Tips & Tutorials

[Bagian 4] Teknik Komposisi Profesional – Memanfaatkan Lensa Khusus

Selain lensa wide-angle, standar, dan telefoto, tahukah bahwa Anda dapat lebih asyik dengan lensa serba khusus? Semua lensa ini memberikan sudut pandang atau panjang fokus yang khusus, seperti lensa makro dan fisheye. Dalam artikel ini, Anda akan menyadari bagaimana lensa yang serba khusus ini dapat lebih jauh menyempurnakan komposisi foto Anda. (Ditulis oleh: Tatsuya Tanaka)

Lensa Makro

Sebagian besar gambar bunga yang menawan ditangkap dengan menggunakan lensa makro. Sudut pandang menjadi sangat sempit apabila subjek ditangkap pada ukuran yang sesungguhnya. Efek ini dapat dimanfaatkan apabila Anda mengambil bidikan close-up putik bunga atau bidikan serangga yang diperbesar. Namun demikian, intensitas cahaya mungkin tidak cukup apabila Anda memfokuskan pada bagian kecil subjek yang memaksa Anda untuk menggunakan shutter speed lambat. Harap diingat bahwa ini akan menyebabkan goyangan kamera. Selain itu, karena rasio perbesaran bervariasi setiap kali Anda memutar ring pemfokusan, komposisinya pun berubah bilamana titik fokus digeser. Untuk karya komposisi yang lebih tepat, pilih rasio perbesaran dengan menggunakan ring pemfokusan, diikuti dengan menggerakkan kamera mundur-maju untuk menemukan titik fokus, karena dengan begitu akan membantu meminimalkan variasi apa pun dalam komposisinya.

Ini adalah diagram konsep sudut pandang lensa makro. Apabila subjek ditangkap dalam ukuran yang sesungguhnya (1.0x magnification), sudut pandang menjadi sempit seperti lensa super telefoto.

A: Sudut Pandang

B: 1.0x Magnification Region (Bagian Perbesaran)

C: Lensa

Menangkap serangga dan bunga dari jarak sangat dekat

Di sini, saya menangkap kupu-kupu yang mendekati bunga pada komposisi Rule of Thirds (Aturan Segitiga) yang menggunakan lensa telefoto makro 180mm, yang sangat praktis untuk subjek yang bisa lari jika Anda bergerak terlalu dekat.

Menangkap pemandangan yang diperbesar dengan urat daun yang terlihat

Saya menangkap bidikan close-up daun yang gugur dengan menggunakan lensa makro 100mm. Di sini saya mempertimbangkan garis diagonal ketika menyusun bidikan. Meskipun foto yang ditangkap dari jarak sangat dekat memiliki resolusi tinggi, namun Anda dianjurkan menggunakan tripod untuk mencegah goyangan kamera.

Fisheye

(180° Diagonal Fisheye / 360° Circular Fisheye)

Fisheyes adalah tipe lensa yang unik, yang dapat dibagi ke dalam prime fisheye dan zoom fisheye, keduanya menawarkan sudut pandang yang berkisar dari pandangan 180° diagonal hingga 360° lingkaran, sedangkan fisheye zoom memungkinkan Anda memperoleh sudut pandang di antara kisaran ini. Dengan lensa fisheye, kedua objek yang terletak dekat ke kamera serta yang berjarak jauh, dapat ditangkap dalam satu gambar. Namun demikian, Anda perlu menguasai karakteristik lensa sebelum dapat menyusun bidikan yang bagus. Khususnya, lensa circular fisheye mengharuskan Anda menonjolkan kontras dalam komposisi. Anda tidak akan dapat memperoleh sudut pandang dalam format normal yang lebih lebar dari sudut pandang diagonal 180°. Kedua tipe lensa ini menghasilkan efek cacat bentuk atau melengkung menurut jarak dari subjek dan sudutnya, sehingga penting untuk menyusun bidikan dengan mempertimbangkan fakta, bahwa garis lurus akan tampak melengkung.

Lensa circular fisheye berbentuk separuh kubah dengan sudut pandang 180°, baik secara vertikal maupun horizontal, sedangkan lensa diagonal fisheye memiliki sudut pandang diagonal 180°, dan keduanya memiliki sudut yang lebih lebar daripada yang kita lihat secara kasat mata.

A: Sudut Pandang Lensa Diagonal Fisheye

B: Sudut Pandang Lensa Circular Fisheye

C: Lensa

Memotret bunga cherry yang bermekaran dengan lensa circular fisheye 360°

Dengan mengarahkan lensa fisheye secara langsung ke atas, akan menciptakan efek bentuk kubah yang mirip planetarium. Di sini, saya bergerak mendekati pohon cherry yang merupakan tema utama, dan memilih komposisi terpusat sambil mempertimbangkan keadaan sekeliling dekat pusatnya.

Memotret jalur pegunungan dengan lensa diagonal fisheye

Apabila Anda menggunakan lensa diagonal fisheye, distorsi pada empat sudut gambar bisa menjadi lebih nyata, tergantung pada sudut dan posisinya. Jadi, perlu diperhatikan apabila menentukan komposisi.

Tatsuya Tanaka

Lahir tahun 1956, Tanaka adalah salah satu fotografer langka yang menghasilkan karya yang melintasi beragam genre secara luas, dari perspektif aslinya. Semua genre ini berkisar dari benda-benda dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti serangga dan bunga, lanskap (landscape), bentangan langit (skyscape), dan benda-benda langit. Di samping fotografi, Tanaka juga mengembangkan pendekatannya sendiri dalam pasca proses, termasuk retouch dan pencetakan.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.