LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products In Focus: Ulasan lensa RF- Part4

Ulasan Lensa: RF14-35mm f/4L IS USM dalam Fotografi Lanskap

Lensa f/4L zoom Canon, diciptakan untuk memberikan performa kelas profesional yang portabel. Lebih kecil, ringan, dan serbaguna, RF14-35mm f/4L IS USM zoom sudut ultra lebar, khususnya, menjadi pendamping ideal untuk memotret lanskap yang melibatkan jalur terjal dan pendakian alam. Takashi Karaki mencobanya, dan dia berbagi tentang kesannya. (Dilaporkan oleh: Takashi Karaki, Digital Camera Magazine)

1) Ukuran dan berat: Portabilitas yang Istimewa
2) Ujung lebar 14mm: sudut pandang diagonal 114° yang sangat besar
3) Jarak fokus terdekat 20cm: Lebih banyak kemungkinan kreatif
4) Kualitas gambar: Warna serba indah, bahkan pada pemandangan dengan cahaya latar
5) Stabilisasi gambar: Bidikan genggam yang stabil, bahkan dari jarak dekat pada pencahayaan 2 detik

 

Ukuran dan berat: Portabilitas yang istimewa

Sambil memegang RF14-35mm f/4L IS USM di tangan saya untuk pertama kali, saya kaget, karena lensa ini sungguh ringan. Pengenalan RF mount telah memungkinkan Canon membuat kemajuan luar biasa dalam merancang lensa yang ringkas dan ringan, dan lensa ini sungguh bermanfaat. Lensa ini mudah dimasukkan ke tas kamera ukuran kecil.


Keringkasan lensa ini tidak berubah selama pemotretan

*Sebagaimana terukur

Lensa zoom f/4L Canon diciptakan untuk portabilitas, dan ini dibantu oleh diameter besar dan jarak fokus belakang yang pendek dari dudukan RF. RF14-35mm f/4L IS USM sekitar 13mm lebih pendek dan 75g lebih ringan daripada EF16-35mm f/4L IS USM. Seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas, saat lensa diperpanjang untuk pemotretan, perubahan panjangnya minimal.

 

Rentang fokus: 2mm lebih lebar, berarti sudut pandang diagonal 114° yang sangat besar

Hal pertama yang terlihat oleh sebagian besar fotografer, adalah ujung sudut lebar 14mm dari lensa RF14-35mm f/4L IS USM, yang 2mm lebih lebar dari ekuivalen dudukan EF, EF16-35mm f/4L IS USM.

Pada lensa standar atau lensa telephoto, 2mm ekstra tidak akan membuat banyak perbedaan. Tetapi, pada lensa sudut ultra lebar, ini sangat berarti! Selain fakta bahwa ini adalah pencapaian teknis, bagi kami fotografer, ini berarti lebih banyak kemungkinan: kami dapat memasukkan lebih banyak pemandangan ke dalam bingkai, dan ini juga memberikan keuntungan besar untuk lokasi di mana Anda ingin menyertakan lebih banyak latar depan.

Membidik pada 14mm, akan menghasilkan sudut pandang diagonal 114°, yang lebih lebar sekitar 4° daripada ujung 15mm dari lensa RF15-35mm f/2.8L IS USM, dan 7° lebih lebar daripada 16mm ujung lebar lensa zoom sudut lebar EF16-35mm.

Kedua bidikan ini dibingkai untuk memastikan komposisinya sama. Apakah gambar 14mm terlihat lebih dinamis? Itu karena, sudut yang lebih lebar dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan perspektif, sehingga menciptakan kesan kedalaman yang lebih hebat.


EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Manual exposure (f/8, 0,8 det.)/ ISO 200/ WB: 4.500K

Apabila aliran air terjunnya lemah, satu-satunya cara untuk menciptakan bidikan berdampak yang membuatnya terlihat dahsyat, adalah mengambilnya dari jarak yang lebih dekat. Pada lensa yang lebih sempit, ini biasanya akan memaksa dedaunan di samping dan latar belakang keluar dari komposisi. Namun, ujung 14mm memungkinkan saya untuk memasukkannya dan menyertakan banyak warna hijau ke dalam gambar.

 

Jarak fokus terdekat 20cm: Fitur serbaguna yang dipasangkan dengan perspektif sudut lebar

Secara pribadi, menurut saya, hal yang menarik pada lensa ini adalah jarak fokus terdekat, yang hanya 20cm. Ini meningkatkan berbagai ekspresi yang mungkin dilakukan dengan satu lensa: Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk mengambil foto close-up seperti yang Anda lakukan pada lensa makro, tetapi dapat membidik lebih dekat ke subjek latar depan dengan ujung lebar 14mm membantu menciptakan efek perspektif yang lebih kuat. Itulah performa biaya yang luar biasa!


Seperti lensa makro

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ Manual exposure (f/4, 1/1000 det.)/ ISO 500/ WB: 4.500K

Memotret pada jarak fokus terdekat dengan ujung lensa sepanjang 35mm, membuat keasyikan tersendiri saat saya mengambil bidikan close-up tetesan air pada dedaunan ini. Itu hampir seperti memotret dengan lensa makro. Saya terkejut dengan ketajaman, kejernihan, dan dimensi tetesan air yang dihasilkannya.


Perspektif yang ditingkatkan

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Manual exposure (f/4, 1/13 det.)/ ISO 1600/ WB: Auto

Pohon tua unik yang saya temukan di hutan. Saya tidak hanya ingin menangkap pohon, saya juga ingin menunjukkan konteks sekitarnya, jadi saya menetapkan lensa ke ujung lebar 14mm dan bergerak lebih dekat sehingga saya berada pada jarak fokus terdekat. Pohon terlihat lebih berdampak saat dibidik dengan cara ini, dan tumbuhan hijau di sekitar melengkapinya dan membuatnya semakin menonjol.

 

Kualitas Gambar: Warna serba indah, bahkan pada pemandangan dengan cahaya latar

RF14-35mm f/4L IS USM mungkin lebih kecil dan lebih ringan daripada tandingan EF-nya, tetapi desain optiknya tidak mengurangi upaya untuk meningkatkan kualitas gambar. Konfigurasi 16 elemen 12 kelompok menyertakan 2 Lensa UD (Versi Inggris), 1 lensa UD asferis (Versi Inggris), dan 2 lensa asferis cetakan kaca, yang mengoreksi berbagai aberasi yang menyebabkan kualitas gambar memburuk. Ini memastikan bahwa gambar tampak jelas sampai ke sudut.

Sama seperti tandingan EF mount-nya, dua lapisan khusus—ASC (Air Sphere Coating) dan SWC (Subwavelength Structural Coating) (Versi Inggris) digunakan untuk mengurangi flaring serta ghosting, dan memang, saya hampir tidak mengalami hal ini ketika membidik dengan lensa ini. Malahan, lensa ini mereproduksi berbagai warna secara indah, bahkan ketika saya membidik dalam cahaya latar—kualitas yang tidak boleh diabaikan oleh para fotografer lanskap.

EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 14mm/ Manual exposure (f/4, 1/100 det.)/ ISO 1600/ WB: Auto

Saya memanfaatkan monitor LCD Vari-angle pada EOS R5 untuk memotret ini dengan kamera pada posisi rendah pada hamparan rumput di tanah, mengarah ke atas, ke langit. Pada 14mm, batang pohon membentuk garis pembuka menuju pusat gambar.

Cari tahu bagaimana lagi Anda dapat memaksimalkan monitor Vari-angle kamera Anda di sini

 

Stabilisasi gambar: Bidikan genggam yang stabil, bahkan dari jarak dekat pada pencahayaan 2 detik

RF14-35mm f/4L IS USM dilengkapi dengan Optical IS (in-lens image stabilisation) Canon yang terkenal. Apabila digabungkan dengan In-Body IS pada EOS R5 (dan EOS R6), Anda akan mendapatkan stabilisasi gambar setara 7 stop kecepatan rana ketika memotret gambar diam.

Jika Anda kalkulasi, ini berarti dapat menggunakan kecepatan rana kurang-lebih selambat 2 detik saat membidik pada sudut ultra lebar. Ini menghilangkan kebutuhan akan tripod saat membidik dalam kondisi rendah cahaya seperti tempat gelap dan pengaturan waktu seperti senja, meningkatkan kemungkinan bidikan genggam.

Baca juga:
3 Jenis Pemandangan yang Memanfaatkan In-Body IS Sepenuhnya
Mengapa EOS R5 menjadi Kamera Ideal Saya untuk Fotografi Lanskap


EOS R5/ RF14-35mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ Manual exposure (f/7.1, 2 det.)/ ISO 400/ WB: Auto

Dibidik pada ujung 35mm dengan pencahayaan 2 detik. Ini adalah gambar yang menampilkan kualitas gambar luar biasa yang Anda harapkan dari Lensa seri-L. Saya memilih untuk memotret dalam pencahayaan kontras tinggi yang akan membuat air terjun dan dedaunan tampak seakan melayang dari kegelapan. Lensa memberikan detail dan kontras yang indah, menghasilkan bidikan yang berdampak.

 

EOS R5 + RF14-35mm f/4L IS USM

 

Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 16 elemen dalam 12 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,2m
Pembesaran maksimum: 0,38x
Jumlah bilah aperture: 9 (bilah lingkaran)
Diameter filter: 77mm
Ukuran: φ84,1 x 99,8mm (pada panjang fokus 22mm)
Berat: kira-kira 540g

 

Konfigurasi lensa

A: Unit IS
B: Lensa asferis
C: Lensa UD
D: Lensa UD asferis
E: SWC
F: ASC

 

Lens hood (Tudung lensa): EW-83P (bundled)

 

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang bisa Anda capai dengan lensa sudut ultra lebar dalam artikel berikut:
Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 1: Efek Foto Lensa Sudut Lebar
Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 2: Teknik Komposisi untuk Lensa Sudut Lebar
Cara Melakukan Bidikan yang Jitu: Menambahkan Dampak ke Lanskap Hutan
Atas-Bawah: Konsep Fotografi Bawah Air Belah

Cari tahu selengkapnya mengenai lensa RF di sini:
Dalam Fokus: Lensa EF

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Takashi Karaki

Takashi Karaki

Setelah mengantongi sejumlah pengalaman sebagai instruktur olahraga yang kemudian diikuti 10 tahun pengalaman dalam bidang produksi serta penyuntingan majalah, Karaki pindah ke Yonago City di Prefektur Tottori, dan di sana dia menjadi terkenal karena karya pemotretan lanskap wilayah San' di Jepang. Hasil karyanya telah dipublikasikan di Amazing Village, suatu buklet tentang desa yang serba-indah di Jepang. Hasil karyanya diproduksi melalui CANON x — kolaborasi Discover Japan pada tahun 2017, dan karya bidikannya mengenai awan berarak di Akechi Pass di Prefektur Tottori merupakan salah satu di antara 12 foto yang dipilih oleh Japan National Tourism Organization (JNTO) untuk mewakili Jepang.

Instagram: @karakky0918