Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products In Focus: RF Lenses- Part 3

Lensa RF600mm & 800mm Baru dari Canon: Super Telephoto Dalam Jangkauan Anda

Pada 9 Juli 2020, Canon mengumumkan dua lensa prima super telephoto yang baru untuk dudukan RF. RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM yang baru, ditetapkan untuk membuat fotografi super telephoto lebih terjangkau daripada sebelumnya, juga memiliki bentuk yang ringkas, ringan dan ramah di dompet. Mari kita zoom in pada berbagai fiturnya.

 

Bidikan close-up yang mengesankan, membuatnya lebih mudah dijangkau daripada sebelumnya

Hingga sekarang, lensa super telephoto hampir tidak pernah dikaitkan dengan kata “ringkas”, “ringan”, dan “terjangkau”, tetapi ini akan berubah dengan RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM. Didesain untuk membuat kegembiraan fotografi super telephoto lebih terjangkau oleh para fotografer yang antusias, kedua lensa ini ditetapkan untuk menjadi lensa wajib punya yang baru, khususnya bagi pencinta fotografi burung/unggas liar, kehidupan alam liar, pesawat terbang dan olahraga!

Gambar super telephoto atlet, pesawat terbang dan kera

Pada 600mm atau 800mm, Anda akan dapat menangkap secara close-up ekspresi wajah yang sesungguhnya pada hewan liar yang selalu waspada, emosi tanpa polesan pada wajah para atlet di puncak pertandingan olahraga, atau bahkan pesawat yang terbang tinggi di langit.

 

3 hal penting untuk mendapatkan desain yang terjangkau, ringkas dan ringan

“Terjangkau”, “ringan”, dan “ringkas” hampir tidak pernah digunakan untuk menggambarkan rupa lensa super telephoto. Bagaimana Canon mampu menghasilkan, tidak hanya satu, tetapi dua lensa?

Ada dua fitur pokok penting yang menjadi tumpuan lensa baru yang radikal ini:
- Karakteristik dudukan RF: Diameter dudukan yang besar dan jarak fokus flensa yang pendek mempertahankan kualitas gambar pada level yang tinggi.
- Desain laras lensa yang dapat ditarik keluar-masuk (yang dilengkapi mekanisme penguncian): Pengguna memanjangkan laras lensa untuk membidik, dan ditarik masuk untuk menyimpannya.


Dibangun pada landasan ini, pengembang lensa Canon memanfaatkan tiga fitur berbeda untuk memungkinkan pembuatan desain yang lebih kecil,dan lebih ringan. Sebagai hasil dari upaya mereka, kedua lensa, RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM lebih ringan sekitar 70% daripada lensa EF tandingannya, dan secara substansial lebih pendek dan lebih kecil, bahkan sewaktu dipanjangkan sepenuhnya.


Perbedaan ukuran serta berat RF800mm dan RF600mm f/11 IS STM dibandingkan EF800mm dan EF600mm


Perbedaan ukuran serta berat RF800mm dan RF600mm f/11 IS STM dibandingkan EF800mm dan EF600mm

 

Kunci #1: Aperture ditetapkan pada f/11

f/11 mampu menghasilkan foto yang istimewa di sekian banyak pemandangan
Ini membuat lensa begitu mudah dibawa-bawa, dan Anda akan menggunakannya lebih sering daripada yang Anda pikirkan!

Aperture maksimum f/11 mungkin terdengar sempit. Namun demikian, semakin besar aperture maksimum, hal ini membuat lensa semakin besar dan berat.

Pada kamera DSLR, lensa f/11 akan membuat gambar OVF tampak gelap dan sulit dilihat. Namun demikian, pada EVF seperti yang terdapat pada kamera sistem EOS R, viewfinder gain memastikan bahwa Anda mendapatkan penampilan pemandangan yang cerah di depan Anda—betul, bahkan pada f/11. Dan simulasi pencahayaan membuatnya semakin mudah untuk menyesuaikan pengaturan pencahayaan Anda dan mendapatkan pencahayaan yang ideal.

Close-up EVF dengan gambar


Dengan aperture maksimum yang lebih sempit, Anda akan lebih sering memotret dengan kecepatan ISO lebih tinggi. Tetapi, kapabilitas pengurangan noise sistem EOS R yang istimewa, memastikan bahwa noise gambar pada kecepatan ISO tinggi nyaris tidak ada.

Meskipun Anda tidak akan dapat menyesuaikan pengaturan aperture untuk mengubah depth of field, dalam penggunaan aktual, f/11 sudah memadai untuk sekian banyak pemandangan, khususnya apabila dipasangkan dengan kapabilitas rendah cahaya kamera EOS R. Malahan, manfaat dari aperture f/11 tetap akan lebih penting: tidak ada mekanisme penyesuaian aperture berarti Anda mendapatkan lensa yang lebih ringan dan lebih kecil yang jauh lebih mudah untuk dibawa-bawa.

Close-up 800mm pada seekor bajing dengan bokeh latar belakang yang indah

EOS R/ RF800mm f/11 IS STM / FL: 800mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/125 det.)/ ISO 1600/ WB: Daylight

Pada f/11, Anda tidak hanya menangkap subjek dengan detail yang tajam, tetapi juga dapat menghasilkan buram latar belakang yang indah nan membuai.

* Karena aperture ditetapkan pada f/11, maka ketika memotret dalam mode Av, Tv, P dan Fv, kamera tidak akan dapat menyesuaikan f-number untuk mengompensasi pengaturan pencahayaan lainnya. Gunakan mode ISO AUTO untuk mendapatkan pencahayaan yang benar melalui penyesuaian kecepatan ISO.

 

Kunci #2: Fokus otomatis (masih) memungkinkan pada f/11.

Ya, Anda masih dapat menikmati fokus otomatis yang cepat dan akurat

Berdasarkan sifatnya, lensa super telephoto memiliki depth of field yang lebih dangkal. Ini memberi Anda bokeh indah bahkan pada f/11, tetapi ini juga berarti bahwa Anda akan bersyukur atas bantuan fokus otomatis (AF) apa pun yang bisa Anda peroleh.

Gambar seekor bajing, menunjukkan area AF 40% x 60%.

Apabila menggunakan RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM, AF pendeteksian fase dimungkinkan pada area gambar 40% × 60% (horizontal × vertikal). Hal ini juga berkat sistem Dual Pixel CMOS AF pada kamera EOS R, yang dapat memperoleh fokus, bahkan pada f/11. Tidaklah berlebihan kalau mengatakan bahwa Canon telah menghasilkan desain lensa f/11 yang sungguh layak.

Mekanisme AF lensa didorong oleh STM tipe lead screw (sekrup poros antar), yang merealisasikan fokus yang cepat dan akurat serta pelacakan fokus yang mulus tanpa hambatan sewaktu perekaman video.

 

Kunci #3: Elemen lensa DO multi-tasking yang memiliki kapabilitas

Merampingkan optik dengan satu elemen lensa yang bisa melakukan minimal tiga pekerjaan

RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM menyatukan elemen lensa DO (Versi Inggris) lapis-ganda tanpa celah yang terbuat dari materi baru. DO adalah singkatan dari “Diffractive Optics” (Optik Difraksi), dan mengandung sejumlah sifat optik lensa asferis bersama dengan kapabilitas koreksi aberasi kromatik yang mengungguli kemampuan lensa fluorite dan UD.

Karena satu lensa DO memiliki efek korektif yang sama seperti beberapa lensa, hal ini mengurangi jumlah elemen lensa yang diperlukan untuk menghasilkan kualitas gambar yang istimewa, dan karenanya dapat merealisasikan gambar yang jernih, berkualitas tinggi dengan kontras yang indah dalam desain yang lebih ringan.

Burung kecil di atas pohon pada 600mm

EOS R/ RF600mm f/11 IS STM / FL: 600mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/400 det.)/ ISO 1600/ WB: Daylight

 

Wujudkan impian Anda untuk mendapatkan gambar tajam dengan menggenggam kamera pada lensa super telephoto

Lensa yang lebih kecil, lebih ringan, gambar lebih stabil—dan semuanya siap untuk menangkap beragam luas pemandangan

Pemotretan genggam dengan EF-RF600mm f/11 STM

Apabila memotret dengan lensa super telephoto, pergerakan kamera atau lensa sekecil apa pun, dapat menyebabkan keburaman penglihatan gambar akibat goyangan kamera. Hal ini membuat pemotretan tanpa tripod agak sulit. Namun demikian, selain bentuknya yang lebih kecil dan lebih ringan sehingga mempermudah pemotretan genggam, RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (Optical IS) yang membantu pemotretan dengan tangan, memungkinkannya untuk menangani beragam pemandangan yang lebih luas lagi.


Efek Stabilisasi gambar
RF600mm f/11 IS STM: Setara kecepatan rana hingga 5 stop
RF800mm f/11 IS STM: Setara kecepatan rana hingga 4 stop.

RF800mm f/11 IS STM (IS OFF)
Close-up 800mm pada seekor bajing dengan bokeh latar belakang yang indah

RF800mm f/11 IS STM (IS ON)
Close-up 800mm pada seekor bajing dengan bokeh latar belakang yang indah

Lensa ini membuat pasangan yang istimewa dengan kamera sistem EOS R—apabila lensa dan kamera Anda, keduanya ringan dan ringkas, pasti akan sangat nyaman untuk memegangnya. Anda dapat menyambut kesempatan untuk pemotretan berjam-jam lamanya yang menyenangkan dan tidak melelahkan, dan mengabadikan apa pun yang dulu tidak memungkinkan.

Baca juga: Bagaimana Stop Image Stabilization Ditentukan?

 

Sejumlah fitur yang didesain demi kenyamanan Anda

Anda akan sangat senang menggunakan lensa sehingga membuatnya benar-benar berharga

Ring kontrol perak yang telah menjadi fitur ikonik lensa RF, dan dapat ditentukan untuk mengontrol kompensasi pencahayaan, kecepatan ISO, atau kecepatan rana secara intuitif.

Meskipun lensanya kecil dan ringan, keseimbangan masih menjadi masalah apabila kamera didudukkan pada tripod. Dudukan tripod built-in, terbuat dari logam agar lebih andal, memungkinkan Anda memasang tripod ekstra untuk lebih menstabilkan penyiapan.

Switch panel atau panel sakelar, jika dilihat dari atas
- Sakelar batas fokus
Kisaran AF: 12m-∞(RF600mm f/11 IS STM)
Kisaran AF: 20m-∞(RF800mm f/11 IS STM)
- Sakelar AF/MF
- Sakelar IS ON/OFF

A: Ring kontrol
B: Tripod mount
C: Cincin pengunci

 

Menjangkau lebih jauh lagi dengan extender RF yang baru

RF Extender 1.4x, RF Extender 2x

RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM keduanya kompatibel dengan extender baru dari Canon, Extender RF 1.4x dan Extender RF 2x.

Tanpa menghiraukan extender yang terpasang, AF dan IS keduanya memungkinkan.

Panjang fokus dan aperture maksimum

Lensa Extender RF 1.4x Extender RF 2x
RF600mm f/11 IS STM 840mm f/16 1200mm, f/22
RF800mm f/11 IS STM 1120mm, f/16 1600mm, f/22


Bullet train dibidik pada 1200mm

EOS R/ RF600mm f/11 IS STM + Extender RF 2x/ FL:1200mm/ Manual exposure (f/22, 1/250 det.)/ ISO 800/ WB: Daylight

 

RF600mm f/11 IS STM


Konstruksi lensa RF600mm f/11 IS STM

A: Lensa DO

 

Spesifikasi penting
Konstruksi Lensa: 10 elemen dalam 7 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 4,5m
Perbesaran maksimum: 0,14x
Diameter filter: 82mm
Ukuran: φ93 x 269,5mm (ketika memotret)/199,5mm (ditarik masuk)
Berat: sekitar 930g

RF600mm pada EOS R


Lens hood (Tudung lensa): ET-88B (dijual terpisah)

 

RF800mm f/11 IS STM


Konstruksi lensa RF800mm

A: Lensa DO

 

Spesifikasi penting
Konstruksi Lensa: 11 elemen dalam 8 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 6,0m
Perbesaran maksimum: 0,14x
Diameter filter: 95mm
Ukuran: φ93 x 351,8mm (ketika memotret)/281,8mm (ditarik masuk)
Berat: sekitar 1.260g

RF800mm pada EOS R


Lens hood (Tudung lensa): ET-101 (Dijual terpisah)

 

Gambar contoh

Close-up 600mm pada ombak

EOS R/ RF600mm f/11 IS STM / FL: 600mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/800 det.)/ ISO 1000/ WB: Daylight


Rembulan pada 1600mm

EOS R/ RF800mm f/11 IS STM + Extender RF 2x/ FL:1600mm/ Manual exposure (f/22, 1/10 det.)/ ISO 100/ WB: Daylight


Close-up 600mm pada kera

EOS R/ RF600mm f/11 IS STM / FL: 600mm /Manual Exposure (f/11, 1/160 det.)/ ISO 1600/ WB: Daylight

 

Pelajari lebih lanjut mengenai lensa RF di:
Dalam Fokus: Lensa RF

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!