Produk >> All Products

Kesan Lensa: RF24-70mm f/2.8L IS USM dalam Fotografi Jalanan

Sebagai lensa zoom standar dalam jajaran RF zoom trinity yang sangat diharapkan, RF24-70mm f/2.8L IS USM adalah salah satu lensa yang telah lama dinantikan oleh sekian banyak pengguna EOS R. Fotografer jalanan, Ikuko Tsurumaki biasanya lebih suka menggunakan lensa prima, tetapi dia sungguh terpana oleh kenyamanan lensa zoom ini. Dengan bobot kurang dari 1 kg, lensa ini menawarkan alternatif untuk lensa fotografi jalanan yang lebih praktis dibandingkan lensa RF28-70mm f/2L USM yang berat. Dia berbagi kesannya dengan kita. (Dilaporkan oleh Ikuko Tsurumaki, Digital Camera Magazine)

 

Lensa serbaguna yang telah menjadi lensa RF favorit saya

Persis seperti lensa tandingannya, (EF24-70mm f/2.8L II USM), karakteristik paling memikat dari RF24-70mm f/2.8L IS USM adalah mudah digunakan dan serbaguna. Lensa ini tidak hanya memiliki aperture konstan yang sangat cepat, tetapi juga mencakup panjang fokus sudut lebar hingga telephoto sedang, cukup memadai untuk sebagian besar pemandangan. Dengan bobot 900g, lensa ini menawarkan keseimbangan yang sangat bagus apabila disandingkan dengan EOS R. Saya berjalan kaki, berkeliling sambil memotret sepanjang hari dan sama sekali tidak merasa lelah.

 

Membidik sesuai keinginan hati

Karena lensa ini digerakkan oleh Nano USM, AF (Fokus Otomatis) pun berlangsung cepat dan sangat akurat. Dengan stabilisasi gambar hingga lima stop, saya dapat membidik sambil menggenggam kamera di malam hari, dan bahkan dapat menggunakan rana lambat untuk menciptakan buram gerakan secara manual, dan bidikan saya tetap terlihat tajam di tempat yang penting. 

Mengambil bidikan cepat di jalanan, lensa kamera yang berpasangan, membantu menangkap momen yang menentukan, yang ingin saya abadikan, hanya dengan pembingkaian yang tepat. Seakan-akan perangkat dan emosi saya menyatu secara harmonis.


Pejalan kaki yang menyandang tas merah terabadikan bersama mobil warna merah dan nuansa merah

EOS R/ RF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 61mm/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/800 det., EV-1,0)/ ISO 100/ WB: Auto

Paduan rona merah yang kebetulan hadir, khususnya pada wanita yang menyandang tas merah yang melindungi wajahnya dari cahaya matahari, dan mobil merah yang akan membawanya meluncur. Berkat AF yang cepat dan akurat, saya dapat menangkap momen yang semuanya terpadu dalam satu tempat untuk menghasilkan gambar sempurna.

 

Kualitas mencengangkan yang membuat pemandangan biasa menjadi luar biasa

Dibantu oleh jarak fokus flensa pendek dan diameter dudukan besar, pada aperture maksimum f / 2.8, lensa menghasilkan gambar dengan resolusi visual yang memukau di seluruh rentang zoom. Pemandangan biasa sehari-hari berubah menjadi pemandangan yang bening dan jernih dengan dimensi yang istimewa. Biasanya, saya lebih suka memotret dengan lensa prima, tetapi preferensi saya direbut oleh serangkaian gambar yang hanya bisa dihasilkan dengan lensa zoom aperture konstan yang cepat, ini.


Rangkaian bunga dalam bungkus plastik yang tertimpa hujan

EOS R/ RF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 24mm/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/80 det., EV+1,0)/ ISO 100/ WB: Auto

Ini dibidik pada bukaan lebar f/2.9 dengan fokus pada lembaran plastik yang melindungi rangkaian bunga dari hujan. Ketajaman penggambaran yang sangat baik dari lensa ini terbukti dalam nada warna nan halus, bertahap, bertekstur sesuai aslinya. Terdapat bokeh indah pada bunga di bagian belakang, bahkan bokeh tersebut tidak terlalu jauh dari bidang fokus.

 

Menangkap bidikan sudut lebar, telephoto sedang serta close-up yang mengagumkan—semuanya dengan lensa yang sama

Dengan kisaran sudut selebar 24mm, Anda dapat menghasilkan gambar yang berdampak oleh efek perspektif sudut lebar yang dibuat berlebihan. Pada ujung telephoto sedang 70mm, Anda mendapatkan efek pemampatan perspektif wajar yang mempertahankan suasana pemandangan seperti apa adanya. Pada 32mm, Anda mendapatkan 0,3x perbesaran maksimum yang memungkinkan Anda membidik benda kecil, seperti tumbuhan dan aksesori secara close-up. 

Dalam hal ini, lensa mampu menangani segala macam pemandangan sehari-hari yang sangat bervariasi dan menghasilkan bidikan tanpa cela, apa pun gaya pemotretan Anda. Lensa ini memang istimewa untuk digunakan sehari-hari dengan kamera EOS seri-R. 


Jalan bebas hambatan menjelang malam

EOS R/ RF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 24mm/ Aperture-priority AE (f/7.1, 1/160 det., EV-1,7)/ ISO 100/ WB: Auto

Jalan bebas hambatan yang disinari oleh cahaya matahari yang benderang. Pemotretan pada 24mm menghasilkan efek perspektif sudut lebar yang membuahkan gambar dinamis. Dengan menggunakan monitor Vari-angle pada EOS R, Anda dapat membidik dari sudut rendah tanpa harus mengatur tubuh Anda pada posisi yang tidak nyaman.

 

3 fitur istimewa 

#1: Lebih kecil, lebih ringan dan lebih praktis daripada RF28-70mm f/2L USM

Perbedaan ukuran dan berat antara RF24-70mm f/2.8L IS USM dan RF28-70mm f/2L USM

Perbedaan ukuran di antara kedua lensa ini tampak nyata secara sekilas, dan Anda pasti merasakannya ketika berjalan kaki keliling kota dengan membawa perlengkapan Anda. RF28-70mm f/2L USM memiliki aperture maksimum yang lebih cepat, tetapi RF24-70mm f/2.8L IS USM memiliki sudut pandang yang lebih lebar.

 

#2: Ini adalah lensa zoom standar dengan bukaan diafragma konstan f/2.8

Dari lensa yang sama, Anda dapat menghasilkan bidikan sudut lebar yang berdampak pada 24mm, sudut pandang wajar pada 35mm serta 50mm, dan efek kompresi perspektif telephoto yang pas pada 70mm. Pada 24mm, Anda juga mendapatkan jarak fokus terdekat 21cm, cukup dekat untuk bidikan makro sudut lebar.

Bunga secara close-up

Dibidik pada 24mm dari jarak pemfokusan terdekat (21cm)


Pelajari cara memanfaatkan secara maksimal panjang fokus yang berbeda-beda dalam:
Teknik Komposisi Profesional (3): Memanfaatkan Lensa Dengan Sebaiknya.

 

#3: Bidikan rana lambat sambil menggenggam kamera? Bisa dengan mudah mencapai hingga stabilisasi gambar 5 stop

Mekanisme IS built-in (stabilisasi gambar) mengoreksi efek goyangan kamera hingga setara dengan lima stop kecepatan rana. (Lebih lanjut mengenai ini, baca: Bagaimana Stop Image Stabilization Ditentukan?) Ini tidak hanya membantu di tempat yang gelap, tetapi juga memungkinkan Anda menciptakan efek rana lambat, seperti jejak cahaya dan buram gerakan, bahkan tanpa tripod.

Bidikan mobil di terowongan dengan rana lambat

Ini dibidik sambil menggenggam kamera pada 1/2 detik.

 

Ketahui tentang efek keren lainnya yang bisa Anda ciptakan dengan rana lambat dalam artikel:
Seni Shutter Lambat: Menciptakan Lingkaran Buram Surealis
Seni Shutter Lambat: Menggunakan Zoom Burst untuk Mengubah Bintang Gemintang di Langit menjadi Hujan Meteor
Seni Shutter Lambat: 3 Saran Cemerlang untuk Memotret Lukisan Cahaya

 

EOS R dengan RF24-70mm f/2.8L IS USM terpasang

 

Lens hood (Tudung lensa): EW-88E

 

Konstruksi lensa

A: Elemen lensa asferis (Versi Inggris)
B: Elemen lensa UD (Versi Inggris)
C: ASC (Versi Inggris)

Lapisan fluorine (Versi Inggris) tahan noda pada permukaan lensa depan dan belakang

 

Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 21 elemen dalam 15 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,21 – 0,38m
Pembesaran maksimum: 0,3x (pada 32mm)
Jumlah bilah aperture: 9 (bundar)
Diameter filter: 82mm
Ukuran: φ88,5 x 125,7mm
Berat: kira-kira 900g

 

Gambar contoh

EOS R/ RF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 70mm/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/125 det., EV-0,3)/ ISO 100/ WB: Auto 

Sehelai daun di atap kaca pada hari hujan, dibidik langsung dari bawah. Lensa ini telah membantu menangkap tekstur tetesan air hujan pada kaca yang terlihat tajam dan alami. Kejernihan hasil gambarnya membuat pemandangan yang biasa terlihat begitu mengesankan.

 

EOS R/ RF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 61mm/ Aperture-priority AE (f/5, 1/200 det., EV-0,7)/ ISO 100/ WB: Auto 

Ransel yang tergeletak di tanah di arena bermain ini seakan menyampaikan betapa gembira anak-anak yang sedang bermain ini. Saya sungguh merasa nyaman dengan lensa zoom di sini: Hanya dengan penyesuaian kecil pada panjang fokus, saya dapat menangkap pemandangan seperti yang saya inginkan, hampir pada saat yang sama saya memutuskan untuk membidiknya.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Ikuko Tsurumaki

Ikuko Tsurumaki

Lahir di Tokyo pada tahun 1972, Tsurumaki mulai belajar fotografi saat bekerja di biro iklan, dan meniti karier fotografer yang diawalinya sebagai asisten. Pada saat ini, ia sibuk dalam berbagai kegiatan, termasuk melakukan pemotretan untuk majalah, menulis artikel, dan mengadakan ceramah serta seminar fotografi.

http://www.ikukotsurumaki.com/