Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

7 Alasan Kamera Mirrorless EOS M Akan Meningkatkan Permainan Media Sosial Anda

2019-11-25

Semakin menarik bidikan Anda, semakin banyak perhatian yang akan diperoleh di media sosial. Kamera mirrorless Canon EOS M tidak saja mampu menghasilkan bidikan yang serba mengagumkan, tetapi juga membuatnya begitu nyaman untuk mengunggah gambar ke media sosial! Lanjutkan membaca untuk mengetahui selengkapnya tentang kebolehan kamera ini.

Kamera EOS M dan camera connect pada gambar

 

1. Dengan kamera ini, Anda bisa begitu mudah menghasilkan gambar yang mencuri perhatian

Gambar yang paling mencuri perhatian di media sosial sering menampilkan lanskap yang dramatis, keburaman (bokeh) latar belakang nan indah, dengan subjek yang mencolok, atau gagasan yang menarik dan tidak lazim. Kamera mirrorless Canon Anda membuatnya mudah untuk menghasilkan semua itu. Caranya begini:

 

Memotret gambar berkualitas tinggi pada posisi handheld, bahkan dalam kondisi rendah cahaya

Selama magic hour di pagi hari dan larut senja, tatkala langit berwarna jingga kebiruan selama kurang-lebih 30 menit. Ini merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan bidikan yang dramatis, tetapi agak sedikit gelap. Kalau memotret dengan smartphone, Anda mungkin mendapatkan bidikan yang menampakkan butiran, atau Anda bisa menggunakan night mode. Kalau menggunakan night mode, tangan Anda harus benar-benar tidak bergeser saat membidik, sedangkan kamera ponsel dapat mengambil dan menggabungkan beberapa pencahayaan, tetapi hal itu cukup sulit. Anda selalu mendapatkan bidikan yang buram.

Terdengar cukup sering, ya?

Kamera mirrorless EOS M Canon menggunakan sensor gambar ukuran APS-C yang sepuluh kali lipat lebih besar daripada sensor di sebagian besar smartphone, sehingga memungkinkan kamera mengambil lebih banyak cahaya dan detail bidikan dalam waktu pencahayaan yang sama. Ukuran sensor yang lebih besar juga membantu mengurangi noise gambar bahkan pada pengaturan sensitivitas cahaya ISO yang sama, sehingga memungkinkan untuk membidik lebih cepat dengan menggenggam kamera, dan menghasilkan gambar yang tajam dan berkualitas tinggi, bahkan dalam kondisi penerangan yang redup.

Bidikan waktu magis larut senja pada EOS M100

EOS M100/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 16mm (setara 26mm)/ Aperture-priority AE (f/8/ 1/20 det., EV+0,7)/ ISO 400/ WB: Auto

 

Bokeh indah untuk bidikan yang mencolok

Efek keburaman depth-of-field dangkal yang indah, dikenal sebagai "bokeh". Inilah cara yang hebat untuk menarik perhatian ke subjek dengan membuatnya menonjol dari latar belakang. Bokeh yang terlihat paling wajar dihasilkan oleh optik lensa, dan memiliki sensor gambar yang lebih besar, sehingga membuat efek buram terlihat lebih lembut. Sandingkan kamera Anda dengan lensa prima (lihat poin 4) seperti EF-M32mm f/1.4 STM untuk hasil yang bahkan lebih baik.

Potret wajah wanita dengan bokeh indah di latar belakang

EOS M6 Mark II/ EF-M32mm f/1.4 STM/ FL: 32mm (setara 5,2mm)/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/200 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

Peringatan fitur yang keren: Mau ber-selfie atau wefie? Putar-balik monitor layar sentuh LCD menghadap ke Anda, putar mode dial ke “SCN” dan coba Self-Portrait mode. Dengan cara ini, Anda dapat menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang, kecerahan dan efek Smooth Skin (Kulit Halus), hanya dengan sekali ketuk. Memfungsikan Touch Shutter (Rana Sentuh), dan rilis rana hanya melalui ketukan. 

 

Hadir untuk membantu Anda menangkap bidikan yang serba menarik

Penemuan cemerlang berarti foto yang serba menarik. Tetapi, untuk membuat penemuan yang cemerlang, Anda harus keluar dan menjelajah! Kamera mirrorless Canon ringkas, ringan dan praktis untuk tujuan tersebut, meningkatkan peluang bahwa Anda selalu berbekal kamera hebat (dan lensa keren) saat melihat aksi yang memukau, pemandangan yang menggugah atau #pictureperfect moment (momen sempurna) yang ingin Anda abadikan selamanya.

Pertarungan bola basket di udara

EOS M6 Mark II/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 14mm (setara 22,4mm)/ Manual exposure (f/5.6, 1/2000 det.)/ ISO 400/ WB: Daylight

Fakta menyenangkan #1: Di antara berbagai spesifikasi dan fitur dahsyat lainnya, EOS M6 Mark II dapat mengambil bidikan beruntun hingga 30 fps dan membidik pada kecepatan rana hingga secepat 1/16.000 kedua—sempurna untuk mengabadikan momen yang berlangsung sekedipan mata. Pelajari lebih lanjut mengenai kamera unggulan di sini.

Fakta menyenangkan #2: EOS M200 juga mendukung perekaman film vertikal. Ini artinya bahwa Anda dapat berbagi video vertikal Anda ke akun media sosial Anda tanpa harus terlebih dulu mengubah orientasinya.

 

2. Fun Creative filter untuk kreasi artistik

Perlu cara cepat, mudah dan asyik untuk penampilan foto yang artistik? Kamera EOS M bisa membantu Anda.

Pada kamera mirrorless EOS seri-M, Anda memiliki akses ke tujuh Creative filter, termasuk efek Miniature dan efek vintage-looking Toy Camera (Kamera Mainan yang terlihat antik), hanya dengan memutar mode dial. Pratinjau efek saat Anda membidik, atau menerapkannya ke bidikan Anda sesudahnya.

Bidikan bangunan dengan efek miniatur

EOS M50/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 26mm (setara 41,6mm)/Creative filter-Miniature effect (f/6.3, 1/160det.)/ ISO 100/WB: Auto


Pengaturan white balance menawarkan cara lain untuk berkreasi dengan gambar yang Anda bidik. Ketahui selengkapnya di sini:
Dasar-Dasar White Balance untuk Menghasilkan Nada Warna Dambaan!

 

3. Kontrol kreatif mulus, gaya Anda

Ingin menyesuaikan penampilan gambar Anda lebih jauh lagi, tetapi belum menguasai istilah tekniknya, seperti “shutter speed”, “aperture” dan “white balance”? Dengan fitur Creative Assist yang ada di Scene Intelligent Auto mode, Anda dapat menyesuaikan keburaman latar belakang, nada warna dan suasana foto serta melihat hasilnya dalam waktu nyata. Anda hanya perlu memilih apa yang ingin Anda ubah, lalu menyesuaikan tingkat efeknya.

Creative Assist-Saturation

Bidikan taman dengan warna netral
Saturasi: Neutral (Netral)

Gambar taman dengan warna yang lebih jelas
Saturasi: 0

Taman dengan warna yang jelas
Saturasi: Vivid (Jelas)

3 gambar semuanya: EOS M50/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 35mm (setara 56mm)/ Scene Intelligent Auto (f/5.6, 1/160 det.)/ ISO 160/ WB: Auto

Pengguna yang lebih berpengalaman, yang juga ingin mengendalikan sejumlah pengaturan pencahayaan yang biasa, dapat mencoba Picture Style, juga terdapat pada kamera DSLR Canon. Hal ini memungkinkan Anda memilih dari preset (yang sudah ditetapkan sebelumnya), seperti ‘Landscape’ (yang memiliki lebih banyak warna biru dan hijau yang jelas) serta ‘Portrait’ (yang menghaluskan nada rambut dan kulit), dan menyesuaikan parameter, seperti ketajaman, kontras, kecerahan dan nada warna. Anda bahkan dapat membuat sebanyak tiga Custom Picture Styles.

Baca juga yang berikut ini: Teknik Picture Style untuk Meningkatkan Fotografi Lanskap Anda

 

4. Anda bisa melihat (dan menampilkan) dunia melalui lensa yang berbeda-beda—secara harfiah!

Jenis lensa yang berbeda-beda membuat bidikan pemandangan yang sama, yang Anda ambil, tetapi terlihat berbeda. Yang menarik dari kamera dengan lensa yang dapat dipertukarkan yaitu, Anda bisa mengganti lensanya. Hal ini tidak hanya meluaskan kemungkinan kreatif, tetapi juga membuatnya lebih mudah untuk menciptakan kembali gambar yang Anda bayangkan.

Lensa yang bisa Anda gunakan dengan kamera mirrorless Canon, termasuk:

- Lensa zoom standar yang dikenal karena keserbagunaannya, seperti EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM;
- Lensa zoom telephoto yang bisa mendekatkan benda yang jauh, seperti EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM;
- Lensa pancake yang ramping, portabel, dan lensa prima yang mampu menghasilkan bokeh yang indah membuai, seperti EF-M22mm f/2.0 STM;
- Lensa sudut lebar yang membantu Anda membidik lanskap yang terbentang luas (serta gambar berkelompok di ruang sempit), seperti EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM;
- Lensa superzoom yang mencakup kisaran luas sudut pandan dari sudut lebar ke telefoto (seperti EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM);
- Lensa Macro yang memperbesar benda mungil, seperti EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM; dan
- Lebih dari 70 lensa pada jajaran lensa EF dengan bantuan EF mount adapter (adaptor dudukan).

 


EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM


EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM

 

Macro photo dengan EOS M200 dan lensa macro EF-M

EOS M200/ EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM/ FL: 28mm (setara 45mm)/ Manual exposure (f/4, 1/640 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

Para pengikut Anda di media sosial pasti terpesona dengan penampilan perspektif berbagai hal yang sama sekali baru: Cobalah lensa macro seperti EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM. Lensa ini dilengkapi mode Super Macro yang memperbesar berbagai benda hingga 1,2 kali lipat, dan memungkinkan Anda membidik dari jarak sedekat 13mm—sangat bagus untuk memotret serangga, tumbuhan, dan benda mungil lainnya.

 

5. Pairing atau penyandingan smartphone mudah dilakukan dengan aplikasi Camera Connect

Tidak perlu kabel atau proses pairing yang berbelit-belit yang harus diulangi setiap kali. Untuk menyandingkan smartphone dengan kamera mirrorless, cukup lakukan:

1. Unduh aplikasi Camera Connect (Versi Inggris) gratis ke smartphone Anda.
2. Jalankan
3. Ketuk pada “Easy Connection Guide” dan ikuti petunjuknya.

Setelah koneksi siap, Anda bisa mentransfer gambar dan film tanpa kabel dari kamera ke smartphone untuk penyimpanan, atau berbagi di media sosial, atau menggunakan ponsel Anda untuk pemotretan jarak jauh.

Anda hanya perlu menyandingkan kamera dan smartphone Anda satu kali.


Ilustrasi konektivitas mirrorless EOS M

Anda mungkin juga tertarik untuk membaca:
Saran Berguna untuk Foto Cadangan pada Aplikasi Camera Connect

 

6. Berbagi gambar semakin mudah dengan Auto Transfer!

EOS M50, EOS M200 dan EOS M6 Mark II dilengkapi dengan fungsi Auto Transfer. Apabila difungsikan, gambar dapat secara otomatis dikirimkan ke smartphone saat Anda membidik. Anda tidak perlu memilih secara manual, dan menyimpan gambar yang ingin Anda transfer—semuanya lebih mudah untuk diunggah ke media sosial.


Auto Transfer (Transfer Otomatis) pada EOS M50

 

7. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan kamera Anda untuk menelusuri gambar Anda

Katakan saja, Anda sedang berada di atas kereta api atau bus, dalam perjalanan pulang ke rumah setelah seharian menjelajahi berbagai tempat dan memotret. Untuk merintang waktu, tidak ada salahnya memanfaatkan kesempatan ini untuk meninjau kembali, mengelola dan mentransfer gambar yang sudah Anda bidik, bukan? Tetapi jika Anda sedang berdiri di dalam bus yang penuh sesak, mungkin tidak nyaman untuk mengeluarkan kamera Anda dari dalam tas.

Dalam situasi semacam ini, dan keadaan lainnya, saat Anda tidak ingin menyentuh kamera Anda, kamera mirrorless Canon menawarkan fungsi praktis dalam bentuk Bluetooth, yang terus melangsungkan koneksi hemat daya dengan smartphone Anda. Apabila ini diaktifkan, Anda dapat melihat dan mentransfer gambar di kamera dengan smartphone Anda melalui aplikasi Camera Connect, meskipun kamera masih berada di dalam tas. Sempurna untuk produktivitas di perjalanan.


Ilustrasi Bluetooth


Untuk mengetahui selengkapnya mengenai kebolehan EOS seri-M kamera mirrorless, baca saja:
3 Fitur Penting pada EOS M100 yang Membantu Anda Menghasilkan Foto Serba Mengagumkan
EOS M200: Seperti Memiliki Kru Pribadi di Kamera Anda 
In Focus: EOS M50
Agile x Versatile: EOS M6 Mark II

...dan banyak lagi yang akan hadir! 

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!