Close
Produk >> All Products

9 Alasan untuk Beralih ke EOS R5 dari EOS 5D Mark IV

Tidak saja kamera ini dilengkapi dengan slot kartu ganda, tetapi juga performa AF dan kehebatan penggambarannya sudah jauh lebih bagus. EOS R5 memang kamera serba-bisa yang menggabungkan keandalan kamera EOS 5D series yang sangat disukai dengan teknologi kamera mirrorless yang canggih. Seluruh bodinya dari logam dengan penyekatan cuaca yang setara dengan kamera EOS 5D Mark IV, memberikan jaminan ketangguhan yang lebih baik sehingga sangat menggoda untuk meningkatkan kamera yang sekarang ke kamera ini. (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara, Digital Camera Magazine)

 

1. Resolusi yang lebih baik

Lebih dari sekadar megapiksel

Dengan EOS R5, Anda tidak hanya mendapatkan megapiksel yang lebih besar daripada EOS 5D Mark IV, tetapi Anda juga bisa menikmati manfaat lensa RF, yang dirancang untuk memberikan performa optik yang lebih bagus. Kombinasi lensa RF, mesin pemrosesan gambar DIGIC X yang baru, dan sensor gambar EOS R5 memiliki imaging power terunggul hingga saat ini pada kamera EOS. Real-time lens aberration correction (Koreksi aberasi lensa) melalui Digital Lens Optimizer, juga jauh lebih cepat daripada sebelumnya.


Deretan semua bangunan ini memiliki garis-garis terkonsentrasi secara rapat—sempurna untuk pengujian resolusi. Saya menangkapnya pada f/8 dari jarak yang agak jauh di belakang, dan membandingkan detailnya pada foto gambarnya. Digital Lens Optimizer diaktifkan.

Perlengkapan yang digunakan:
EOS 5D Mark IV + EF24-70mm f/2.8L II USM
EOS R5 + RF24-70mm f/2.8L IS USM


A: Pusat

EOS 5D Mark IV

EOS R5


B: Sudut

EOS 5D Mark IV

EOS R5

 

2. EVF high-definition yang nyaman

Informasi lebih lengkap, visualisasi lebih baik

EOS R5 memiliki high definition 5,76 juta titik electronic viewfinder (EVF) dengan 0,76x perbesaran, yang berarti bahwa gambar viewfinder 0,76 kali lebih besar dari gambar aktual yang dilihat secara kasat mata. Ini agak lebih besar daripada 0.71x perbesaran yang ditawarkan oleh optical viewfinder (OVF) pada EOS 5D Mark IV. Dengan display frame rate (tampilan laju bingkai) hingga 120 fps, EVF pada EOS R5 memberikan penampilan semulus OVF.

Tampilan EVF tetap cukup terang meskipun dalam kondisi cahaya redup, dan tidak menjadi lebih gelap apabila Anda menekan tombol pratinjau depth of field. Anda juga dapat meninjau gambar yang diambil, meskipun kondisi di luar ruangan terang benderang. Dukungan untuk peralatan seperti Focus Guide dan MF peaking membuat pemfokusan manual semakin mudah daripada sebelumnya.

A: Level elektronik
B: Histogram
C: Ikon Dial

Anda dapat menampilkan informasi lebih banyak pada EVF daripada OVF, seperti histogram, level elektronik, dan detail pemotretan lainnya. Ikon dial memberikan panduan visual yang membuat pengontrolan kamera menjadi lebih intuitif.

 

3. Cakupan AF lebih lebar

Face/eye detection (pendeteksian wajah/mata) dan pelacakan subjek pada seluruh area gambar

EOS R5 dilengkapi dengan Dual Pixel CMOS AF II, yang dapat melakukan pendeteksian wajah dan pelacakan subjek secara keseluruhan, kira-kira 100% x 100% dari area gambar dalam Face Detection + Subject Tracking Priority (fully automatic AF) mode. Jika Anda lebih menyukai memilih titik AF secara manual, Anda dapat melakukannya pada area yang relatif luas, mencakup sekitar 100% (vertikal) x 90% (horizontal) dari area gambar, sehingga Anda dapat membingkai gambar secara lebih leluasa.

EOS R5 juga mampu mengenali subjek dengan lebih baik berkat EOS iTR AF X, yang dilandaskan pada teknologi pembelajaran yang mendalam. Hal ini membuatnya mampu mendeteksi mata, wajah, dan tubuh hewan seperti anjing, kucing, dan burung selain mata, wajah, dan kepala manusia (lihat poin 8). Anda juga akan memiliki kemampuan ini pada area cakupan yang lebih luas!


Perbandingan area cakupan AF

A: EOS R5 (pemilihan area AF Otomatis)
B: EOS R5 (pemilihan area AF manual)
C: EOS 5D Mark IV (pemotretan Live View)
D: EOS 5D Mark IV (pemotretan Viewfinder)

Seperti yang ditunjukkan pada diagram di atas, perbedaan dalam cakupan AF antara EOS R5 dan EOS 5D Mark IV cukup signifikan, khususnya sewaktu pemotretan viewfinder.

 

4. Mendukung kartu memori yang lebih cepat

Pemotretan beruntun yang mulus, transfer file yang lebih cepat

*Ilustrasi tidak digambarkan sesuai skala

Kedua jenis kartu memori yang digunakan pada EOS R5 (CFexpress Type B dan UHS-II SD) mendukung kecepatan menulis yang lebih cepat secara signifikan daripada kartu CF (UDMA7) yang didukung oleh EOS 5D Mark IV. Malahan, kecepatan menulis pada kartu Cfexpress merupakan tingkat yang sama sekali baru—Anda tidak perlu lagi menunggu sampai buffer clear. Kecepatan membaca juga jauh lebih cepat, yang berarti bahwa kelak Anda bisa melakukan transfer file yang lebih cepat dari kartu memori ke komputer.

 

5. Monitor belakang Vari-angle dengan artikulasi sepenuhnya

Sudut yang berbeda-beda untuk melepaskan daya kreativitas Anda

Pada kamera mirrorless, besar kemungkinan Anda lebih sering membidik dengan layar LCD belakang, dan monitor Vari-angle dengan artikulasi sepenuhnya, sempurna untuk pemotretan Anda. Pada EOS R5, Anda dapat secara leluasa dan nyaman menelusuri berbagai posisi dan sudut kamera yang berbeda-beda, khususnya apabila dipadukan dengan Touch Shutter (Rana Sentuh). Hal ini didukung lebih lanjut oleh In-Body Image Stabilizer (In-Body IS), yang mampu melakukan stabilisasi gambar hingga delapan stop untuk lebih memudahkan pemotretan genggam (lihat poin 6).

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana berbagai fitur seperti monitor Vari-angle pada EOS R5 merombak gaya pemotretan suatu fotografi, dalam artikel berikut ini:
Mengapa EOS R5 menjadi Kamera Ideal Saya untuk Fotografi Lanskap

 

6. In-Body IS

Meningkatkan berbagai kemungkinan pemotretan genggam

EOS R5, bersama dengan EOS R6, adalah kamera EOS pertama yang dilengkapi dengan In-Body Image Stabilizer (In-Body IS) lima sumbu. Apabila lensa yang sesuai dilengkapi dengan Optical IS (lens-based IS) yang terpasang, kedua sistem stabilisasi gambar bekerja secara tandem untuk melakukan Coordinated Control IS, yang dapat mencapai stabilisasi gambar sebanyak delapan stop kecepatan rana.

Pelajari lebih lanjut mengenai 3 Jenis Pemandangan yang Memanfaatkan In-Body IS Sepenuhnya

 

7. Ada 8 pilihan metode AF

Penyesuaian lebih jauh untuk pola pergerakan subjek Anda


EOS R5 memiliki lebih banyak opsi metode AF Zona daripada EOS 5D Mark IV, memberikan fleksibilitas yang jauh lebih leluasa untuk memilih metode AF yang paling sesuai untuk subjek Anda. Akurasi AF dan dukungan untuk Servo AF, juga mengungguli yang dimiliki EOS 5D Mark IV.

 

8. Perbaikan yang dramatis pada Face Detection + Subject Tracking AF

Algoritme AF berdasarkan pembelajaran baru yang mendalam, yang mewujudkan berbagai kemungkinan baru

Sementara EOS 5D Mark IV mampu melakukan pendeteksian wajah manusia, EOS R5 mampu mendeteksi, bukan hanya mata, kepala dan wajah manusia, tetapi juga dapat mendeteksi tubuh hewan seperti kucing, anjing dan burung. Peningkatan ini sebagian berkat penggabungan EOS iTR AF X, algoritme AF baru berdasarkan pembelajaran yang mendalam, sehingga menghasilkan suatu lompatan kemampuan kamera dalam mendeteksi manusia dan hewan.


EOS R5 + RF100-500mm f/4-7.1 IS USM @ FL: 451mm, f/7.1, 1/3200 det., ISO 1600

Peningkatan signifikan pada performa dan cakupan AF mempermudah pemotretan subjek yang bergerak cepat seperti burung terbang.

Baca juga:
3 Jenis Potret Anjing Dibidik dengan menggunakan Animal Detection AF
Burung Terbang: Pengaturan Kamera untuk Meningkatkan Bidikan Anda yang Berhasil

 

9. AF dapat dilakukan, bahkan pada aperture maksimum f/22

Kompatibilitas lebih luas dengan extender

Sensor AF kamera EOS 5D Mark IV mendukung pemfokusan hingga aperture maksimum f/8, yang memang pas untuk menggunakan lensa prima super telephoto Canon yang cepat dengan extender. Pada EOS R5, AF didukung pada lensa hingga aperture maksimum f/22. Ini berarti kompatibilitas dengan rentang yang lebih besar pada pairing lensa-extender, seperti RF800mm f/11 IS STM yang harganya terjangkau, dipasangkan dengan Extender RF 2x.


Apakah sedang mempertimbangkan EOS R6 juga? Artikel berikut ini mungkin bisa membantu untuk lebih mudah memutuskan:
EOS R5 vs EOS R6: 5 Perbedaan Penting yang Perlu Dicatat

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Kazuo Nakahara

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/