh memiliki garis luar secara bertahap dan samar, sehingga bidikan menghadirkan suasana romantis nan lembut.

*Catatan: Karena DS coating menghasilkan transmisi yang lebih rendah pada bagian tepi lensa, maka, pencahayaan pada aperture maksimum adalah 1 1/3 stop yang lebih gelap daripada f/1.2. Dengan memperbarui kamera ke firmware terkini, kendali pencahayaan dalam AE akan dilaksanakan secara tepat.


Efek visual yang indah juga menjangkau video

Berikut ini contoh tentang bagaimana RF85mm f/1.2L USM DS mengubah bidikan Anda: Lingkaran cahaya bokeh tampak indah, dan ini adalah cara yang sangat bagus untuk menyemarakkan potret wajah di malam hari. Tetapi, apabila Anda memiliki bokeh yang banyak, dan bagian tepi lingkaran semuanya tajam dan jernih, hal ini bisa membuat penampilan terlihat lebih berserakan dan kasar daripada yang Anda inginkan.  

Hal ini tidak akan menjadi masalah dengan lingkaran bokeh yang dihasilkan oleh DS coating—bahkan lingkaran bokeh yang terletak tepat di belakang subjek potret Anda tidak akan menarik perhatian. 

Apa yang terbaik dari ini semua? Anda mendapatkan efek yang sama dalam video Anda. Dalam video, tidak seperti pada foto diam, latar belakang pun ikut bergerak. Bayangkan: Lingkaran cahaya bokeh selembut beledu mengambang secara halus di latar belakang footage Anda. Sempurna untuk menghasilkan penampilan yang lembut dan romantis.


Potret wajah dengan cahaya bokeh selembut beledu di latar belakang

EOS R/ RF85mm f/1.2L USM DS / FL: 85mm/ Manual Exposure (f/1.2, 1/125 det.)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Tidak hanya bokeh yang tampak memukau

RF85mm f/1.2L USM DS dan RF85mm f/1.2L USM memiliki konstruksi lensa mendasar yang sama—satu-satunya perbedaan adalah DS coating. Dengan begitu, Anda bisa berharap untuk mendapatkan performa optik yang sama bagus, yang layak dibanggakan oleh lensa RF85mm f/1.2L USM pada versi ini dengan DS. 

Kualitas yang sama dimiliki oleh keduanya termasuk:

- Hasil gambar dan kontras yang istimewa, dari bagian tengah hingga ke semua sudutnya
- Elemen lensa BR dan UD untuk mengendalikan aberasi kromatik
- Air Sphere Coating (ASC) untuk menekan ghosting dan flaring


Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai semua ini dalam artikel:
RF85mm f/1.2L USM: Terciptanya Lensa Ideal Berkat Dukungan Dudukan RF

RF85mm f/1.2L USM DS juga dilengkapi dengan control ring yang dapat disesuaikan, yang sudah merupakan keunggulan lensa RF, serta konstruksi yang kokoh sekaligus kedap debu dan kedap tetesan cairan, yang ditemukan pada semua lensa seri-L Canon.  

* Untuk menggunakan RF85mm f/1.2L USM DS dengan EOS R atau EOS RP, diperlukan versi firmware yang kompatibel. Anda dapat mengunduh firmware terkini dari:
EOS R (Versi Inggris)
EOS RP (Versi Inggris)

 

RF85mm f/1.2L USM DS: Spesifikasi penting Konstruksi Lensa:

 

RF85mm f/1.2L USM DS

Spesifikasi penting
Konstruksi Lensa: 13 elemen dalam 9 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,85m
Pembesaran maksimum: 0,12x
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah lingkaran)
Diameter filter: 82mm
Ukuran: φ103,2×117,3mm
Berat: kira-kira 1.195g

 

Konstruksi lensa

RF85mm f/1.2L USM DS

A: Elemen lensa asferis (Versi Inggris)
B: Elemen lensa UD (Versi Inggris)
C: Elemen Lensa BR (Versi Inggris)
D: ASC (Air Sphere Coating) (Versi Inggris)
lapisan fluorine (Versi Inggris) tahan noda pada permukaan lensa depan dan belakang

 

Lens hood (Tudung lensa): ET-89

Lens Hood ET-89

 

Gambar contoh

Bunga mawar dengan latar belakang bokeh nan indah

EOS R/ RF85mm f/1.2L USM DS/ FL: 85mm/ Manual Exposure (f/1.2, 1/400 det.)/ ISO 400/ WB: Auto

 

Model berpose di dalam ruangan

EOS R/ RF85mm f/1.2L USM DS/ FL: 85mm/ Manual Exposure (f/1.2, 1/80 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

 

Model dengan bunga di luar ruangan

EOS R/ RF85mm f/1.2L USM DS/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE(f/1.2, 1/200 det., EV+0,3)/ ISO 100/ WB: Auto

 

---

Cari tahu lebih lanjut mengenai teknologi lensa RF dan lensa RF lainnya di:
Dalam Fokus: Lensa EF

Sedang memutuskan, apakah membeli EOS R atau EOS RP? Bacalah:
EOS R vs EOS RP: Manakah yang Dipilih?

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!