Tips & Tutorials

[Bagian 3] Dasar-dasar Komposisi! “Komposisi Tengah” dan “Komposisi Simetris”

Di bagian 3 panduan yang mudah dipahami untuk mendapatkan pengetahuan dasar mengenai komposisi, “Komposisi Tengah” dan “Komposisi Simetris”, dijelaskan di sini. Kedua aturan ini populer diterapkan oleh para fotografer profesional, jadi Anda dianjurkan untuk memahaminya dengan baik dan mencobanya secara teratur. Artikel ini ideal bagi mereka yang tidak pernah memperhatikan komposisi ketika mengambil foto. Mari kita mempelajari dasar-dasarnya dengan penggunaan ilustrasi dan contoh-contoh foto. (Dilaporkan oleh: Tatsuya Tanaka)

Halaman: 1 2

"Komposisi Tengah" Mendefinisikan Tema Utama dan Membekalkan Stabilitas yang Kokoh

Komposisi tengah memiliki efek kuat untuk menggiring perhatian pemirsanya

Semua perhatian terpusat pada subjek.

Dalam contoh komposisi tengah, setangkai bunga memenuhi sebagian besar gambar yang diposisikan di tengah. Efek bokeh yang menyebar keluar dari bagian tengah menciptakan kesan lembut pada bunga.

"Komposisi Tengah": Memperhatikan keseimbangan gambar secara keseluruhan

Sesuai dengan namanya, subjek utama ditempatkan di bagian tengah pada “komposisi tengah.” Teknik ini pada umumnya dapat terlihat di antara berbagai foto yang diambil oleh para pemula, karena menetapkan fokus pada bagian tengah gambar cenderung menghasilkan komposisi tengah. Setelah tema utama ditempatkan pada bagian tengah, komposisi tampak stabil dan secara jelas menunjukkan maksud sang fotografer. Komposisi tengah khususnya berguna untuk menangkap bidikan close-up pada hewan dan bunga. Namun demikian, perhatian harus tercurahkan pada keseimbangan yang menyeluruh. Satu cara untuk melakukannya adalah menciptakan ruang yang cukup di sekeliling tema utama. Alih-alih memotret tanpa tujuan, Anda sangat dianjurkan untuk memiliki niat yang pasti dalam benak Anda ketika menerapkan komposisi tengah.

Ideal untuk menekankan tema utama

Memburamkan latar belakang akan mempertegas penampakan burung liar.

Bidikan burung liar yang sedang mematuk-matuk ini diambil dengan menggunakan lensa telefoto. Komposisi tengah efektif apabila Anda ingin menarik perhatian subjek utama dalam gambar.

Untuk memanfaatkan keunggulan komposisi tengah dengan sebaik-baiknya, yang cenderung menghasilkan gambar yang tidak memiliki karakter, penting bagi Anda mencurahkan perhatian ke ruang sekelilingnya untuk mempertegas penampakan tema utama, dan menciptakan latar yang bersahaja.

Saran: Curahkan perhatian pada hubungan di antara latar belakang

Untuk memanfaatkan komposisi tengah, curahkan perhatian pada proporsi antara latar belakang dan tema utama. Sebagian teknik lain yang dapat Anda ingat yaitu memanfaatkan warna latar yang menegaskan tema utama atau menempatkan objek yang terkait ke tema utama.

“Komposisi Simetris” Mengekspresikan Keindahan Harmonis

Menghadirkan pesona melalui komposisi simetris vertikal atau horizontal

Komposisi simetris horizontal.

Secara teknis, bidikan pohon ini di penghujung musim gugur, tidak simetris secara horizontal. Walaupun begitu, komposisi simetris masih dapat diciptakan berdasarkan pengaturan pohon yang simetris dan konfigurasi dedaunannya.

Komposisi simetris vertikal.

Danau dan pantulan memenuhi separuh ruang dalam bidikan ini, menciptakan gambar dengan komposisi simetris tipikal. Untuk menangkap pemandangan di sekelilingnya secara jelas pada permukaan air, niatkan untuk memotretnya pagi-pagi sekali saat tak ada hembusan angin.

"Komposisi Simetris":Mencegah agar tidak terkesan terlalu rutin

Pada komposisi simetris, suatu gambar terbelah secara simetris, vertikal atau horizontal pada bagian tengah. Ada banyak benda di sekitar kita yang bagus untuk dijadikan subjek komposisi simetris. Karya fotografis yang pada umumnya terlihat adalah bidikan yang menangkap kebalikan sisi danau yang terpantul pada permukaan air. Karya lainnya termasuk foto dengan struktur arsitektural simetris atau jalan yang diposisikan di bagian tengah. Namun demikian, karena komposisi ini menciptakan gambar dengan pola yang serupa pada bagian atas dan bawah, atau di sebelah kiri dan kanan, Anda harus waspada untuk menghindari kesan komposisi yang tampak terlalu rutin.

Komposisi yang menggunakan segi tiga terbalik

Gunakan pantulan cermin untuk efek simetris yang mempesona.

Secara kebetulan saya melihat pemandangan ini di dalam ruangan fashion sebuah gedung. Lantai yang dipoles mengkilap menciptakan pantulan cermin di ruang pamer. Anda juga bisa menemukan objek lain di kota yang bisa menjadi subjek komposisi simetris.

Saran: Giring perhatian pemirsa dan ciptakan pola gambar yang menarik

Untuk mencegah komposisi simetris menjadi terlalu rutin, ciptakan pola segi tiga pada subjek untuk mempertegas tema utama secara jelas dengan menggiring perhatian pemirsanya.

Tatsuya Tanaka

Lahir tahun 1956, Tanaka adalah salah satu fotografer langka yang menghasilkan karya yang melintasi beragam genre secara luas, dari perspektif aslinya. Semua genre ini berkisar dari benda-benda dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti serangga dan bunga, lanskap (landscape), bentangan langit (skyscape), dan benda-benda langit. Di samping fotografi, Tanaka juga mengembangkan pendekatannya sendiri dalam pasca proses, termasuk retouch dan pencetakan.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.