LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products In Focus: RF Lenses- Part5

RF14-35mm f/4L IS USM: Komponen Terakhir RF Lens f/4 Zoom Trinity

Pada tanggal 29 Juni 2021, Canon mengumumkan tentang RF14-35mm f/4L IS USM, lensa ultra-wide-angle (sudut ultra lebar) yang baru untuk RF mount (dudukan RF). Sesuai dengan namanya, lensa ini memang layak membanggakan kesempurnaan ujung sudut lebar 14mm, tidak saja untuk menangkap bentangan lanskap nan megah, tetapi juga untuk memanfaatkan perspektif dalam menciptakan gambar yang berdampak secara unik. Dipadukan dengan ketajaman dan keunggulan kualitas gambar yang merupakan karakteristik lensa RF, inilah lensa yang bisa dimanfaatkan jika menghadapi variasi pemandangan yang lebarnya tidak terduga, dan lensa ini melengkapi RF mount f/4 zoom lens trinity yang sangat portabel.

1) Lebih lebar, lebih dekat, lebih ringan: Lensa sudut ultra lebar, mulai dari 14mm
2) Potret sudut lebar pada f/4
3) Stabilisasi gambar hingga 7 stop
4) AF cepat dan mulus dengan Nano USM; kemampuan wide-angle macro
5) Memadukan koreksi aberasi optik dan digital untuk kualitas gambar yang sudah ditingkatkan
6) Seri-L yang tangguh dan andal
7) RF mount f/4L zoom trinity: Mencakup 14mm hingga 200mm
8) Spesifikasi utama
9) Gambar contoh

 

Lebih lebar, lebih dekat, lebih ringan: Lensa sudut ultra lebar, mulai dari 14mm

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/40 det., EV -1)/ ISO 200/ WB: Daylight

RF14-35mm f/4L IS USM adalah lensa zoom sudut ultra lebar kedua dari Canon untuk RF mount, dan yang pertama adalah RF15-35mm f/2.8L IS USM.


Menjaga aperture maksimum pada f/4 memungkinkan desain lensa yang lebih kecil, lebih ringan, dan relatif lebih terjangkau sambil mempertahankan kualitas gambar tinggi yang diharapkan dari lensa seri-L. Karena alasan inilah, lensa f/4 zoom trinity untuk dudukan EF, yang terdiri atas lensa zoom sudut lebar, lensa zoom standar, dan lensa zoom telephoto, ternyata populer di kalangan fotografer profesional dan fotografer antusias tingkat lanjut yang mengutamakan portabilitas. Peluncuran RF14-35mm f/4L IS USM ikut bergabung dengan RF24-105mm f/4L IS USM dan RF70-200mm f/4L IS USM, melengkapi f/4L trinity untuk RF mount.

Ketahui mengenai sejarah lensa zoom f/4L Canon di sini

 

Ukuran dan beratnya jika dibandingkan dengan versi dudukan EF


Perpaduan RF14-35mm f/4L IS USM dan EOS R6 yaitu sekitar 14% (26mm) lebih pendek dan 12% (162g) lebih ringan dibandingkan dengan EOS 6D Mark II dan EF16-35mm f/4L IS USM, bahkan ketika menghadirkan sudut pandang yang lebih lebar hingga 2mm.

2mm ekstra pada ujung sudut lebar bisa sangat berarti, seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi ini. Dengan kemampuan untuk menyertakan lebih banyak dalam bingkai yang sama, tidak hanya berarti bahwa Anda dapat menangkap lebih banyak lanskap megah di dalam ruangan yang sempit, di mana Anda sulit untuk mundur lebih jauh ke belakang.

 

Potret wajah sudut lebar yang unik pada f/4

Sebagian besar orang akan mengaitkan lensa sudut ultra lebar dengan fotografi lanskap, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk menciptakan potret wajah yang unik. Efek perspektif yang berlebihan pada ujung lebar, membuat sejumlah elemen yang dekat ke lensa, tampak lebih besar sedangkan elemen yang lebih jauh dari lensa tampak lebih kecil, dan ini bisa dimanfaatkan untuk potret wajah dengan bidikan sudut rendah untuk membuat wajah subjek terlihat lebih kecil, atau sudut tinggi untuk membuat dagu sang subjek terlihat lebih lancip.

 

14mm

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/250 det., EV +0,3)/ ISO 200/ WB: Auto

Efek perspektif yang berlebihan pada 14mm membuat wajah sang model terlihat lebih kecil, dan hal ini, bersama dengan bokeh yang terlihat alami pada f/4 menghasilkan potret wajah yang terlihat unik.

35mm

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/640 det., EV +0,7)/ ISO 400/ WB: Auto

Memotret dengan ujung lensa sepanjang 35mm menyertakan detail latar belakang, sehingga memberikan lebih banyak informasi kontekstual. Pada saat yang sama, bokeh yang terlihat alami pada f/4 memberikan separasi yang cukup untuk menonjolkan subjeknya.

 

Stabilisasi gambar hingga 7 stop.

RF14-35mm f/4L IS USM dilengkapi dengan optical image stabilizer (Optical IS) yang dapat mencapai stabilisasi gambar setara 5.5 shutter speed stops*. Apabila dipadukan dengan kamera yang dilengkapi in-body image stabilisation (In-Body IS), seperti EOS R5 atau EOS R6, Optical IS dan In-Body IS berkoordinasi (Coordinated Control IS) untuk mencapai stabilisasi gambar yang ditingkatkan hingga setara 7 shutter speed stops*.

EOS R/RP
EOS R5/R6
IS Optik
Optical IS
In-Body IS
Hingga 5,5 stop
Hingga 7 stop

*Menurut standar CIPA (arah yaw dan pitch). Pada panjang fokus 35mm


EOS R5 @ 4 sec (IS OFF)


EOS R5 @ 4 sec (IS ON)

 

Fotografi bentangan malam dan rana lambat dengan menggenggam kamera—tidak perlu tripod!

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/10, 1,3 det., EV-0,3)/ ISO 100/ WB: Daylight


Aturan umum yang terkenal yaitu, untuk memastikan gambar yang tajam, shutter speed (kecepatan rana) harus ditetapkan tidak lebih lambat dari 1/x, di mana x adalah panjang fokus yang digunakan. Berdasarkan aturan ini, seorang fotografer bisa menetapkan hingga selambat 1/14 detik apabila membidik pada 14mm dan tetap menghindari goyangan kamera, yang menyebabkan sekian banyak fotografer berpendapat bahwa stabilisasi gambar tidak diperlukan pada lensa sudut ultra lebar.

Tetapi, dapatkah Anda membayangkan kemungkinan yang akan dihasilkan oleh kemampuan stabilisasi gambar yang hebat untuk pemotretan sudut ultra lebar? Gambar yang lebih jernih, kecepatan ISO rendah dalam kondisi cahaya redup adalah salah satu manfaatnya; dan manfaat lainnya adalah membidik gambar dengan menggenggam kamera pada rana lambat.

Ambil gambar sungai yang mengalir di atas sebagai contoh. 5,5 stop stabilisasi gambar berarti bahwa, daripada menghabiskan waktu dan tenaga untuk menyiapkan tripod, sekarang Anda bisa memanfaatkan mobilitas yang dilengkapi dengan pemotretan genggam untuk bereksperimen dengan sudut dan komposisi yang berbeda-beda. Anda tetap dapat memperoleh gambar pada rana lambat, tetapi dengan perluasan yang sangat besar dalam berbagai kemungkinan untuk ekspresi kreatif.

 

AF cepat dan lancar dengan Nano USM; berkemampuan makro sudut lebar

Diameter besar dan fokus belakang pendek dari dudukan RF memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam mendesain bagian belakang lensa. Berkat hal itu, RF14-35mm f/4L IS USM dapat menggunakan sistem fokus belakang, di mana elemen lensa dipindahkan ke fokus. Hal ini tidak saja memungkinkan jarak fokus terdekat yang lebih pendek, tetapi juga meminimalkan focus breathing apabila merekam video.

AF pada RF14-35mm f/4L IS USM didorong oleh Nano USM, yang tidak saja mampu memperoleh AF secara sangat cepat ketika melakukan pengambilan gambar still (gambar diam), tetapi juga lancar melacak subjek apabila merekam video. Nano USM membuat seluruh kelompok lensa fokus lebih ringan, sehingga merealisasikan sistem AF yang sangat cepat dan responsif dengan kontrol presisi yang istimewa. Hal ini membuat RF14-35mm f/4L IS USM sebagai pilihan yang layak untuk pengambilan gambar still (gambar diam) dan perekaman video.


EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/200 det., EV -1)/ ISO 100/ WB: Daylight

Penerapan sistem fokus belakang, merealisasikan jarak fokus terdekat, hanya 20cm pada seluruh kisaran zoom. Pembesaran maksimum 0,38x, dicapai pada ujung 35mm, memberikan makro sudut lebar, di mana subjek kecil, seperti bunga dan daun pakis, bersama-sama memenuhi bingkai dengan konteks latar belakangnya.

 

Memadukan koreksi aberasi optik dan digital untuk kualitas gambar yang lebih baik.

RF14-35mm f/4L IS USM menyertakan 2 lensa asferis, 2 lensa UD, dan 1 lensa UD asferis untuk mengoreksi aberasi lensa. Pada saat yang sama, kemampuan komunikasi berkecepatan tinggi dari RF mount juga dimanfaatkan, sehingga memungkinkan koreksi aberasi digital waktu nyata untuk dilaksanakan pada sisi kamera. Semua ini secara efektif mengompensasi, bukan hanya aberasi, tetapi juga distorsi yang terjadi pada ujung sudut ultra lebar 14mm, sehingga menghasilkan gambar yang jernih dan berkualitas tinggi.

Selama pemotretan/perekaman sudut ultra lebar, sumber cahaya yang benderang seperti matahari, lebih cenderung berakhir di bingkai yang meningkatkan kemungkinan ghosting (bentuk bayangan yang teramati secara jelas) dan flaring (efek seperti kabut atau asap). Untuk menghilangkan ini, RF14-35mm f/4L IS USM dilengkapi dengan Subwavelength Structure Coating (SWC) dan Air Sphere Coating (ASC) (Versi Inggris), dua coating khusus yang memiliki kemampuan anti pantulan yang lebih tinggi daripada coating lensa biasa, sehingga dapat secara efektif mengurangi ghosting dan flaring.

 

A: Elemen lensa asferis
B: Elemen lensa UD
C: Lensa UD asferis
D: SWC
E: ASC

Catatan:
- Untuk menggunakan lensa ini dengan EOS R atau EOS RP, diperlukan versi firmware yang kompatibel.
- Karena spesifikasi lensa ini, pemotretan multi pencahayaan tidak didukung pada EOS R5 / R6 / R / Ra / RP.
- Untuk menampilkan gambar yang ditunjukkan pada lensa ini, diperlukan versi yang kompatibel dari perangkat lunak pasca-pemrosesan.

 

Ketangguhan dan keandalan seri-L

Sebagai lensa seri-L, RF14-35mm f/4L IS USM dibuat untuk menjadi lensa yang tangguh dan andal, serta ditujukan untuk kebutuhan pengguna profesional. Komponen yang bergerak, seperti ring (cincin) dan switch (saklar) disegel terhadap cuaca, dan lensa mengadopsi desain kedap debu dan tetesan cairan lensa L yang khas. Coating fluorin yang tahan goresan pada elemen terdepan, mencegah debu dan kotoran melekat dan mudah diseka dengan kain pembersih.

 

Konstruksi kedap debu dan tetesan cairan

Coating fluorin

 

RF mount f/4L zoom trinity: Mencakup 14mm hingga 200mm

Sebagai f/4 zoom trinity RF mount, RF14-35mm f/4L IS USM, RF24-105mm f/4L IS USM, dan RF70-200mm f/4L IS USM bersama-sama mencakup rentang panjang fokus yang dimulai dari sudut ultra lebar 14mm hingga telephoto 200mm—hingga 320mm jika Anda menghitung jangkauan ekstranya dengan mode crop 1,6x (APS-C) pada kamera sistem EOS R. Karena semua ini adalah lensa aperture tetap, aperture maksimum tetap pada f/4 berapa pun panjang fokusnya. Aperture maksimum juga mengurangi diameter aperture yang cukup untuk memfungsikan bodi lensa yang lebih kecil dan lebih ringan tanpa mengorbankan kualitas gambar lensa-L yang khas.


Memadukan keserbagunaan, kualitas gambar, dan portabilitas

Dari lokasi pemotretan/perekaman di luar negeri hingga lokasi pemotretan yang melibatkan pendakian yang melelahkan, ada situasi di mana portabilitas peralatan menjadi pertimbangan utama. Dalam situasi seperti itu, dengan cakupan panjang fokus lebar, aperture konstan yang relatif lebar, dan pembuatan standar profesional serta kualitas gambar pada bodi kamera yang relatif ringkas dan ringan, f/4 zoom lens trinity (tiga serangkai lensa zoom) akan memberikan keseimbangan yang sangat baik antara keserbagunaan, kualitas gambar, dan portabilitas.

Bobot RF mount f/2.8 zoom lens trinity kira-kira 2810g, sedangkan f/4 zoom lens trinity bobotnya lebih ringan sekitar 30%—kurang-lebih 1935g. Lensa f/4L juga jauh lebih kecil, yang berarti bahwa lensa ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tas kamera Anda.

Detail bonus: Ketiga lensa pada RF mount f/4 zoom lens trinity, semuanya memiliki diameter filter yang sama, 77mm sehingga Anda tidak harus membeli filter secara terpisah untuk tiap lensa. Sungguh sangat nyaman dan portabel, bukan?

 

RF14-35mm f/4L IS USM

Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 16 elemen dalam 12 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,2m
Pembesaran maksimum: 0,38x
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah lingkaran)
Diameter filter: 77mm
Ukuran: φ84,1 x 99,8mm (pada panjang fokus 22mm)
Berat: kira-kira 540g


Lens hood (Tudung lensa): EW-83P (bundled)

 

Gambar contoh


EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Manual exposure (f/8, 0,8 det.)/ ISO 100/ WB: Auto


EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Manual exposure (f/11, 30 det.)/ ISO 100/ WB: Tungsten light (Lampu pijar)


EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/80 det., EV +0,3)/ ISO 800/ WB: Auto


Pelajari lebih lanjut mengenai lensa RF di:
In Focus: RF Lenses

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!