Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products In Focus: RF Lenses- Part 4

RF85mm f/2 Macro IS STM: Kapabilitas IS dan Macro agar Lebih Serbaguna

Pada 9 Juli 2020, Canon memperkenalkan RF85mm f/2 Macro IS STM, lensa prima medium telephoto yang baru. Dilengkapi dengan aperture lebar maksimum dan panjang fokus 85mm, populer untuk fotografi potret wajah, lensa ini juga dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (Optical IS) built-in dan kapabilitas pemotretan close-up semi-makro, meningkatkan variasi pemandangan yang dapat digunakannya. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

 

5 fakta memikat mengenai RF85mm f/2 Macro IS STM:

1. 85mm, f/2—hebat untuk fotografi pemotretan wajah
2. Makro 0,5x berarti Anda dapat menggunakannya dalam lebih banyak pemandangan!
3. Stabilisasi gambar yang setara dengan kecepatan rana hingga 8 stop
4. Kualitas gambar istimewa sesuai aslinya pada dudukan RF
5. Ringkas dengan harga yang ramah dompet

 

1. 85mm, f/2—hebat untuk fotografi pemotretan wajah

Salah satu kekuatan sistem EOS R yaitu sensor gambar full-frame yang dimilikinya, memudahkan untuk menghasilkan depth of field dangkal dan indah, bokeh latar belakang nan membuai yang menonjolkan sang subjek. Genre yang paling banyak memanfaatkan efek ini adalah fotografi potret wajah.

Bokeh latar belakang menjadi semakin menonjol pada pengaturan fokus yang lebih panjang dan aperture lebih lebar. Namun demikian, semakin panjang fokusnya, semakin jelas efek kompresi perspektif; semakin pendek fokusnya, semakin berlebihan perspektifnya. Semua efek ini tentu saja dapat dimanfaatkan untuk dampak kreatif, tetapi, di sekian banyak situasi, khususnya dalam fotografi potret wajah dan produk, Anda pasti ingin agar bentuk subjek ditangkap sesuai aslinya sejauh mungkin.

Panjang fokus medium telephoto seperti 85mm memang jitu: tidak mendistorsi bentuk, dan efek kompresinya nyaris tidak kentara. Tambahkan itu ke aperture maksimum f/2 pada RF85mm f/2 Macro IS STM, yang cukup lebar untuk menciptakan bokeh indah yang memisahkan subjek dari latar belakang, dan Anda mendapatkan lensa potret istimewa yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Potret wajah seorang gadis dari bagian dada ke atas

EOS R6/ RF85mm f/2 Macro IS STM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE(f/2.0, 1/60 det., EV +0,3)/ ISO 100/ WB: Auto

 

Mengapa 85mm merupakan pilihan populer untuk potret wajah: bukan semata-mata karena penggambarannya yang bebas distorsi!

Dalam fotografi, jarak Anda dari sang subjek, juga berpengaruh, terlebih lagi apabila subjek Anda adalah sosok manusia. Berdiri terlalu dekat ke subjek apabila mengambil bidikan kepala dan bidikan dada ke atas, bisa terkesan canggung bagi Anda dan sang subjek. Pada panjang fokus 85mm, Anda dapat menghasilkan pembingkaian yang sempurna untuk bidikan tersebut dari jarak yang lumayan jauh. Kalau subjek Anda merasa nyaman, akan jauh lebih mudah untuk menangkap ekspresi wajahnya yang wajar!

Potret wajah seorang gadis yang merebahkan kepalanya pada meja

EOS R6/ RF85mm f/2 Macro IS STM/ FL: 85mm/ Manual exposure (f/2.0, 1/125 det.)/ ISO 100/ WB: Auto

 

Tahukah Anda: Para fotografer potret wajah profesional menggunakan f/2 lebih sering daripada yang Anda duga

Mungkin Anda mengira bahwa untuk mendapatkan bokeh yang indah nan membuai, diperlukan pengaturan aperture selebar f/1.2 atau f/1.4. Memang baik untuk memiliki sejumlah opsi tersebut, tetapi pada kenyataannya, depth of field yang sangat dangkal pada aperture ini berarti, bahwa berbagai benda yang berada di depan atau di belakang titik fokus, akan menjadi tidak terfokuskan. Untuk menghindari gambar terlihat terlalu lembut, para fotografer profesional sering agak menyempitkan pengaturan aperture untuk membidik pada, atau mendekati f/2, bahkan jika mereka menggunakan lensa f/1.2. Dengan kata lain, f/2 lebih dari cukup untuk sebagian besar situasi.

 

2. Makro 0,5x berarti Anda dapat menggunakannya pada lebih banyak pemandangan!

RF85mm f/2 Macro IS STM bukan hanya bagus untuk fotografi potret wajah saja! Ini adalah lensa 85mm pertama dari Canon yang memiliki kapabilitas pemotretan makro. Dengan kapabilitas perbesaran maksimum 0,5x dan jarak fokus terdekat 0,35m yang dimilikinya, Anda dapat membidik subjek pada jarak sedekat 21cm dari ujung lensa Anda. Itu berarti lebih banyak opsi kreatif apabila Anda memotret bunga, makanan, produk dan benda kecil. Pasangkan dengan efek bokeh pada aperture maksimum f/2 dan lihat hasilnya!

Close-up bunga merah dan kuning di jambangan kaca

EOS R6/ RF85mm f/2 Macro IS STM/ FL: 85mm/ Manual exposure (f/2.0, 1/8 det.)/ ISO 100/ WB: 4300K

 

Fakta menyenangkan: Pemotretan makro bagus untuk foto bayi dan juga untuk kecantikan

Bayi baru lahir tubuhnya sangat mungil. Untuk mendapatkan foto close-up wajah, tangan dan kakinya yang mungil supaya memenuhi bingkai, Anda memerlukan lensa makro. Ini juga berlaku untuk pemotretan close-up fitur wajah pada orang dewasa, seperti fotografi kecantikan atau tata-rias. Dalam hal ini, kapabilitas pemotretan makro RF85mm f/2 Macro IS STM telah meningkatkan kisaran skenario potret wajah yang dapat ditangkapnya—Anda dapat menggunakannya untuk memotret semua subjek manusia, dari bayi hingga dewasa.

 

3. Stabilisasi gambar pada kecepatan rana hingga 8 stop

RF85mm f/2 Macro IS STM dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (Optical IS) built-in yang dapat mengoreksi goyangan kamera hingga setara dengan 5 stop kecepatan rana. (Lihat mengenai artinya dalam artikel: Lensa FAQ #3: Bagaimana Stop Image Stabilization Ditentukan?) Ini adalah lensa prima 85mm pertama dari Canon yang dilengkapi IS.

Secara umum, bisa dikatakan bahwa Anda memerlukan kecepatan rana yang tidak lebih lambat dari 1/(panjang fokus) detik untuk mencegah goyangan kamera. Untuk lensa 85mm, itu berarti minimal 1/85 detik. Tetapi, dengan Optical IS, RF85mm f/2 Macro IS STM mampu menangkap gambar yang tajam, meskipun dibidik secara lambat sekitar 0,5 detik. Ini juga berarti bahwa Anda dapat mengambil bidikan genggam pada pemandangan dalam kondisi rendah cahaya tanpa meningkatkan kecepatan ISO, baik saat Anda melakukan pemotretan still life, makro, atau potret wajah.

 

Hybrid IS mengoreksi goyangan kamera berbasis geser yang mengganggu fotografi close-up

Sewaktu fotografi close-up dan makro, goyangan kamera berbasis geser yang terjadi apabila kamera bergerak paralel dengan subjeknya, bisa terlihat sangat jelas. Pada RF85mm f/2 Macro IS STM, hal ini dikoreksi oleh teknologi Hybrid IS yang setara dengan kecepatan rana 3 stop sehingga Anda dapat menghasilkan gambar yang tajam, meskipun memotret secara close-up pada perbesaran maksimum 0,5x.

 

Dipadukan dengan EOS R5/EOS R6 untuk IS setara 8 stop

EOS R5 dan EOS R6 dilengkapi dengan sistem In-Body IS sensor-shift, yang berkoordinasi dengan Optical IS pada RF85mm f/2 Macro IS STM untuk merealisasikan efek stabilisasi gambar yang dahsyat hingga setara dengan kecepatan rana 8 stop!

 

4. Kualitas gambar istimewa sesuai aslinya pada dudukan RF

Desain RF85mm f/2 Macro IS STM memanfaatkan diameter dudukan RF besar dan jarak fokus flensa pendek untuk menempatkan lensa diameter besar di bagian belakang. Hal ini tidak saja memastikan kualitas gambar yang tinggi secara menyeluruh, tetapi juga memungkinkan untuk bodi lensa yang lebih kecil. Lensa ini juga menggunakan satu elemen lensa UD (Versi Inggris), yang secara efektif mengoreksi aberasi kromatik. Dari lanskap dalam yang terfokus hingga dunia makro close-up yang tidak terbatas, Anda bisa yakin bahwa Anda menghasilkan kualitas gambar yang tinggi secara konsisten.

Konstruksi lensa
Potret wajah seorang gadis dari bagian dada ke atas

A: Elemen lensa UD

 

5. Ringkas dengan harga yang ramah dompet

Segala upaya dan siasat desain cerdas dicurahkan untuk membuat RF85mm f/2 Macro IS STM lebih kecil dan lebih ringan daripada lensa 85mm lainnya dari Canon. Semua ini termasuk menjaga aperture maksimum pada f/2 (yang memungkinkan penggunaan elemen lensa yang lebih kecil), menggunakan unit STM untuk drive AF, dan tentu saja memanfaatkan kegunaan dudukan RF. Ini menghasilkan bodi lensa yang amat sangat ramping, hanya seberat kurang-lebih 500g: sama dengan berat sebotol air mineral 500ml dan 60% lebih ringan daripada RF85mm f/1.2L USM.

Apabila dipasangkan ke EOS R6, total bobotnya sekitar 1.180g (termasuk baterai dan kartu memori). Ini hanya sedikit di atas berat dua botol air dan nyaris tidak memengaruhi daya geraknya.


Ukuran serta berat RF85mm f/1.2L USM dan RF85mm f/2 Macro IS STM jika dibandingkan

Harga lensa ini juga wajar.


Dengan kemampuannya untuk membidik secara makro 0,5x selain potret wajah nan indah, RF85mm f/2 Macro IS STM juga bisa menjadi opsi yang memungkinkan dalam beragam luas pemandangan—bukan hanya untuk potret wajah, tetapi juga untuk memotret berbagai benda kecil, seperti bunga atau cincin kawin, atau bahkan memotret secara close-up berbagai detail seperti urat daun kering! Jika Anda ingin meningkatkan rangkaian ekspresi fotografis Anda, sebaiknya pertimbangkan untuk menambahkan ini ke perangkat perlengkapan Anda.


Baca sebagian saran pemotretan lensa makro, dalam artikel berikut ini:
Teknik Komposisi Profesional (4): Menggunakan Lensa Khusus

 

 

 

RF85mm f/2 Macro IS STM

RF85mm f/2 Macro IS STM

Spesifikasi penting
Konstruksi Lensa: 12 elemen dalam 11 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,35m
Perbesaran maksimum: 0,50x
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah lingkaran)
Diameter filter: 67mm
Ukuran: φ78 x 90,5mm
Berat: kira-kira 500g


Lens Hood ET-77 (dijual secara terpisah)

Lens Hood ET-77

 

Gambar contoh

Potret wajah wanita vertikal 3/4 tubuh

EOS R6/ RF85mm f/2 Macro IS STM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE(f/2.0, 1/60 det., EV +0,3)/ ISO 200/ WB: Auto


Kucing di atas kursi

EOS R6/ RF85mm f/2 Macro IS STM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE(f/2.0, 1/250 det., EV +1)/ ISO 400/ WB: Auto


Close-up pada urat daun

EOS R5/ RF85mm f/2 Macro IS STM/ FL: 85mm/ Manual exposure (f/2.0, 1/40 det.)/ ISO 800/ WB: Daylight

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!