Temukan yang Anda cari

atau cari melalui

topik

Article
Article

Article

e-Book
e-Book

e-Book

Video
Video

Video

Campaigns
Campaigns

Campaigns

Architecture
Kamera Saku

Kamera Saku

Architecture
DSLRs

DSLRs

Architecture
Videografi

Videografi

Architecture
Astrofotografi

Astrofotografi

Architecture
Tanpa Cermin

Tanpa Cermin

Architecture
Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur

Architecture
Teknologi Canon

Teknologi Canon

Architecture
Fotografi cahaya minimal

Fotografi cahaya minimal

Architecture
Wawancara fotografer

Wawancara fotografer

Architecture
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap

Architecture
Fotografi makro

Fotografi makro

Architecture
Fotografi olahraga

Fotografi olahraga

Architecture
Fotografi Wisata

Fotografi Wisata

Architecture
Fotografi bawah air

Fotografi bawah air

Architecture
Konsep & Aplikasi Fotografi

Konsep & Aplikasi Fotografi

Architecture
Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Architecture
Kamera Mirrorless Full-frame

Kamera Mirrorless Full-frame

Architecture
Lensa & Aksesori

Lensa & Aksesori

Architecture
Nature & Wildlife Photography

Nature & Wildlife Photography

Architecture
Fotografi Potret Wajah

Fotografi Potret Wajah

Architecture
Fotografi Malam

Fotografi Malam

Architecture
Fotografi Hewan Piaraan

Fotografi Hewan Piaraan

Architecture
Solusi Pencetakan

Solusi Pencetakan

Architecture
Ulasan produk

Ulasan produk

Architecture
Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan

Produk >> Semua Produk Fitur Utama Lensa RF- Part4

RF16mm f/2.8 STM: Inilah Waktu Utama untuk Sudut Ultra Lebar!

2021-09-21
0
3.07 k
Dalam artikel ini:

Pada tanggal 14 September 2021, Canon mengumumkan tentang RF16mm f/2.8 STM. Lensa prima sudut ultra lebar yang pertama untuk dudukan RF adalah yang termutakhir dalam rangkaian lensa unik yang dimungkinkan oleh fokus belakang yang pendek dari dudukan serta diameter besar, dan menambah opsi native mount (dudukan yang tidak perlu diadaptasi) yang tersedia bagi pengguna sistem EOS R. Kecil dan ringan dengan harga yang ramah dompet, lensa ini merupakan tambahan yang bagus untuk perlengkapan Anda, tidak hanya untuk memotret lanskap megah, tetapi juga untuk vlogging, perjalanan, wefi, dan pemandangan lain yang mungkin Anda jumpai saat berjalan-jalan santai.

1) Meluaskan perlengkapan lensa, akan memperluas pandangan Anda
2) Ukuran dan Berat
3) Skenario 1: Bidikan kelompok berkualitas tinggi
4) Skenario 2: Vlogging dan livestreaming
5) Skenario 3: Potret wajah sudut ultra lebar yang unik—termasuk bokeh
6) Skenario 4: Bidikan makro sudut lebar dengan jarak fokus terdekat 13cm
7) Koreksi aberasi lensa hibrida
8) Spesifikasi utama
9) Gambar contoh

 

Meluaskan perlengkapan lensa, memperluas pemandangan Anda

Semua lensa kit zoom standar dudukan RF dimulai pada 24mm, yang menawarkan cakupan yang cukup lebar untuk sebagian besar pemandangan. Tetapi, ada sejumlah situasi di mana Anda ingin menangkap area yang lebih lebar atau menghasilkan perspektif sudut lebar yang lebih kuat, dan hal itu memerlukan lensa yang bahkan lebih lebar.

Canon memiliki dua lensa zoom aperture konstan sudut ultra lebar yang dirancang bagi pengguna profesional pada dudukan RF: RF14-35mm f/4L IS USM dan RF15-35mm f/2.8L IS USM. Tetapi, jika anggaran Anda terbatas, atau kalau prioritas utama Anda adalah portabilitas, maka RF16mm f/2.8 STM merupakan pilihan yang sangat bagus.


Menambahkan dampak ke bidikan Anda: perspektif sudut ultra lebar 16mm

RF16mm f/2.8 STM adalah lensa prima ultra lebar yang menawarkan panjang fokus tetap 16mm. Pada panjang fokus pendek seperti ini, perspektif lebih dibesar-besarkan: benda di dekat lensa tampak lebih besar, sedangkan benda yang jauh, tampak lebih kecil dibandingkan dengan panjang fokus yang lebih panjang. Efek ini dapat digunakan untuk membuat gambar dengan tampilan yang unik.

EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/400 det., EV +0,3)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Keserbagunaan melalui portabilitas

Ukurannya kurang-lebih sama seperti RF50mm f/1.8 STM

Secara konvensional, lensa prima sudut ultra lebar 16mm akan menjadi lebih besar dan lebih berat daripada lensa prima 50mm di kelas yang sama. Namun demikian, ukuran dan berat RF16mm f/2.8 STM kurang-lebih sama seperti RF50mm f/1.8 STM. 

Ukuran bodi yang lebih kecil dan lebih ringan, dimungkinkan, karena jarak fokus belakang yang pendek dan diameter yang besar dari dudukan RF.

Dudukan lensa terbuat dari logam, yang tidak saja awet, tetapi juga membuat lensa terlihat keren dan canggih.



Memasang RF16mm f/2.8 STM ke EOS R6 membentuk kombinasi ringan yang beratnya hanya 845g termasuk baterai dan kartu memori: Anda hampir tidak akan merasakan beban saat berjalan-jalan membawa lensa tersebut. Selain menggunakannya untuk lanskap megah, mengapa tidak mencoba perspektif ultra lebarnya di pemandangan lain? Fotografi perjalanan dan jalanan adalah genre lain di mana lensa sudut ultra lebar dengan mudah menunjukkan kebolehannya yang berharga, tetapi jika Anda mencobanya pada subjek yang kurang konvensional seperti potret wajah, bunga, atau hewan peliharaan, Anda juga akan memperoleh hasil yang mempesona.

 

Bidikan kelompok berkualitas tinggi

Perlu foto tim Anda yang bagus? Terlepas dari apakah Anda memotret wefie dengan lengan terentang atau grup besar di lokasi kecil dan sempit, lensa sudut ultra lebar seperti RF16mm f/2.8 STM membuat semua orang masuk ke dalam gambar dengan sedikit upaya.

EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/200 det.)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Tidak ada yang lebih mengesankan dalam memperingati acara kumpul-kumpul yang menyenangkan selain ber-wefie secara spontan, dan di situlah gunanya lensa sudut ultra lebar seperti RF16mm f/2.8 STM. Lensa tersebut dapat menyertakan semua orang masuk di dalam bingkai, bahkan jika kamera hanya berjarak sepanjang lengan.

Menggunakan gimbal atau tongkat selfie juga mudah, berkat kombinasi ringkas dan ringan RF16mm f/2.8 STM dengan kamera seri EOS R. Sekarang, Anda dapat memiliki gambar atau video berkualitas tinggi tanpa meninggalkan siapa pun dari gambar tersebut.

 

Lensa luar biasa untuk vlogging dan livestreaming

Menggunakan kamera Anda untuk vlog atau livestreaming? Anda mungkin perlu memfilmkan, bukan diri Anda saja, tetapi juga konteks sekitar Anda serta benda apa pun yang Anda coba tunjukkan—dan itulah yang memang dapat dilakukan oleh RF16mm f/2.8 STM.

Lensa ini memiliki:
- Jarak fokus terdekat, sehingga dapat fokus pada berbagai benda, bahkan bilamana benda tersebut dekat kamera
- Sudut ultra lebar yang menangkap bidang pandangan yang luas

Kedua fitur ini bekerja sama dengan sempurna saat Anda memotret di ruangan yang kecil. Kelebihan lainnya: Anda dapat menjaga kamera Anda cukup dekat sehingga menyesuaikan pengaturan atau menekan tombol Record/Stop (Rekam/Berhenti) yang berjarak dekat—nyaman untuk pengoperasian satu orang.

 

Pada panjang fokus 24mm, hanya orang tersebut yang berada dalam bingkai.

Memotret dari posisi yang sama, panjang fokus 16mm menangkap semua yang diperlukan untuk memperagakan produk atau e-commerce livestream, dari produk di atas meja, hingga orang yang memperagakannya, sampai ke dekorasi latar belakang.

 

Potret wajah sudut ultra lebar yang unik—termasuk bokeh

EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/2,8, 1/40 det., EV +0,3)/ ISO 200/ WB: Auto

Depth of field dengan sendirinya lebih besar pada panjang fokus yang lebih pendek, yang biasanya lebih menyulitkan untuk menciptakan bokeh latar belakang. Namun demikian, RF16mm f/2.8 STM adalah lensa sudut ultra lebar yang cepat dan unik, dengan aperture maksimum besar f/2.8. Ini tidak hanya memungkinkannya untuk menciptakan bokeh latar belakang yang tampak alami dan menonjolkan subjeknya, tetapi juga memungkinkan kecepatan rana yang lebih cepat—sangat bagus untuk situasi cahaya redup dan mencegah goyangan kamera selama pemotretan genggam. Stabilisasi gambar dimungkinkan dengan kamera yang mendukung In-Body Image Stabilisation (In-Body IS).

 

Efek makro sudut lebar dengan jarak fokus terdekat 13cm

RF16mm f/2.8 STM menggunakan sistem fokus depan serta desain yang menempatkan diafragma aperture lebih dekat ke depan. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan elemen lensa depan yang lebih kecil dibandingkan dengan lensa sudut ultra lebar konvensional, sehingga mencapai jarak fokus terdekat 13cm, menangkap subjek pada pembesaran maksimum 0,26x.

Apabila dikombinasikan dengan sudut pandang ultra lebar, hasilnya adalah efek makro sudut lebar, di mana benda mungil seperti tanaman dan makhluk kecil, ditampilkan secara close-up dengan area luas dari konteks di sekitarnya.

EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/2,8, 1/2500 det., EV +1)/ ISO 200/ WB: Auto

Semakin dekat ke subjek, semakin dangkal depth-of-field-nya. Dalam hal ini, jarak fokus terdekat yang lebih pendek, juga mempermudah untuk menciptakan bokeh yang kuat di depan dan di belakang titik fokus apabila memotret secara close-up.

 

Koreksi aberasi lensa hibrida

A: Elemen lensa asferis

Diameter dudukan yang besar dan jarak fokus belakang yang pendek dari dudukan RF, memungkinkan untuk menempatkan elemen lensa besar dekat ke sensor gambar. Ini tidak hanya meningkatkan kualitas gambar di bagian tepinya, tetapi juga memungkinkan RF16mm f/2.8 STM memiliki ukuran yang ringkas.

Berbagai bentuk aberasi lensa dikoreksi menggunakan satu elemen lensa asferis, yang juga bekerja bersama dengan fungsi Lens Aberration Correction (Koreksi Aberasi Lensa) untuk mengoreksi distorsi yang terjadi lebih sering pada lensa sudut lebar.

 

EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/5,6, 1/1000 det., EV -0,3)/ ISO 100/ WB: 4800K

 

Close-up area yang diindikasikan di atas

Lensa sudut ultra lebar rentan terhadap distorsi dan astigmatisme yang disebabkan oleh aberasi, yang tidak dapat sepenuhnya dikoreksi hanya melalui desain optik. Kemampuan pemrosesan gambar yang dahsyat dari kamera sistem EOS R, memungkinkan koreksi aberasi lensa digital tingkat tinggi untuk melengkapi upaya koreksi optik. Dengan bekerja sama, keduanya memastikan bahwa lensa RF yang lebih “sesuai anggaran”, seperti RF16mm f/2.8 STM dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Catatan:
- Apabila menggunakan EOS R/ Ra/RP, firmware kamera perlu diperbarui ke versi termutakhir.
- Fungsi Multi pencahayaan tidak didukung pada lensa ini.
- Untuk menampilkan file RAW yang dibidik pada lensa ini, pastikan perangkat lunak pasca-pemrosesan/penampilan gambar Anda diperbarui ke versi yang mendukung lensa ini.

 

RF16mm f/2.8 STM

Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 9 elemen dalam 7 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,13m
Pembesaran maksimum: 0,26x
Jumlah bilah aperture: 7 (circular blades)
Diameter filter: 43mm
Ukuran: φ69,2 x 40,2mm (ditarik ke dalam)
Berat: kira-kira 165g


Lens Hood EW-65C (dijual secara terpisah)

 

Gambar contoh

EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/400 det.)/ ISO 200/ WB: Mendung


EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/60 det., EV +0,7)/ ISO 400/ WB: Auto


EOS R6/ RF16mm f/2.8 STM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/9, 1/500 det.)/ ISO 400/ WB: 4900K

 

Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda capai pada 16mm dalam artikel:
Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar: Jejak Cahaya dari Perspektif Baru
Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 2: Teknik Komposisi untuk Lensa Sudut Lebar
Teknik Astrofotografi dengan EOS R

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Berbagi foto Anda di My Canon Story & berpeluang ditampilkan pada platform media sosial kami